Tips Maksimalkan Sheet Mask Supaya Tidak Rugi

Zonalibur.com, Merawat wajah dengan menggunakan sheet mask memang menyenangkan. Tapi bagaimana caranya agar masker sekali pakai ini terasa manfaatnya dan tidak membuatmu merasa rugi setelah membeli?

Merawat kulit wajah dengan menggunakan sheet mask sudah menjadi rutinitas beberapa orang karena dinilai lebih praktis. Jika masker ini kamu gunakan secara teratur, sheet mask bakal memberikan manfaat tidak kalah bagus dengan produk skincare lainnya. Biasanya, wajah akan jadi lebih lembap, segar, dan sehat terhidrasi.

Sayangnya, banyak yang masih enggan memakai sheet mask secara rutin karena bisa menguras kantong. Maklum saja, harga sebuah sheet mask biasa dibanderol dengan harga Rp. 20.000,00-an ke atas. Lalu bagaimana cara memanfaatkan sheet mask agar tidak rugi-rugi amat karena sudah membeli? Berikut tips menggunakan sheet mask secara maksimal agar tiap rupiah yang kamu keluarkan jadi terasa manfaatnya.

1. Bersihkan wajah

Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum memakai masker adalah membersihkan wajah dari kotoran. Jika kamu memakai make up, hapus dulu dandanan kamu dengan pembersih. Setelah itu, cuci wajah dengan facial foam agar semua sisa minyak dan kotoran terangkat secara maksimal.

Begitu selesai mencuci wajah, lap sisa air di bagian wajah dan leher dengan handuk seperti biasa. Ingat, jangan digosok, ya. Cukup tepuk pelan wajahmu dengan handuk karena tujuanmu hanya ingin menyingkirkan air sisa mencuci muka.

2. Pakai toner

Setelah mencuci muka, biasanya wajahmu akan sedikit terasa kaku. Hal itu terjadi karena kadar minyak di wajah terangkat lewat busa sabun yang ada dalam facial foam sehingga pH kulit menjadi tidak seimbang. Untuk mengembalikan pH alami kulit, usapkan toner dengan menggunakan kapas ke seluruh area wajah dan leher.

Kamu juga bisa langsung menuang toner ke telapak tangan lalu ditepuk-tepuk secara lembut ke seluruh area wajah. Diamkan sekitar 1 menit agar toner meresap ke pori. Nah, kini wajahmu sudah bersih dan siap menyerap semua kebaikan yang terkandung di dalam masker.

3. Pakai masker

Tiba saatnya untuk memakai sheet mask! Ambil satu kemasan sheet mask, buka kemasannya, lalu ambil isinya dengan perlahan. Jangan langsung buang kemasan sheet mask karena di dalamnya masih banyak sisa serum.

Buka lebar lipatan sheet mask dengan cara memegang bagian ujung atas. Kemudian, mulai pasang sheet mask dari bagian dahi sambil terus dirapikan hingga semua bagian menempel sempurna di area wajah. Atur masker pelan-pelan hingga semua bagian wajah termasuk sudut hidung serta sisi kanan dan kiri mata tertutup rapat oleh masker. Bagian ini harus dilakukan dengan sabar, ya. Tenang saja, apa pun bentuk wajahmu sheet mask pasti bisa menempel sempurna.

4. Istirahat

Tips Maksimalkan Sheet Mask Supaya Tidak Rugi

Begitu sheet mask sudah terpasang sempurna di wajah, kamu tinggal menunggu masker dan cairan serum bekerja. Jangan dipakai terlalu lama, ikutilah anjuran sesuai dengan yang tertulis di bagian petunjuk pemakaian. Biasanya, sheet mask hanya boleh dipakai selama 10-25 menit. Sepanjang waktu tersebut, kamu bisa melakukan banyak hal termasuk menonton variety show atau cek tagihan listrik lewat aplikasi ponsel.

5. Maksimalkan serum

Cairan serum yang masih tersisa di dalam kemasan adalah bahan utama dari sheet mask yang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Kamu bisa menuang serum lalu diusapkan ke leher, lengan, siku, atau kaki.

Kamu juga bisa mengusapkan cairan serum ini ke wajah setelah sheet mask dilepas. Merasa cairan serum terlalu banyak untuk dihabiskan di hari yang sama? Kamu bisa menyisakan cairan yang masih tertinggal di kemasan untuk dipakai keesokan hari. Cukup lipat rapat kemasan masker, lalu simpan di area yang tidak terkena sinar matahari.

Memakai sheet mask memang menyenangkan karena kamu bisa merangkap beberapa langkah perawatan kulit hanya dalam satu langkah. Satu yang harus diingat, sebelum membeli sheet mask, perhatikan bahan yang terkandung di dalamnya. Jangan sampai formula yang terkandung di dalamnya tidak cocok dengan kondisi kulit wajahmu.

Selamat mencoba!

Tentang Penulis: Husni Cahya Gumilar

Gambar Gravatar
CEO ZonaLibur.com. Pria kelahiran Banjarwangi Kabupaten Garut yang hobi jalan-jalan, menulis dan dengerin marawis. Intinya saya bukan selebritis.