Tiket Masuk Gunung Cikuray via Pemancar, Bayongbong dan Cikajang

Zonalibur.com. Harga tiket masuk gunung Cikuray cukup variatif. Bergantung jalur pendakian yang dilewati untuk menjangkau puncak Cikuray.

Gunung Cikuray berada di Kabupaten Garut. Guning ini menempati peringkat pertama sebagai gunung tertinggi di Garut.

Ketinggian puncak gunung Cikuray sendiri ada 2 versi. Ada yang menyebutkan 2.821 mdpl, ada juga yang mengatakan 2.818 mdpl.

tiket masuk gunung cikuray garut
View dari puncak gunung Cikuray

Lantas mana yang benar, 2821 mdpl atau 2818 mdpl?

Entahlah. Saya belum pernah membuktikan sendiri berapa ketinggian puncak gunung Cikuray. Pernah mendaki ke sana tapi terlalu asyik menikmati panorama alam yang sangat mempesona.

Tapi kalau menurut Wikipedia, puncak gunung Cikuray berada di ketinggian 2.821 mdpl atau 9.255 kaki.

Lokasi Gunung Cikuray

Secara geografis gunung Cikuray terletak di beberapa kecamatan di Kabupaten Garut. Yaitu di Kecamatan Cilawu, Kecamatan Bayongbong, Cigedug, Cikajang dan Kecamatan Banjarwangi di sisi selatan Kabupaten Garut.

Cikuray termasuk gunung stratovolcano. Dikutip dari Wikipedia, gunung stratovolkano, gunung berapi kerucut atau gunung berapi komposit adalah pegunungan berapi yang tinggi dan mengerucut. Terdiri atas lava dan abu vulkanik yang mengeras.

Bentuk gunung Cikuray dilihat dari kaki gunung Guntur

Ciri gunung stratovolkano ialah curam di puncak dan landai di kaki karena aliran lava. Bentuk gunung Cikuray pun sama seperti ciri tersebut. Di sekitar puncak sangat curam, sementara di bagian kaki gunungnya landai serta seperti bergelombang.

Jalur Pendakian Gunung Cikuray

Puncak Cikuray dapat ditempuh melalui beberapa jalur. Secara umum melalui jalur Cilawu, jalur Bayongbong dan jalur Cikajang. Tapi kalau dibagi lagi sebetulnya jalur pendakian gunung Cikuray tidak hanya tiga.

1. Jalur Cilawu

Melalui Cilawu ada dua jalur, yaitu jalur Kiara Janggot dan jalur Pemancar atau Dayeuh Manggung.

Disebut jalur Pemancar karena ada pemancar televisi di jalur ini. Sedangkan dinamakan jalur Dayeuh Manggung karena jalur pendakian gunung Cikuray via Pemancar melewati perkebunan teh Dayeuh Manggung.

Jalur pemancar dapat dijangkau melalui pangkalan ojek Patrol, sedangkan jalur Kiara Janggot melalui pangkalan ojek Genteng desa Dangiang.

2. Jalur Bayongbong

Jalur pendakian gunung Cikuray via Bayongbong ada 3, yaitu via Pamalayan, via Pabrik dan Cintanagara.

3. Jalur Cigedug

Pendakian gunung Cikuray via Cigedug dimulai dari basecamp Tapak Gerot. Alamat basecampnya di Jl. Raya Cigedug, Desa Sukahurip, Kecamatan Cigedug, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44116.

4. Jalur Cikajang

Jalur Cikajang ada 2, yaitu via Olan dan via Carik. Jika mendaki via Olan, masuknya dari Alun-alun Cikajang lewat desa Barusuda. Sedangkan via Carik masuk dari pasar baru Cikajang atau dari Giriawas.

Baca juga: Jalur pendakian gunung Cikuray via Olan, legal?

Harga Tiket Masuk Gunung Cikuray

Seperti sudah saya sebutkan tadi di awal, bahwa harga tiket masuk gunung Cikuray beragam atau variatif. Bergantung dari jalur mana pendaki itu masuk.

Berikut ini harga tiket masuk gunung Cikuray via Pemancar, Bayongbong dan Cikajang.

Jalur Pendakian Cikuray Harga Tiket Masuk
Kecamatan Cilawu  
Pemancar 25.000
Kiara Janggot 10.000
Kecamatan Bayongbong  
Pamalayan 10.000
Pabrik 10.000
Cintanagara 10.000
Kecamatan Cigedug  
Tapak Gerot 10.000
Kecamatan Cikajang  
Olan Gratis
Carik 10.000

Daftar harga tiket masuk gunung Cikuray sewaktu-waktu bisa berubah. Namun mungkin perubahannya tidak akan begitu besar.

Sebaiknya siapkan uang lebih untuk persiapan jika ada kenaikan ongkos (transpor), biaya parkir dan tiket pendakian Cikuray.

Demikian informasi seputar tarif atau tiket masuk gunung Cikuray via Cilawu, Bayongbong, Cigedug dan Cikajang. Semoga dapat bermanfaat. Salam lestari!

Tentang Penulis: Husni Cahya Gumilar

Gambar Gravatar
CEO ZonaLibur.com. Pria kelahiran Banjarwangi Kabupaten Garut yang hobi jalan-jalan, menulis dan dengerin marawis. Intinya saya bukan selebritis.