Pantai Lamaru, Rekomendasi Destinasi Wisata Pilihan di Balikpapan

Pantai Lamaru, adalah salah satu objek wisata alam yang terdapat di kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Terletak di Desa Teritip, berjarak sekitar 24 Km ke sebelah timur dari kota Balikpapan.

Mampir juga ke : Penangkaran Buaya Teritip, Tempat Wisata Menantang di Balikpapan

Untuk menuju Lokasi Pantai Lamaru dapat menggunakan Taxi Argo : ± Rp 120.000,- s/  Rp 150.000,-, menggunakan ojek : ± Rp 65.000,-, menggunakan Angkutan Kota : (2 kali angkutan) Angkutan No. 6 (Rp 3.000,-) Pusat Kota (Kantor PEMKOT) – Terminal DAM/BP Angkutan No. 7 (± Rp 20.000,-).

Keadaan jalan dan jembatan menuju Pantau Lamaru umumnya cukup baik dan bisa ditempuh dengan kendaraan sekitar 30 menit dari pusat kota.

Pengunjung yang masuk ke area wisata Pantai Lamaru dikenakan biaya sebesar Rp. 2.000,- / orang (dewasa/anak-anak), Parkir/biaya masuk untuk sepeda motor: Rp. 2.500,-, mobil atau taksi: Rp. 5.000,-, bus: Rp. 15.000,- (sumber: Pariwisatakaltim.com).

Umumnya tidak ada petugas tiket di pintu masuk sebelum siang hari,  karena rata-rata pantai Lamaru dibuka pada siang hari. Tempat wisata di Balikpapan ini biasanya dipadati pengunjung pada akhir pekan.

Pantai Lamaru Balikpapan
Pict. Kosim.web.id

Pantai Lamaru memiliki pasir pantai berwarna putih abu-abu, air laut terlihat biru muda jernih, laut tenang berombak kecil dan angin yang tidak terlalu kencang. Namun menurut keterangan petugas keamanan setempat, pada bulan-bulan tertentu ombat dan angin laut lumayan besar. Kurang nyaman dan tidak aman bagi pengunjung.

Di bibir pantai terdapat beberapa pohon besar yang sengaja ditanam secara teratur, sehingga suasana Pantai Lamaru menjadi lebih teduh dan adem. Sehingga Anda tidak perlu mendirikan tenda di pantai ini, cukup menggelar tikar sambil minum es kelapa muda. Hmmm…mantap!

Tempat wisata Pantai Lamaru terlihat masih asri, teduh, bersih dan luas. Tidak terlihat ada pedagang asongan si area wisata, karena penjual makanan dan minuman disatukan tempatnya pada beberapa bangunan besar yang sengaja dibangun untuk itu. Oleh sebab itu sampah dan limbah basah terkonsentrasi pada satu tempat saja.

Kemanan di sini cukup terjamin, selain adanya security intern, terdapat juga petugas kepolisian pada beberapa tempat tertentu.

Apabila Anda hobi renang, di pantai ini Anda bisa menyewa ban renang dengan tarif sewa mulai dari Rp 10.000 lalu berenang sepuasnya, namun harus tetap hat-hari dan tidak melebihi radius 50 meter dari tepi pantai.

Anda juga bisa mencoba beberapa wahana permainan, seperti banana boat, flying fox, kuda, andong dan lain-lain. Untuk mencoba berbagai wahana permainan tersebut dikenakan tarif mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 75.000.

Selamat berpetualang di Balikpapan, semoga liburannya menyenangkan!

Kami mengundang Anda untuk berbagi cerita dan foto perjalanan ke tempat-tempat wisata terindah di Indonesia, disini.

Tentang Penulis: Husni Cahya Gumilar

Gambar Gravatar
CEO ZonaLibur.com. Pria kelahiran Banjarwangi Kabupaten Garut yang hobi jalan-jalan, menulis dan dengerin marawis. Intinya saya bukan selebritis.