Pendakian Gunung Rinjani via Jalur Sembalun Ditutup Setiap Jumat

Zonalibur.com. Balai Taman Nasional Gunung Rinjani mengumumkan pendakian gunung Rinjani via jalur Sembalun ditutup setiap hari Jumat. Seperti diketahui bahwa jalur Sembalun merupakan jalur pendakian resmi gunung Rinjani.

Penutupan pendakian gunung Rinjani via Sembalun oleh Balai TNG Rinjani diumumkan melalui surat pengumuman nomor PG.782/T.39/TU/KSA/6/2019.

Surat pengumuman tersebut terbit pada bulan Juni 2019 dan ditandatangani oleh Kepala Balai TNGR, Ir. Sudiyono, M.Si.

Pengumuman juga ditembuskan kepada Kepala dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat, Kadis Pariwisata Kabupaten Lombok Timur, Camat Sembalun dan Kepala SPW I serta SPW II.

Pendakian gunung Rinjani via Sembalun ditutup jumat
Dok TNGR

Dalam surat pengumuman tersebut dijelaskan, alasan pendakian guning Rinjani via jalur Sembalun ditutup setiap hari Jumat adalah permintaan masyarakat Sembalun.

Sehubungan dengan permintaan masyarakat dan tokoh masyarakat Sembalun untuk tidak melakukan pendakian ke Gunung Rinjani setiap hari Jumat.

Oleh karena itu, Balai Taman Nasional Gunung Rinjani menutup jalur Sembalun setiap hari Jumat.

Berikut ini dokumen surat penutupan jalur pendakian gunung Rinjani via Sembalun. Sumber dari Fanspage Taman Nasional Gunung Rinjani.

pengumuman jalur pendakian gunung rinjani via sembalun ditutup
Sumber: BTNGR

Balai TNGR menyarankan kepada wisatawan yang ingin mendaki Rinjani pada hari Jumat untuk memilih jalur lain. Selain jalur Sembalun, jalur resmi gunung Rinjani lainnya adalah via jalur Senaru, Timbanuh dan Aik Berik.

Baca juga: 4 Jalur Pendakian Gunung Rinjani Resmi 2019, Pilih Mana?

Sementara jalur Torean hanya untuk jalur pendakian khusus yang diizinkan Balai TNGR. Kondisi jalur Torean juga rusak sebagai dampak bencana gempa.

Tentang Penulis: Husni Cahya Gumilar

Gambar Gravatar
CEO ZonaLibur.com. Pria kelahiran Banjarwangi Kabupaten Garut yang hobi jalan-jalan, menulis dan dengerin marawis. Intinya saya bukan selebritis.