Tips Mempersiapkan Pernikahan yang Efektif dan Efisien

Zonalibur.com, Persiapan pernikahan tentu saja sangat menyita waktu dan tenaga. Namun agar semua persiapan pernikahanmu berjalan dengan efektif dan efisien, simak tips-tipsnya di sini.

Tidak lengkap jika hubungan kamu dan pasangan tidak diikat dengan janji suci yang sah. Menikah adalah cara yang sah di mata hukum dan agama untuk meresmikan hubungan kamu dan pasangan. Namun, menikah tidak semudah yang dibayangkan. Ada begitu banyak hal dari A-Z yang harus dengan sabar dipersiapkan. Namun, karena niat baik harus disegerakan, tak jarang untuk menciptakan momen sekali seumur hidup ini hanya dapat dilakukan dalam waktu singkat.

Tips Mempersiapkan Pernikahan yang Efektif dan Efisien

Jika kamu tahu cara mengatasinya, mempersiapkan pernikahan dalam waktu singkat bukanlah sebuah masalah. Tiga sampai empat bulan pun masih terbilang waktu yang cukup untuk mempersiapkan pernikahan. Agar tidak terlalu menguras tenaga dan pikiran, berikut tips-tips yang bisa kamu lakukan untuk menggelar pernikahan dalam waktu yang singkat.

1. Buat daftar undangan

Tentu kamu ingin hari bahagiamu dihadiri oleh keluarga, sahabat, dan teman-teman terdekat, bukan? Dalam hal membuat daftar undangan, kamu harus bisa lebih selektif, karena kamu tidak perlu mengundang semua orang yang kamu kenal.

Jumlah undangan akan sangat mempengaruhi jumlah uang yang keluar. Jadikan pernikahanmu sebagai momen sakral yang hanya dihadiri orang-orang tertentu saja. Masukkan keluarga dan teman yang mengenalmu betul untuk menghadirinya. Hal ini akan efektif kalau kamu memang ingin berhemat.

2. Segera selesaikan urusan administrasi

Jangan pernah mengesampingkan masalah administrasi. Perihal administrasi adalah hal yang biasanya cukup menyita waktu dan tenaga. Bukan hanya berhubungan dengan urusan pemerintahan, berkas-berkas juga biasanya dibutuhkan untuk syarat menikah secara agama.

Nah, kalau kamu memang sedang dikejar waktu, fokuskanlah hari-hari persiapan pertama dengan menyelesaikan hal ini. Siapkan segala bahan yang dibutuhkan, sehingga kamu akan lebih tenang. Dan yang harus kamu catat, mengurus hal yang satu ini tidak bisa diwakilkan, jadi kamu dan pasangan harus turun langsung untuk menyelesaikan masalah administrasi.

3. Buat perencanaan pengeluaran

Setelah kamu sudah selesai dengan urusan daftar tamu dan administrasi, kamu bisa melanjutkan dengan membuat perencanaan keuangan. Perhitungannya haruslah jelas, berapa persen kamu dan pasanganmu berkontribusi dalam bujet acara pernikahan kalian nanti. Dari sinilah, kamu bisa mencari tempat, memesan catering, undangan, souvenir, dan sebagainya. Tentu saja semuanya harus menyesuaikan dengan bujet yang telah dibuat itu. Pastikan juga kamu mempersiapkan bujet lebih untuk mengantisipasi adanya pengeluaran tak terduga.

Tips Mempersiapkan Pernikahan yang Efektif dan Efisien

4. Mencari lokasi, tema, dan baju pengantin

Untuk hal-hal ini, kamu dan pasangan harus melakukannya dengan sangat selektif. Jangan malas mencari referensi dan ulasan-ulasan mengenai lokasi, tema, dan gaun pengantin di internet. Oleh karena itu, kamu dan pasangan tidak boleh sampai kehabisan paket kuota internet. Kalau habis, kamu bisa langsung beli paket im3 murah di Traveloka. Selain harga yang murah, proses pembeliannya pun sangat mudah dan praktis.

Carilah tempat yang cukup dan sesuai kapasitas tamu yang ada di daftar yang telah kamu buat tadi. Kalau kamu berencana melangsungkan acara pernikahan di rumah, itu artinya kamu bisa melakukan penghematan biaya sewa gedung. Atau mencari lokasi outdoor juga bisa menjadi solusi kalau kamu ingin harga lebih murah daripada di gedung.

Untuk menekan pengeluaran, kamu bisa mengakalinya di sektor baju pengantin. Kamu bisa membeli kain sendiri, merancangnya sendiri dan memilih tempat jahit yang murah namun tetap berkualitas. Sembari menyiapkan baju, jangan lupa juga urus make-up. Biasanya salon akan menawarkan paket-paket pengantin.

5. Siapkan mental dan kesehatan

Mempersiapkan pernikahan tentu sangat menyita waktu dan tenaga. Oleh karena itu, saat semua persiapan pernikahan sudah dilakukan, sekarang waktunya kamu untuk memberikan waktu untuk mempersiapkan mental menjelang pernikahan dan memulihkan tenaga.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan bila kamu sedang mempersiapkan pernikahan. Dan untuk kamu yang masih belum memiliki pasangan, jangan menyerah untuk menemukan tambatan hatimu. Karena pada dasarnya manusia diciptakan secara berpasang-pasangan.

Tentang Penulis: Husni Cahya Gumilar

Gambar Gravatar
CEO ZonaLibur.com. Pria kelahiran Banjarwangi Kabupaten Garut yang hobi jalan-jalan, menulis dan dengerin marawis. Intinya saya bukan selebritis.