10 Tempat Wisata di Puncak Bogor yang Indah dan Menarik Untuk Dikunjungi

Tempat Wisata di Puncak Bogor – Siapa yang tidak kenal Puncak Bogor, objek wisata ini merupakan salah satu tujuan wisata terkenal di Indonesia dan menjadi salah satu tempat wisata favorit warga Jakarta, Bogor dan sekitarnya untuk mengisi waktu liburan mereka.

Objek wisata Puncak Bogor berada di wilayah pegunungan yang membentang di antara Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat. Puncak Bogor menawarkan pemandangan alam hijau yang memaukau, iklim pegunungan yang sejuk, udara yang bersih dan menyegarkan.

Selain memiliki tempat wisata menarik untuk dikunjungi, Puncak Bogor juga dilengkapi dengan fasilitas pendukung yang memanjakan para pengunjung. Fasilitas wisata di Puncak Bogor antara lain hotel dan penginapan, vila, cafe, restoran dan lain-lain yang harganya sesuai dengan keuangan Anda.

Di akhir pekan atau hari libur seperti hari raya, tahun baru atau libur panjang sekolah, tempat-tempat wisata di Puncak Bogor selalu dipadati pengunjung. Tidak heran, karena selain menawarkan keindahan alam yang memikat, liburan ke tempat wisata di Puncak Bogor juga tidak memerlukan biaya mahal.

Mengisi liburan di Puncak Bogor bisa membuat tubuh kembali rileks dan pikiran menjadi lebih fresh. Anda bisa mengisi liburan dengan menginap di Puncak Bogor selama beberapa hari sambil menikmati suasana alam yang menyegarkan, menikmati wisata kuliner, jalan-jalan, dan lain sebagainya bersama keluarga tercinta.

Berikut ini ulasan singkat daftar tempat wisata di Puncak Bogor yang bisa jadi pilihan untuk mengisi waktu liburan.

10 Tempat Wisata di Puncak Bogor yang Indah dan Menarik Untuk Dikunjungi

1. Taman Safari Indonesia

taman safari cisarua tempat wisata di puncak bogor

Taman Safari adalah salah satu tempat wisata di Puncak Bogor dengan pengenalan wawasan binatang yang hidup di alam bebas. Lokasinya berada di Jl. Raya Taman Safari, Cisarua Puncak.

Taman Safari Indonesia (TSI) merupakan lembaga konservasi yang telah berkiprah selama lebih dari 28 tahun. TSI telah diakui mampu mengelola dengan baik satwa-satwa yang tinggal di dalamnya yang berasal dari 5 benua dengan latar belakang perilaku dan habitat yang berbeda.

TSI pun dipercaya oleh IUCN sebagai satu-satunya lembaga konservasi di dunia untuk penyelamatan harimau Sumatera dengan mendirikan pusat penangkarannya di Cisarua, Bogor-Jawa Barat.

Di sini Anda bisa berinteraksi langsung dengan binatang di habitatnya. Koleksi hewan yang ada di Taman Safari diantaranya gajah, rusa, komodo, jerapah, singa dan masih banyak lagi. Selain melihat binatang liar dari jarak dekat, Anda juga bisa menikmati fasilitas lainnya seperti Safari Water Park, area bayi hewan, area pertunjukan dan area permainan.

2. Curug Cilember

curug cilember tempat wisata di puncak bogor

Curug Cilember merupakan salah satu tempat wisata di Puncak Bogor berupa air terjun yang menawarkan panorama yang indah. Curug Cilember terletak di Desa Jogjogan, Kecamatan Cisarua Puncak. Tempat wisata di Puncak Bogor ini dapat ditempuh dari Jakarta dalam waktu 1,5 jam perjalanan.

Curug Cilember ini memiliki tujuh curug yang berderet, di sekitarnya terdapat hutan pinus yang rimbun.  Di sini juga terdapat laboratorium penangkaran kupu-kupu dengan 12 jenis kupu-kupu yang menambah keunikan dan keindahan alam yang sangat mempesona.

Tempat wisata di Puncak Bogor yang satu ini cocok bagi Anda yang hobi hiking dan tracking. Jika Anda ingin berlama-lama di tempat ini, Anda bisa menyewa tempat penginapan yang sudah tersedia di kawasan Curug Cilember.

Harga tiket masuk Curug Cilember adalah Rp. 6.000,-. Jika Anda membawa kendaraan pribadi, ada tiket tambahan yang harus Anda beli, yaitu Rp. 8.000,- untuk mobil dan Rp. 4.000,- untuk motor.

3. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

taman nasional gunung gede pangrango tempat wisata di puncak bogor

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango berjarak sekitar 100 kilometer dari Jakarta. Selain mendaki gunung dan wisata alam, kegiatan wisata di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango antara lain penelitian, pendidikan dan pengamatan burung. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango merupakan tempat hewan dan tumbuhan langka, ekosistem di TNGP ini sangat luar biasa.

4. Taman Wisata Matahari

taman wisata matahari tempat wisata di puncak bogor

Taman Wisata Matahari merupakan tempat wisata di Puncak Bogor yang menarik untuk dikunjungi serta sangat cocok untuk liburan keluarga. Fasilitas yang terdapat di objek wisata ini pun cukup lengkap, diantaranya kolam renang, aneka wisata air, wisata sungai, mini boat, paddle boat, bumper boat, arena bermain anak, motor dan mobil safari, ATV off road dan lain-lainnya.

5. Telaga Warna

telaga warna tempat wisata di puncak bogor

Telaga Warna adalah salah satu tempat wisata di Puncak Bogor berupa danau yang asri dan menawarkan panorama alam yang sangat indah. Lokasinya berdekatan dengan Rindu Alam, yaitu restoran yang sangat terkenal di Puncak. Telaga Warga juga menyediakan fasilitas permainan air seperti sepeda air dan perahu rakit.

6. Agro Wisata Gunung Mas

agro wisata gunung mas tempat wisata di puncak bogor

Tempat wisata di Puncak Bogor yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Agro Wisata Gunung Mas. Tempat ini merupakan perkebunan teh yang menghampar luas. Pemandangan alam ditambah dengan aktifitas para pemetik teh menjadikan objek wisata di Puncak Bogor yang ini sangat indah.

7. Wisata Citamiang

Wisata Citamiang Puncak bogor

Citamiang merupakan tempat wisata di Puncak Bogor yang menawarkan kegiatan wisata outbond dan berbagai permainan di alam terbuka seperti berkemah dan tracking. Obyek wisata Citamiang mempunyai hutan pinus yang rimbun dan hamparan kebun teh yang luas.

Obyek wisata di Puncak Bogor ini cocok bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu liburan bersama keluarga dan anak-anak. Pemandangan alam di lokasi Citamiang sangat indah, udaranya bersih dan sejuk.

8. Taman Riung Gunung

Taman riung gunung tempat wisata di puncak bogor

Jika Anda dari arah Jakarta, Taman Riung Gunung lokasinya berada setelah obyek wisata Gunung Mas atau sebelum Puncak Pass tepatnya berada di Jl. Raya Puncak Bogor. Yang menjadi daya tarik tempat wisata di Puncak Bogor yang satu ini adalah adanya vila milik Presiden Soekarno beserta barang-barang peninggalannya.

Fasilitas yang tersedia di Taman Riung Gunung antara lain kolam renang, sarana outbound, tempat permainan anak-anak, restoran, terapi ikan, wisata kebun teh (tea walk) dan penginapan.

9. Melrimba Garden

Melrimba Garden tempat wisata di puncak bogor

Melrimba Garden adalah salah satu produsen tanaman hias yang terkenal sekaligus sebagai tempat wisata di Puncak Bogor dengan konsep taman natural. Objek wisata yang berada di Jl. Raya Puncak KM 87 ini memiliki luas sekitar 5 hektar.

Melrimba Garden menawarkan panorama alamnya yang sangat mempesona. Melrimba Garden juga dilengkapi fasilitas penginapan, kolam pemancingan, kebun petik buah strawberry, lapangan rumput serba guna, tempat permainan anak-anak, rumah kaca tanaman hias, kebun teh, hingga wahana permainan luar ruangan seperti ATV, sarana outbound, dan high rope.

10. Curug Panjang

curug panjang tempat wisata di puncak bogor

Curug Panjang adalah obyek wisata di Megamendung berupa air terjun yang menawarkan keindahan pemandangan alam dan kegiatan wisata river trekking atau jelajah sungai. Di kawasan Curug Panjang terdapat empat air terjun yang sangat indah.

Itulah tempat wisata di Bogor yang wajib dikunjungi saat musim liburan. Selanjutnya silakan lihat juga : 10 Tempat Wisata di Bogor yang Paling Terkenal dan Menarik. Selamat berlibur!

Tentang Penulis: Husni Cahya Gumilar

Gambar Gravatar
CEO ZonaLibur.com. Pria kelahiran Banjarwangi Kabupaten Garut yang hobi jalan-jalan, menulis dan dengerin marawis. Intinya saya bukan selebritis.