Taman Bungkul Surabaya, Tempat Wisata Gratis di Tengah Kota Pahlawan

Taman Bungkul Surabaya atau Bungkul Park merupakan salah satu objek wisata favorit warga kota Pahlawan (Surabaya). Keberadaan dan keindahan taman sekitar 900 meter persegi yang diresmikan pada 21 Maret 2007 ini sudah cukup dikenal di Indonesia. Letak Taman Bungkul atau Bungkul Park berada di pusat kota Surabaya, tepatnya Jl. Taman Bungkul, Darmo, Wonokromo, Darmo, Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur 60241.

Taman Bungkul memadukan fungsi rekreasi, sosial, pendidikan dan budaya. Di tempat wisata Surabaya ini pengunjung dapat bersantai, menikmati pemandangan hijau dan udara segar di tengah kota, jogging, atau menikmati kuliner khas Surabaya. Pada tahun 2013, taman ini berhasil mendapatkan Asian Townscape Award yang diberikan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Nama Taman Bungkul diambil dari nama tokoh Islam yakni Ki Ageng Supo yang mendapat gelar Sunan Bungkul yang makamnya berada di belakang taman dan sering menjadi tempat ziarah. Sunan Bungkul sangat berpengaruh dalam penyebaran agama Islam di Surabaya.

Taman Bungkul Surabaya
wikipedia

Bungkul Park ini dilengkapi dengan berbagai sarana penunjang yang memanjakan para wisatawan. Di tempat ini terdapat panggung hiburan, telepon umum, wi-fi gratis, taman bermain, skateboard track, BMX track, jogging track, green park, kolam air mancur, fasilitas air minum gratis hingga pusat jajanan. Dengan adanya fasilitas-fasilitas tersebut, Taman Bungkul berkembang sangat pesat hingga menjadi salah satu objek wisata paling diminati di Kota Surabaya.

Hasil survei Enciety Business Consult (EBC), perusahaan riset bisnis terkemuka di Indonesia yang dilansir detikcom pada 21 Juni 2017, 65% dari 500 responden yang disurvei EBC memilih Taman Bungkul daripada 30 taman lainnya sebagai tempat wisata paling favorit dikunjungi di Surabaya.

Taman favorit di Surabaya ini memang tempat asyik buat nongkrong anak-anak, kaum muda hingga orang tua. Bagi kaula muda yang pergi bersama pasangan, jangan berani coba-coba berbuat tidak sopan di Taman Bungkul kalau tidak ingin merasakan bagaimana rasanya diciduk petugas.

Tiket masuk Taman Bungkul

Mengunjungi taman ini tidak dikenakan biaya tiket masuk, alias gratis. Anda bisa menikmati berbagai fasilitas yang disediakan untuk pengunjung tanpa dipungut biaya sepeserpun. Jika Anda sedang berada di Kota Surabaya, tak ada salahnya jika mampir ke tempat wisata yang satu ini.

Tentang Penulis: Husni Cahya Gumilar

Gambar Gravatar
CEO ZonaLibur.com. Pria kelahiran Banjarwangi Kabupaten Garut yang hobi jalan-jalan, menulis dan dengerin marawis. Intinya saya bukan selebritis.