2 Tempat Panjat Tebing Alam di Garut yang Tingginya Puluhan Meter

ZonaLibur.com, Kabupaten Garut kini memiliki 2 tempat panjat tebing alam atau rock climbing yang menantang. Kedua tempat rock climbing ini berada di wilayah Kabupaten Garut bagian selatan, tepatnya di Kecamatan Banjarwangi.

Sedangkan untuk tempat panjat tebing buatan, di Garut sudah ada di beberapa lokasi. Di antaranya wall climbing di lapang Kerkof, Kwarcab Garut, Cikajang dan di kampus-kampus.

Tempat Panjat Tebing Alam di Garut

Dua tempat panjat tebing di Garut yang alami yang memiliki ketinggian puluhan meter adalah sebagai berikut:

1. Rock Climbing Batu Tumpang

Batu tumpang panjat tebing di garut
Batu Tumpang via mapalastacia91.blogspot.com

Batu Tumpang berlokasi di Desa Tanjungjaya, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut. Lokasi tempat panjat tebing di Garut ini berada di jalur menuju Pantai Santolo, Pameungpeuk.

Batu Tumpang Tempat panjat tebing alam di Garut
Jalur panjat Batu Tumpang via garutclimbingdata.blogspot.com

Jalur panjat tebing Batu Tumpang sudah lama dibuka. Menurut garutclimbingdata.blogspot.com, jalur panjat Batu Tumpang pertama kali dibuat oleh Palah Sabarudin dari Indonesia Climbing Expedition/Komunitas Panjat Tebing Merah-Putih pada tahun 2012 (kalau tidak salah) dengan menanam 3 hanger.

Kemudian pembukaan jalur tersebut dilanjutkan oleh Amar dari komunitas yang sama. Amar melanjutkannya dengan memasang 2 hanger pada tahun 2015.

Dari awal jalur panjat Batu Tumpang diketahui tidak memiliki cacat batuan untuk pegangan. Pada tahun 2015 ditambahkan point oleh Asrul Anugrah sampai hanger ke 4.

Pada tahun 2017, Febri Hadian menambahkan 2 hanger sebagai titik akhir jalur pemanjatan. Disebutkan jalur panjat tebing Batu Tumpang selesai dibuat pada tahun 2017.

Akses menuju Batu Tumpang sangat mudah. Dari pusat kota Garut bisa naik elf jurusan Pameungpeuk, minta turun di Batu Tumpang. Lokasinya tepat di pinggir jalan sebelah kanan.

Selain biasa digunakan sebagai tempat panjat tebing alam, Batu Tumpang juga menjadi tujuan wisata. Banyak anak muda yang sekadar nongkrong atau makan-makan di warung sekitar Batu Tumpang.

Baca juga: Menguji Nyali di Tebing Batu Tumpang

2. Rock Climbing Cibatu Bojong

Kedua, tempat rock climbing di Garut adalah di Kampung Cibatu, Desa Bojong, Kecamatan Banjarwangi.

Cibatu bojong tempat panjat tebing di garut
Panjat Tebing Cibatu Bojong via fb @abdalsyukur

Jalur panjat tebing Cibatu Bojong dibuka oleh Tedi Ixdiana dan tim Ekspedisi Merah Putih pada Kamis, 20 Juni 2019.

Seperti ditulis oleh Kepala Desa Bojong, Iman Mulyaman pada akun facebooknya (Axew Birkatun), “Mohon doanya! InsaAlloh besok pembukaan jalur panjat gunung batu, desa Bojong, kc Banjarwangi -Garut. Oleh team vertical resque Bandung yg dikomandani langsung sang cicak kang Tedi Ixdiana. Bagi yg mau nonton, acara dimulai jam 8” (19/6/2019).

Tempat panjat tebing di Garut ini benar-benar alami dan sangat menantang. Bagi Anda yang hobi panjat tebing atau ingin menguji nyali di tebing alam setinggi puluhan meter ini bisa datang langsung ke Desa Bojong, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Cara menuju lokasi panjat tebing Bojong, dari terminal Garut naik elf jurusan Singajaya turun di pertigaan Panyusuhan (SMP 1 Banjarwangi). Kemudian naik ojek sampai ke lokasi.

Lokasi juga bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat.

Tentang Penulis: Husni Cahya Gumilar

Gambar Gravatar
CEO ZonaLibur.com. Pria kelahiran Banjarwangi Kabupaten Garut yang hobi jalan-jalan, menulis dan dengerin marawis. Intinya saya bukan selebritis.