Pulau Derawan, Destinasi Menawan di Berau Kalimantan

Pulau Derawan, Destinasi Menawan di Berau Kalimantan – Kepulauan Derawan adalah salah satu wisata andalan Kabupaten #Berau, #Kalimantan Timur. Kepulauan Derawan terdiri dari tiga Kecamatan, yaitu Pulau Derawan, Maratua dan Biduk Biduk. Di sini terdapat empat pulau yang terkenal indah, yakni pulau Derawan, Maratua, Sangalaki dan Kakaban yang ditinggali penyu hijau dan penyu sisik.

Baca juga : Pulau Maratua, Tanah Surga di Kepulauan Terluar Indonesia

Salah satu destinasi paling menawan di Kepulauan Derawan adalah Taman Bawah Laut yang sangat diminati wisatawan mancanegara terutama penyelam kelas dunia. Selain menyelam, kegiatan wisata di kepulauan Derawan kita bisa melihat proses penyu bertelur, serta menikmati pantai yang indah dan bersih.

Fasilitas di Kepulauan Derawan sudah baik, resort dan penginapan banyak tersebar di pinggir pantai dengan harga yang cukup murah, kepulauan ini juga sudah dijangkau sinyal 3G.

Ekosistem pesisir di Kepulauan Derawan yaitu terumbu karang, padang lamun dan hutan bakau. Di sini juga terdapat banyak spesies dilindungi seperti penyu hijau, penyu sisik, paus, lumba-lumbam kima, ketam kelapa, duyung, ikan barakuda dan spesies lainnya.

pulau derawan
Credit Image

 

Informasi Umum Pulau Derawan

Di Pulau Derawan terdapat taman laut sebagai tempat diving dengan kedalaman lima meter yang terkenal memiliki keanekaragaman biota laut seperti cumi-cumi (cuttlefish), lobster, ikan pipa (ghostpipe fish), gurita (bluering octopus), nudibranchs, kuda laut (seahorses), belut pita (ribbon eels) dan ikan skorpion (scorpionfishes).

Air laut Derawan berwarna gradasi biru dan hijau yang memukau, hamparan pasir putih, bersih dan lembut, pohon-pohon kelapa tumbuh di pesisir pantai, juga terdapat hutan kecil di tengah-tengah pulau sebagai habitat dari bermacam jenis tumbuhan dan hewan.

Aktifitas wisata yang populer di Pulau Derawan adalah menyelam dan snorkeling. Perairan pulau Derawan memiliki keanekaragaman ikan dan biota laut yang memikat penyelam kelas dunia untuk datang ke pulau yang satu ini.

Di sini terdapat penyu hijau yang sangat jinak dan sering muncul menuju pantai untuk bertelur. Jika kebetulan, wisatawan dapat menyaksikan proses bertelur penyu, sebuah pemandangan luar biasa yang sangat langka.

Fasilitas Pulau Derawan

Di Pulau Derawan terdapat resort berstandar internasional, yaitu Derawan Dive Resort. Resort ini menyediakan cottage, fasilitas snorkeling, alat menyelam, kano, banana boat, perahu layar, cafe, resto dan beberapa fasilitas lainnya yang memuaskan.

Di Pulau Derawan juga terdapat #hotel dan penginapan. Selain itu, suku Bajau sebagai penghuni Pulau Derawan dikenal ramah dan menerima kehadiran wisatawan, terbukti di Pulau Derawan banyak homestay di rumah-rumah penduduk yang menawarkan biaya sewa cukup murah. Untuk urusan kuliner dan oleh-oleh, di pulau ini terdapat rumah makan dan toko aksesoris yang cukup lengkap.

Akses menuju Pulau Derawan

Untuk menuju ke Pulau Derawan kita bisa menggunakan dua jalur, yakni jalur darat dan jalur udara.

Jalur darat rutenya dimulai dari Palangkaraya -> Banjarmasin -> Balikpapan -> Samarinda -> Tanjung Redeb -> Tanjung Batu -> Pulau Derawan.

Dengan rincian biaya sebagai berikut:

Banjarmasin – Samarinda (Bus) = Rp. 120.000-150.000

Samarinda – Tanjung Redeb (Travel semacam mobil Avanza)= Rp. 275.000-300.000

Tanjung Redeb – Tanjung Batu (Travel semacam mobil Avanza) = Rp. 70.000

Tanjung Batu – Pulau Derawan (Speedboat) = Rp. 70.000

Sedangkan jalur udara, penerbangan menuju Balikpapan kemudian bisa terbang lagi lewat Berau atau lewat Tarakan. Lewat Berau lebih mudah bagi solo traveller karena ada banyak mobil travel umum menuju Tanjung Batu dan Speedboat umum menuju Pulau Derawan.

Sedangkan jika lewat Tarakan kelebihannya adalah lebih murah dan lebih banyak pilihan penerbangannya dari pada melalui Berau, namun dari Tarakan jalur lautnya untuk menuju Pulau Derawan lebih jauh dan tidak ada speedboat reguler sehingga harus menyewa sendiri. Lewat Tarakan lebih mudah bagi yang berangkat secara rombongan.

 

Demikian informasi mengenai Pulau Derawan, destinasi menawan di Berau Kalimantan Timur. Semoga bermanfaat.

Baca juga : Pesona Kepulauan Raja Ampat Papua Barat yang Memikat

Tentang Penulis: Husni Cahya Gumilar

Gambar Gravatar
CEO ZonaLibur.com. Pria kelahiran Banjarwangi Kabupaten Garut yang hobi jalan-jalan, menulis dan dengerin marawis. Intinya saya bukan selebritis.