Pantai Tanjung Benoa, Tempat Wisata Eksotis di Bali

Pantai Tanjung Benoa, Tempat Wisata Eksotis di Bali – Pantai Tanjung Benoa adalah salah satu tempat wisata di #Bali yang memiliki pasir putih dan ombak yang tidak terlalu besar sehingga Pantai Tanjung Benoa cocok untuk aktifitas wisata bahari yang menyenangkan seperti parasailing, jet ski, banana boat, fly fish, snorkeling dan wisata ke pulau penyu.

Baca juga : Pantai Sanur, Tempat Wisata Menarik di Bali

Objek wisata Tanjung Benoa merupakan sebuah kelurahan di Kecamatan Kuta Selatan, letaknya tidak jauh dari kawasan wisata Nusa Dua yaitu berada di ujung tenggara pulau Bali. Dari airport Ngurah Rai, jika tidak sedang macet, ke Tanjung Benoa hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 30 menit. Solusi bagi yang tidak ingin terjebak macet pada musim ramai, bisa menggunakan jalan tol Bali Mandara dengan biaya tol (per tanggal 10 Januari 2015) Rp. 10.000 per mobil.

Pesisir pantai Tanjung Benoa mencakup tujuh lingkungan/banjar, enam di antaranya masuk wilayah Kelurahan Tanjung Benoa (Banjar Kerta Pascima, Anyar, Tengah, Purwa Santi, Panca Bhineka, dan Banjar Tengkulung), sedangkan Banjar Terora masuk wilayah Kelurahan Benoa. Luas keseluruhannya 400,39 hektar, 226,64 hektar di antaranya adalah luar wilayah Banjar Terora. Dengan demikian luas wilayah Tanjung Benoa hanya 173,75 hektar. (Wikipedia)

Pantai Tanjung Benoa, Tempat Wisata Eksotis di Bali
Image : Wisataindonesia.co.id

Bibir pantai Tanjung Benoa memiliki laut yang aman, nyaman dan indah. Karang lautnya masih lestari, sehingga ombak akan pecah di luar sebelum menyentuh bibir pantai. Oleh karena itu, di pantai Tanjung Benoa dikenal istilah ”laut dangkal” dan ”laut dalam”. Aktifitas wisata di Pantai Tanjung Benoa tergantung kondisi pasang surut air laut, atau dikenal juga dengan istilah pasang purnama dan pasang tilem.

Jika sedang pasang tilem (bulan mati), aktifitas wisata air dilangsungkan di atas pukul 11.00 sampai sore, namun jika sedang terkena pengaruh pasang purnama (bulan penuh), aktifitas wisata laut dilakukan sejak pukul 09.00 hingga sore hari, biasanya sampai jam 4 sore.

Lonjakan jumlah pengunjung biasanya terjadi pada hari libur panjang yaitu pada bulan Juli, Agustus, Desember dan awal Januari. Bulan Juli dan Agustus biasanya bertepatan dengan libur panjang anak-anak sekolah, sedangkan pada bulan Desember – awal Januari adalah moment pergantian tahun. Pada malam pergantian tahun itulah sebagian orang mengisinya dengan berwisata ke tempat-tempat indah dan menarik.

Berwisata ke objek wisata Pantai Tanjung Benoa sangat cocok bagi anak-anak dan keluarga tercinta. Mereka dijamin suka bermain olahraga air di pinggir pantai yang sangat indah dan mempesona atau berwisata ke pulau penyu Tanjung Benoa.

Demikian informasi mengenai Pantai Tanjung Benoa, tempat wisata eksotis di Bali.  Semoga bermanfaat bagi sobat yang sedang merencanakan liburan ke tempat wisata di Bali ini.

Tentang Penulis: Husni Cahya Gumilar

Gambar Gravatar
CEO ZonaLibur.com. Pria kelahiran Banjarwangi Kabupaten Garut yang hobi jalan-jalan, menulis dan dengerin marawis. Intinya saya bukan selebritis.