Wisata Ziarah ke Makam Godog Garut, Makamnya Raden Kian Santang

Makam Godog adalah sebuah makam bersejarah yang terletak di Desa Lebak Agung Kecamatan Kawangpawitan Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Makam ini jadi salah satu tempat wisata ziarah bersejarah yang terkenal di Jawa Barat.

Selain terkenal dengan keindahan alam dan oleh-olehnya, Garut yang berjuluk kota intan ini menyimpan sejarah peninggalan kerajaan Padjadjaran. Konon, makam Godog adalah makam Raden Kian Santang yang merupakan putra Prabu Siliwangi dari kerajaan Padjadjaran.

Makam Godog, Petilasan Prabu Kian Santang?

Informasi mengenai makam Godog terdapat dalam beberapa naskah Sunda lama. Dalam naskah tersebut diceritakan bahwa Prabu Siliwangi memiliki tiga orang putra. Yaitu Raden Walangsungsang, Dewi Rarasantang dan Raden Kian Santang.

Raden Kian Santang terkenal sangat sakti mandraguna. Singkat cerita Raden Kian Santang memeluk agama Islam. Kemudian beliau mengganti namanya menjadi Sunan Rahmat. Beliau berkeliling ke setiap daerah untuk menyebarkan ajaran Islam yang dianutnya.

Makam godog garut
Makam Godog Garut via IG/rmaulana_dent

Karena jasanya menyebarkan agama Islam di pulau Jawa pada masa itu. Akhirnya masyarakat pulau Jawa mensejajarkan Raden Kian Santang atau Sunan Rahmat dengan para wali. Di penghujung usianya, beliau menetap di daerah Godog, kabupaten Garut, Jawa Barat hingga tutup usia.

Petilasan Raden Kian Santang dikenal dengan nama Makam Godog yang kemudian banyak didatangi peziarah. Hingga akhirnya menjadi tempat wisata ziarah yang dikeramatkan.

Sedangkan Prabu Siliwangi, menurut cerita beliau melarikan diri saat dikejar oleh Raden Kian Santang ke leuweung Sancang di daerah pantai Selatan Kabupaten Garut. Silahkan baca: Misteri Leuweung Sancang Garut dan Legenda Maung Siliwangi.

Jumlah Makan di Makam Godog

Di dalam makam Godog, terdapat (7) tujuh makam di antaranya makam Sunan Rahmat, Sembah Dalem, Sembah Dalem Sarepeun Suci, Sembah Sarepeun Agung, Sembah Dalem Kholipah Agung dan Santuwaan Marjaya Suci. Makam-makam tersebut berada dalam ruang tertutup yang berbeda dengan makam utama.

Di luar, di ruang terbuka terdapat 2 (dua) makam yaitu makam Syekh Dora dan makam sembah Pager Jaya. Kedua makam tersebut merupakan makam sesepuh juru kunci tempat wisata ziarah makam Godog Garut.

wisata ziarah makam godog garut
via IG/ferybrasco_35

Di makam Godog suka diadakan upacara ngalungsur pusaka atau panjang jimat setiap setahun sekali tepatnya setiap tanggal 12 Maulud penanggalan Hijriyah. Ngalungsur atau panjang jimat adalah ritual untuk mencuci pusaka peninggalan mala lalu seperti golok, keris dan pusaka peninggalan lainnya dengan air kembang tujuh rupa dan digosok dengan minyak wangi agar karatnya hilang.

Tips: Luruskan niat sebelum berziarah. Sebaiknya pelajari adab atau cara ziarah kubur yang dibenarkan menurut hukum Islam agar bernilai ibadah.

Update:

Pos ini telah diperbarui pada 26 Mei 2019.

Tentang Penulis: Husni Cahya Gumilar

Gambar Gravatar
CEO ZonaLibur.com. Pria kelahiran Banjarwangi Kabupaten Garut yang hobi jalan-jalan, menulis dan dengerin marawis. Intinya saya bukan selebritis.