10 Tempat Wisata di Jakarta yang Terkenal dan Sering Dikunjungi

Tempat Wisata di Jakarta – Jakarta adalah Ibukota Negara Kesatuan Republik Indonesia. Di kota ini orang-orang dari berbagai daerah di Indonesia mengadu nasib. Mereka rela meninggalkan kampung halaman dengan harapan bisa memperoleh kehidupan yang lebih layak di Jakarta.

Namun pada kenyataannya tidak semua perantau mampu mewujudkan harapannya itu. Tidak sedikit dari mereka yang malah jadi sengsara setelah hijrah ke ibukota.

Jika dibandingkan dengan kota-kota lainnya di Indonesia, biaya hidup di Jakarta cenderung lebih mahal. Sehingga siapapun yang tinggal di Jakarta harus memiliki skill mumpuni dan bekerja lebih giat.

Saya memang tidak tinggal di Jakarta, tetapi dapat membayangkan bagaimana hingar bingar ibukota. Untuk menjaga agar tubuh tetap bergairah dan pikiran tetap segar, dibutuhkan keseimbangan. Salah satunya adalah dengan liburan ke tempat-tempat wisata yang menyenangkan.

Nah, bagi warga Jakarta yang membutuhkan tempat rekreasi murah meriah tidak perlu bingung, karena ada banyak tempat wisata di Jakarta yang menarik untuk dikunjungi.

Ingin tahu tempat wisata di Jakarta untuk mengisi akhir pekan atau liburan Anda? Silakan simak ulasan singkat destinasi wisata di Jakarta berikut ini.

10 Tempat Wisata di Jakarta yang Terkenal dan Sering Dikunjungi

1. Kepulauan Seribu

kepulauan seribu tempat wisata di jakarta

Kepulauan Seribu adalah tempat wisata di Jakarta yang wajib dikunjungi karena tempat ini menawarkan kegiatan wisata yang sangat menyenangkan. Kepulauan Seribu berada di laut lepas Jakarta. Di sini Anda bisa bermain air sepuasnya, bagi penggemar diving dan snorkeling juga tidak akan rugi berwisata ke tempat ini.

Setelah puas bermain air, snorkeling atau diving, Anda bisa langsung menyantap sajian kuliner khas laut seperti udang, kepiting, cumi dan aneka makanan laut lainnya yang sangat lezat dan rasanya nempel di lidah.

2. Taman Wisata Alam Angke Kapuk

Taman Wisata Alam Angke Kapuk tempat wisata di jakarta

Taman Wisata Alam Angke Kapuk adalah salah satu tempat wisata di Jakarta yang masih memiliki area hijau. Taman Wisata Alam Angke Kapuk atau biasa disebut juga Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk terletak di kawasan Jakarta Utara.

Destinasi wisata di Jakarta ini arealnya cukup luas, di sini Anda bisa hunting foto, naik kano, atau trekking hutan. Anda juga bisa menyumbang sejumlah dana untuk ditukar dengan bibit mangrove dan menanamnya sendiri.

Sejuknya udara dan rimbunnya pepohonan di Taman Wisata Alam Angke Kapuk ini cocok dikunjungi oleh Anda yang sedang membutuhkan suasana tenang di alam terbuka untuk melepaskan kepenatan.

3. Kampung Betawi Setu Babakan

Kampung Betawi Setu Babakan tempat wisata di Jakarta

Bagi Anda yang ingin mengenal lebih etnis Betawi, datang saja ke Kampung Betawi. Perkampungan ini terletak di Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Di sini Anda bisa mengenal budaya Betawi seperti rumah adat, pakaian tradisional sampai mencicipi kerak telor yang merupakan makanan khas Betawi.

Selain bisa mengenal budaya Betawi dari dekat, Anda juga bisa menyewa perahu untuk memancing atau bermain ke tengah Setu Babakan.

4. Taman Impian Jaya Ancol

harga tiket masuk ancol jakarta

Taman Impian Jaya Ancol merupakan tempat wisata di Jakarta yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Pada hari-hari libur, seperti libur sekolah, libur natal, libur tahun baru atau libur hari raya, Taman Impian Jaya Ancol selalu menjadi tempat rekreasi favorit di Jakarta yang selalu dipadati pengunjung.

Tempat wisata di Jakarta ini tidak hanya dikunjungi oleh warga Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan sekitarnya, tetapi wisatawan dari luar kota juga sering datang untuk mencoba berbagai wahana hiburan di tempat wisata ini.

Tempat wisata ini berdiri sejak tahun 1966. Sekarang, Taman Impian Jaya Ancol menjadi salah satu objek wisata di Jakarta yang tidak pernah sepi pengunjung.

Silakan lihat wahana permainan dan Harga Tiket Masuk Taman Impian Jaya Ancol Jakarta.

5. Monas

Monas tempat wisata di jakarta

Monas atau Monumen Nasional merupakan ikon kota Jakarta sekaligus menjadi kebanggan seluruh rakyat Indonesia. Ketinggian Monas mencapai 132 meter, di atasnya terdapat mahkota obor api.

Banyak hal dapat Anda lakukan di sini. Anda bisa berolahraga ringan seperti bersepeda atau jogging di kawasan Monas, mengunjungi museum sejarah nasional atau bisa juga naik ke pelataran puncaknya untuk melihat pemandangan kota Jakarta secara leluasa.

6. Taman Mini Indonesia Indah

harga tiket masuk taman mini indonesia indah tmii

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan tempat wisata di Jakarta dengan tema kebudayaan Indonesia. Di tengah Taman Mini terdapat sebuah danau sebagai miniatur Indonesia. Di sini terdapat anjungan 34 provinsi yang menyediakan berbagai informasi mengenai adat dan budaya daerah dari Sabang sampai Merauke.

Jika Anda punya ambisi untuk mengelilingi Indonesia tapi tidak punya banyak waktu dan biaya, datang saja ke Taman Mini Indonesia Indah. Anda bisa mengelilingi Indonesia dalam sehari dengan biaya relatif terjangkau di objek wisata Jakarta yang satu ini.

Silakan lihat : Harga Tiket Masuk Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) digagas oleh isteri Presiden Soeharto, Siti Hartinah pada tanggal 13 Maret 197. Kemudian mulai dibangun pada tahun 1972 dan diresmikan pada tanggal 20 April 1975.

7. Kebun Binatang Ragunan

kebun binatang ragunan tempat wisata di jakarta

Kebun Binatang Ragunan atau Taman Margasatwa Ragunan memiliki luas areal sekitar 140 hektar. Tempat wisata di Jakarta ini menyimpan koleksi binatang lebih dari 4.000 ekor.

Tempat wisata di Jakarta ini terletak di Jalan Harsono RM, Pasar Minggu. Kebun Binatang Ragunan menjadi pilihan tepat untuk mengisi liburan bersama anak-anak. Di sini kita bisa mengenalkan kepada mereka tentang berbagai binatang dengan cara yang menyenangkan.

8. Kota Tua

kota tua tempat wisata di jakarta

Kota Tua adalah tempat wisata di Jakarta yang wajib dikunjungi oleh Anda yang ingin mengenal sejarah peninggalan pemerintah Hindia Belanda. Tempat wisata di Jakarta ini sangat luas dan melingkupi wilayah Jakarta dari utara ke barat.

Di Kota Tua Jakarta, Anda bisa melihat bangunan-bangunan tua dengan arsitektur khas Eropa kuno dan Tionghoa. Di kawasan Kota Tua Anda akan melihat manusia patung mirip, menyewa sepeda onthel juga menikmati kuliner sambil nonton pertunjukan seni jalanan.

9. Planetarium

Planetarium tempat wisata di jakarta

Planetarium berada di kawasan Taman Ismail Marzuki, Jakarta. Tempat wisata di Jakarta ini merupakan tempat melakukan observasi astronomi. Di sini Anda bisa ikut menyaksikan dan mencoba sendiri eksperimen perbintangan.

Tempat ini cocok dikunjungi oleh Anda yang senang belajar mengenai antariksa secara lengkap. Selain itu, Anda juga bisa melihat berbagai teropong bintang, menonton film pembentukan alam raya serta proses terjadinya gerhana bulan dan matahari. 

10. Masjid Istiqlal

masjid istiqlal tempat wisata di jakarta

Masjid Istiqlal Jakarta merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara. Luas bangunan Masjid Istiqlal ini sekitar 2,5 hektar dan mampu menampung jamaah sebanyak 200.000 orang. Lokasi tempat wisata religi di Jakarta ini tidak jauh dari Monas.

Masjid Istiqlal yang luas dan megah ini terlihat lebih cantik dengan banyaknya seni kaligrafi yang menghiasinya. Jika Anda sedang berada di Jakarta, nikmatilah khusuknya shalat di Masjid Istiqlal.

Itulah daftar tempat wisata di Jakarta dan sekitarnya yang terkenal dan sering dikunjungi. Lihat juga 10 Tempat Wisata di Puncak Bogor yang Indah dan Menarik Untuk Dikunjungi. Selamat berlibur!

Tentang Penulis: Husni Cahya Gumilar

Gambar Gravatar
CEO ZonaLibur.com. Pria kelahiran Banjarwangi Kabupaten Garut yang hobi jalan-jalan, menulis dan dengerin marawis. Intinya saya bukan selebritis.