Harga Tiket Masuk Gunung Rinjani Terbaru 2019 Resmi

Zonalibur.com. Harga tiket masuk gunung Rinjani secara resmi diatur oleh pihak Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR). Tiket gunung Rinjani setelah dibuka kembali pada pada 14 Juni 2019 tidak mengalami perubahan dari harga tarif sebelum ditutup.

Sebelumnya kita ketahui bersama bahwa jalur pendakian gunung Rinjani ditutup karena bencana gempa. Lalu pada hari Jum’at, 14 Juni 2019 Balai Taman Nasional Gunung Rinjani mengeluarkan surat pengumuman nomor: PG.756/T.39/TU/KSA/6/2019.

Isi surat pengumuman tersebut adalah pembukaan kembali jalur pendakian Gunung Rinjani. Terhitung mulai 14 Juni 2019 pukul 10.00 WITA, pendakian gunung Rinjani dibuka untuk umum oleh Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementerian LHK.

Harga Tiket Masuk Gunung Rinjani Terbaru

Dari website resmi Taman Nasional Gunung Rinjani dengan alamat http://tngr.menlhk.go.id, diperoleh informasi simaksi gunung Rinjani sesuai dengan yang tertera pada gambar di bawah ini.

Harga tiket masuk gunung rinjani
Tiket Masuk Gunung Rinjani Terbaru

Tabel harga tiket Gunung Rinjani 2019

Kategori Harga Tiket
Pendaki Lokal (WNI)
Hari biasa 5.000
Hari libur 7.500
Pendaki Warga Negara Asing (WNA)
Hari biasa 150.000
Hari libur 250.000

Harga tiket Taman Nasional Gunung Rinjani dihitung per hari. Tarif pendaki lokal cukup murah. Kalau menurut saya bisa dibilang sangat murah. Nominalnya berbeda jauh jika dibandingkan dengan tiket masuk gunung Papandayan Garut.

Sedangkan tarif untuk pendaki mancanegara atau warga negara asing, Rp. 150.000 per hari biasa dan Rp. 250.000 per hari libur. Kalau diukur dengan dompet saya, ini mahal. Tapi mungkin tidak seberapa kalau dinilai oleh dollar. Dalam mata uang dollar, harga tiket masuk Rinjani bagi mereka (orang asing) hanya $ 10 koma sekian sen dollar.

Tarif masuk gunung Rinjani ini berlaku untuk semua jalur pendakian. Tidak beda-beda seperti tiket masuk gunung Cikuray.

Memang wajar dan tidak bisa disandingkan dengan gunung Cikuray. Sebabnya, harga tiket gunung Rinjani ditentukan oleh Dirjen KSDA Kementerian Lingkungan Hidup, sementara gunung Cikuray diatur sendiri oleh pengelola basecamp setempat.

Jalur pendakian resmi gunung Rinjani diketahui ada 4; yaitu via Sembalun, via Senaru, via Timbanuh dan via Aik Berik.

Baca juga: Jalur Pendakian Gunung Rinjani

Registrasi dan Booking Tiket Online

Pendaftaran dan pembelian tiket pendakian gunung Rinjani bisa dibeli via online melalui https://www.erinjani.id. Jangan khawatir scam atau penipuan. Laman web tersebut merupakan portal pendaftaran resmi TNGR sesuai yang tertera di website http://tngr.menlhk.go.id.

Sedikit informasi, bahwa domain .go.id merupakan domain milik pemerintah. Selain lembaga negara, tidak bisa mendaftarkan domain .go.id.

Kalau mau mendaki ke gunung ini, Anda disarankan mendaftar dan membeli tiket online. Alasannya agar lebih mudah dan kebagian kuota pendakian.

Oh iya, pendakian gunung Rinjani dibatasi kuota maksimal sebanyak 500 orang pendaki per hari. Kuota tersebut dibagi-bagi pada setiap jalur.

Jumlah kuota pendaki gunung Rinjani pada masing-masing jalur adalah:

  • Jalur Sembalun 150 orang
  • Jalun Senaru 150 orang
  • Jalur Timbanuh 100 orang
  • Jalur Aik Berik 100 orang

Dengan mendaftar dan booking tiket online, kita bisa melihat apakah kuota masih tersedia atau sudah penuh di hari yang sudah direncanakan.

Selain mendaftar dan booking tiket online, pendaki juga wajib mengetahui dan mematuhi peraturan Balai Taman Nasional Gunung Rinjani. Aturan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Mengikuti aturan pendakian yang tertuang dalam Standar Operasional Prosedur (SOP) Pendakian.
  2. Melakukan registrasi pendakian melalui aplikasi eRinjani.
  3. Melakukan pendakian dengan didampingi oleh pemandu gunung (Guide/Porter) yang legal (terdata atau memiliki KTA).
  4. Melakukan pendakian melalui jasa Trekking Organizer (TO) yang memiliki izin (IUPJWA).

Aturan pendakian gunung Rinjani seperti tersebut diatas tertuang dalam surat pengumuman Dirjen KSDA Balai TNGR nomor: PG.756/T.39/TU/KSA/6/2019.

Jika memerhatikan aturan di atas, pendaftaran online merupakan suatu keharusan bagi yang akan mendaki gunung Rinjani.

Baca juga: 2 Cara Registrasi dan Booking Online Tiket Gunung Rinjani

Demikian, semoga informasi harga tiket masuk gunung Rinjani terbaru ini dapat bermanfaat. Salam lestari!

Tentang Penulis: Husni Cahya Gumilar

Gambar Gravatar
CEO ZonaLibur.com. Pria kelahiran Banjarwangi Kabupaten Garut yang hobi jalan-jalan, menulis dan dengerin marawis. Intinya saya bukan selebritis.