Tips untuk Kamu yang Ingin Mencoba Solo Traveling

Zonalibur.com, Baru pertama kali melakukan solo traveling? Ikuti tips ini agar perjalanan kamu bisa lebih aman dan seru.

Jalan-jalan bisa dibilang ada kebutuhan seorang manusia. Karena dengan jalan-jalan, kamu bisa menyegarkan pikiran yang sudah cukup penat dengan rutinitas sehari-hari. Namun bisa kamu tidak mendapatkan partner untuk jalan-jalan, kamu juga bisa melakukan solo traveling.

Cukup banyak orang yang berpendapat menjadi solo traveler itu sangat menyenangkan. Selain bebas menentukan tempat tujuan, kamu juga bisa belajar lebih mandiri, melatih kemampuan beradaptasi, dan tentunya besar kemungkinan kamu akan mendapat kenalan baru.

Bila kamu tertarik untuk solo traveling, simak tips-tipsnya di sini.

Siapkan tiket perjalanan

Satu lagi keuntungan yang bisa kamu dapatkan bila melakukan solo traveling, yaitu kamu bisa mencari tiket perjalanan dengan lebih mudah. Mencari tiket perjalanan untuk satu orang, tentu lebih mudah daripada mencari tiket untuk banyak orang, bukan? Kamu bisa langsung cek Traveloka, lalu dapatkan tiket cititrans dengan mudah dan praktis.

Melakukan riset matang

Sebelum melakukan solo traveling, ada baiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu tentang negara atau daerah yang akan dikunjungi. Setelah memutuskan mau pergi kemana, cari tahu, akomodasi, tiket tempat wisata, sampai jam operasional transportasi umum di sana.

Ada baiknya menelusuri blog-blog traveler untuk menemukan acuan yang lebih muda. Kamu juga bisa mengikuti forum yang relevan, misalnya forum backpacker dan jangan ragu untuk bertanya kepada orang-orang yang telah berpengalaman.

Tips untuk Kamu yang Ingin Mencoba Solo Traveling

Buat budget  dan itinerary

Saat kamu akan bepergian sendiri, ada baiknya untuk membuat sebuah anggaran dan rencana perjalanan yang matang. Dalam perencanaan tersebut, pastikan kamu sudah membuat secara detail rencana perjalanan dari awal bangun pagi hingga kembali lagi ke penginapan.

Buat juga rincian kendaraan untuk pindah dari destinasi wisata yang satu ke lainnya atau berapa uang yang harus disisihkan untuk makan. Seru juga kan kalau kamu menemukan hal baru yang tidak terduga selama di jalan? Tapi setidaknya, jika sudah punya panduan mau ke mana hari ini, kamu akan selalu memiliki pilihan mau melangkahkan kaki ke mana setelah destinasi wisata habis kamu jelajahi.

Jangan simpan uang tunai di satu tempat

Kejahatan memang bisa terjadi pada siapa saja, kapan saja dan dimana saja, maka dari itu kita harus waspada dengan segala kemungkinan yang ada. Jangan simpan seluruh uang dan kartu ATM kamu di dalam dompet.

Pisahkan uang dan kartu ATM kamu menjadi beberapa bagian kemudian simpan di beberapa tempat yang berbeda. Selain itu, jangan lupa scan atau potret dokumen-dokumen penting seperti passport, KTP dan lain-lain. Hal ini penting untuk berjaga-jaga jika mengalami keadaan tak terduga seperti kehilangan tas.

Menginap di hostel

Jika berencana untuk solo traveling, pilihlah penginapan yang berbentuk hostel. Hal ini karena kamu akan kesulitan menemukan sesama solo traveler jika menginap di hotel yang private.

Biasanya hostel akan menyediakan dorm berdasarkan jenis kelamin ataupun campur, yang lengkap dengan ruang komunal seperti dapur maupun ruang rekreasi. Nah di sanalah biasanya kamu akan bertemu dengan solo traveler lain dari berbagai negara, yang mungkin bisa menjadi teman baru selama perjalanan.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat melakukan solo traveling. Satu hal lagi, sebisa mungkin jangan tunjukan barang berharga kamu sedang di perjalanan. Hal ini bisa meminimalisir tindak kejahatan.

Tentang Penulis: Husni Cahya Gumilar

Gambar Gravatar
CEO ZonaLibur.com. Pria kelahiran Banjarwangi Kabupaten Garut yang hobi jalan-jalan, menulis dan dengerin marawis. Intinya saya bukan selebritis.