Pantai Tablanusu, Tempat Wisata yang Indah dan Unik di Papua

Pantai Tablanusu merupakan salah satu tempat wisata alam yang terletak di Papua. Obyek wisata ini sangat indah dan memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya berbeda dengan wisata pantai manapun di Indonesia.

Keunikan Pantai Tablanusu yang paling kentara adalah adanya hamparan kerikil di sepanjang pantai. Pada umumnya kalau kita pergi ke pantai yang tampak adalah hamparan pasir, ada pasir putih, cokelat, hitam bahkan ada pula pasir pantai yang berwarna pink. Namun pemandangan berbeda akan Anda temui saat berkunjung ke Pantai Tablanusu Papua. Material yang menghampar di Pantai Tablanusu adalah kerikil. Ya, kerikil.

Kita tahu bahwa Papua termasuk daerah dengan keindahan alam yang luar biasa di Indonesia. Mulai dari Taman Nasional, kepulauan, laut hingga budaya semuanya tersedia lengkap di Papua. Bahkan selain Pantai Tablanusu, di Papua juga terdapat wisata yang terbilang unik yakni adanya salju di pegunungan Taman Nasional Lorentz. Disebut unik karena kawasan tersebut daerah tropis.

Baca juga: Mengenal Alam Liar Taman Nasional Lorentz

Papua memang luar biasa, dari nol meter di atas permukaan laut hingga tanah tertinggi Indonesia yang ada di Papua memiliki ciri khas yang berbeda dengan tempat lain. Ini salah satu bukti keagungan Allah SWT yang tidak bisa dibantah lagi dan wajib kita syukuri dengan cara menjaga kelestarian dan kekayaan alam yang dimiliki Indonesia, khususnya Papua.

pantai tablanusu papua
Pantai Tablanusu Papua

Kembali ke Pantai Tablanusu, sejak masuk ke lokasi pantai kita sudah disambut oleh hamparan kerikil. Bila Anda ingin mencoba sensasi berjalan di atas kerikil pantai Tablanusu, Anda bisa berjalan tanpa menggunakan alas kaki. Berwisata ke Pantai Tablanusu bisa sekalian pijat refleksi alami secara gratis lho.

Selain terdapat keunikan dan menyuguhkan panorama alam yang menakjubkan, Pantai Tablanusu juga menawarkan kegiatan wisata air seperti diving, snorkeling dan berlayar menggunakan banana boat ke laut lepas. Bagi Anda yang terbiasa menyelam, Anda boleh mencobanya di Pantai Tablanusu. Pemandangan bawah lautnya masih alami, ikan-ikan hias yang cantik dan terumbu karang yang masih terjaga akan menyambut para diver Pantai Tablanusu. Atau jika Anda menginginkan suasana yang lebih romantis bersama istri atau suami tercinta, Anda bisa mendayung kano sambil menikmati sunset.

Anda juga bisa memacu adrenalin dengan mengarungi lautan luas bersama teman-teman menggunakan banana boat atau membuat keseruan lain dengan bahu membahu naik perahu kano. Pasti seru dan menyenangkan. Namun bagi yang tidak bisa berenang harus ekstra hati-hati dan jujur, karena kegiatan di laut sangat membahayakan keselamatan jiwa.

Tidak suka olahraga air atau kegiatan wisata yang menantang? Jangan khawatir, Anda bisa menikmati Pantai Tablanusu dengan cara lain, seperti duduk-duduk santai di tepi pantai sambil bakar ikan ramai-ramai. Dijamin tidak kalah seru!

Baca juga: Pesona dan Keindahan Pulau Misool di Raja Ampat Papua Barat

Tentang Penulis: Husni Cahya Gumilar

Gambar Gravatar
CEO ZonaLibur.com. Pria kelahiran Banjarwangi Kabupaten Garut yang hobi jalan-jalan, menulis dan dengerin marawis. Intinya saya bukan selebritis.