Foto-foto Salju di Dataran Tinggi Dieng yang Menakjubkan

Zonalibur.com. Baru-baru ini dunia wisata Indonesia dihebohkan dengan fenomena embun salju di Dataran Tinggi Dieng. Fenomena salju itu merupakan embun es atau disebut juga bun upas yang disebabkan oleh suhu dingin pada musim kemarau.

Embun salju di Dieng diprediksi akan berlangsung selama musim kemarau, puncaknya bulan Agustus 2019. Pada 2-4 Agustus 2019 juga akan diadakan festival Dieng. Jadi sekali traveling, dua tiga wisata terlampaui.

Fenomena es di Dataran Tinggi Dieng dikabarkan merupakan fenomena rutin. Setiap tahun pada musim kemarau Dataran Tinggi Dieng selalu diselimuti embun salju.

Mumpung ada fenomena langka di Dieng dan masih masih libur sekolah, yuk wisata ke Dieng!

Foto-foto embun salju di Dataran Tinggi Dieng

Sebelum pergi jalan-jalan ke Dieng, sobat bisa lihat dulu foto-foto terbaru embun es di Dataran Tinggi Dieng. Cekidot!

Embun Salju di Dataran Tinggi Dieng
Embun Saldu Dieng Foto IG @junnaedy85

Dari foto bun upas Dieng di atas bisa kita lihat, butiran-butiran atau kristal es menyelimuti rerumputan di sekitaran Candi Arjuna. Dalam captionnya, junnaedy85 menulis “Fenomena Embun Salju atau warga menyebutnya “Bun Upas” di Dieng.”

Suhu di Dieng sekarang rata-rata di bawah 5 derajat celcius. Bahkan kemarin (24/6/2019) dari beberapa postingan di Instagram, suhu Dieng mencapai -8 derajat celcius.

embun es di dieng
Es di Dieng via IG @aryadidarwanto

Seperti ditulis oleh akun IG @aryadidarwanto, “Rekor baru embun es di Dieng. Suhu pagi ini -8OC. Tanggal 24 Juni 2019 pukul 04.53 WIB (Sebenarnya suhu pagi ini mendekati -9OC).

Suhu dingin memang tidak hanya di wilayah Dieng. Tetapi terjadi di beberapa daerah di Indonesia. Dari info yang diterima, hawa dingin ini disebabkan oleh angin muson yang bertiup dari Australia.

Bun Upas di Dieng
Bun Upas Dieng via IG @aryadidarwanto

Sobat pendaki yang ingin menyaksikan salju di pegunungan, kini tidak perlu jauh-jauh pergi ke Eropa. Karena ternyata di Dataran Tinggi Dieng juga ada salju yang sangat indah.

Waktu yang tepat untuk melihat indahnya bun upas atau salju di Dataran Tinggi Dieng antara jam 5 – 6 pagi. @aryadidarwanto memaparkan es itu akan bertahan sampai jam 7 pagi. Lewat jam 7 akan mencair dan Anda tidak akan bisa menyaksikan fenomena es tersebut.

Dikabarkan pula bahwa suhu di rumah-rumah di Dieng mencapai -5OC. Meski begitu, pendakian ke Gunung Prau masih aman karena di Prau ada angin jadi tidak sedingin di sekitar Candi Arjuna. Suhu di Prau sekitar 5OC.

Salju Dieng
Salju Dieng via IG @aryadidarwanto

Masih dari akun IG @aryadidarwanto. Dia menulis caption yang bikin penasaran untuk segera mengunjungi Dataran Tinggi Dieng, terutama daerah sekitar Candi Arjuna.

“Penasaran dengan Salju Dieng…. Segera ke sekitar Candi Arjuna nanti sekitar pukul 06 – 07 WIB Sabtu tanggal 22 Juni 2019…karena sekarang pukul 01.38 sudah terbentuk es di rerumputan…suhu minus 2’C… Cuuzz Candi Arjuna Dieng…. gesss.”

Jika Anda penasaran ingin melihat indahnya embun salju di Dieng, jangan lupa bawa pakaian tebal termasuk jaket, kupluk dan sarung tangan agar tubuh tetap hangat. Selain itu, bawa juga makanan yang mengandung gizi tinggi.

Fenomena salju di Candi Arjuna Dieng
Fenomena salju di Candi Arjuna Dieng via IG @kapanexplore

“Mau main es ?? Ga usah jauh2 bos … ini lagi musim dingin wilayah Indonesia tengah, dan salah satunya adalah Dataran Tinggi Dieng yang sudah mencapai -9°C hari ini.” tulis @kapanexplore di feed Instagram-nya.

Memang kalau melihat foto-foto salju di luar negeri, foto jepretan @kapanexplore ini seperti di luar negeri. Keren banget.

Tips melihat embun salju di Dieng

Tips menyaksikan embun salju di dataran tinggi dieng
Tips menyaksikan embun salju di Dataran Tinggi Dieng via IG @moeslemwong

Fenomena bun upas atau embun beku kembali terjadi di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah. Fenomena embun salju Dieng ini menjadi magnet bagi para wisatawan.

Tak sedikit wisatawan yang sengaja datang ke Dieng untuk menyaksikan secara langsung fenomena embun es ini. Mengingat fenomena embun beku tidak terjadi setiap waktu, berikut ini tips agar dapat melihat embun salju Dieng.

1. Datang lebih awal

Dikutip dari Tribun Travel, Kepala UPT Pengelola Obyek Wisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara Aryadi Darwanto menyarankan wisatawan untuk datang lebih awal.

“Sarannya datang sebelum jam 6 pagi,” kata Aryadi. Selain itu, Aryadi menyarankan wisatawan untuk datang ke sekitar Candi Arjuna. “Tempatnya di lapangan Candi Arjuna,” tutur Aryadi.

Menurut Aryadi, biasanya fenomena Bun Upas terlihat di sekitar Candi Arjuna.

2. Memakai pakaian tebal

Untuk perlengkapan pribadi, Aryadi mengharuskan wisatawan untuk memakai pakaian tebal.

“Jaket, sepatu, baju hangat harus pakai, karena jelas akan menggigil jika kurang memadai perlengkapannya,” sarannya.

Bukan tanpa alasan, saat fenomena embun beku terjadi, suhu udara di Dieng menjadi ekstrem.

Tak heran jika hawa dingin di Dieng terasa lebih menusuk dari biasanya. “Kalau tadi (Sabtu) pagi sampai -5 (derajat Celcius), setelah jam 7 berangsur-angsur normal,” kata Aryadi.

3. Bawa makanan yang bisa menghangatkan badan

Selain datang lebih awal dan memakai pakaian tebal, bawa pula makanan atau camilan yang bisa menghangatkan badan. Cokelat, misalnya.

Baca juga: Kawah Sikidang, Tempat Wisata Ungglan di Dieng Plateu

Suhu udara normal di Dieng biasanya berkisar antara 20 hingga 25 derajat Celcius. Fenomena embun es ini tidak terjadi setiap waktu, jadi kapan Anda mau ke Dieng?

Tentang Penulis: Husni Cahya Gumilar

Gambar Gravatar
CEO ZonaLibur.com. Pria kelahiran Banjarwangi Kabupaten Garut yang hobi jalan-jalan, menulis dan dengerin marawis. Intinya saya bukan selebritis.