Pantai Balongan Indah Indramayu, Destinasi Perawan di Jalur Pantura

Pantai Balongan Indah adalah salah satu pantai cantik yang berlokasi di Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat. Seperti namanya, Pantai Balongan Indah menyuguhkan panorama alam bahari yang sangat indah dan mengundang decak kagum setiap orang yang menyaksikannya.

Pantai di Indramayu memang belum begitu dikenal oleh masyarakat luas, popularitas keindahan pantai utara belum menyamai pantai selatan. Padahal, di jalur pantura terdapat banyak tempat wisata pantai yang cantik mempesona, salah satunya yaitu Pantai Balongan Indah dan Pantai Tirtamaya di Indramayu.

Baca juga: Wisata Pantai Tirtamaya Indramayu Jawa Barat

Pantai Balongan Indah merupakan pantai perawan karena masih belum terjamah dan belum banyak diketahui oleh wisatawan luar kota. Lingkungan alamnya masih asri, pasir pantainya memang tidak putih namun cukup halus dan aman untuk bermain anak-anak.

Pantai Balongan Indah Indramayu
Source image (https://proleevo.wordpress.com/2011/12/12/pantai-balongan-indramayu/)

Seperti hampir di kebanyakan wisata pantai, panorama yang sangat dinanti di Pantai Balongan Indah adalah menyaksikan keindahan panorama matahari terbit dan tenggelam. Kapal-kapal nelayan yang bersandar akan menambah kecantikan pemandangan pantai di Indramayu yang satu ini.

Tidak jauh dari lokasi Pantai Balongan Indah, terdapat wisata pantai yang tak kalah eksotis yaitu Pantai Juntinyuat dan Pantai Indah Karangsong. Bila Anda punya waktu luang, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke dua pantai tersebut.

Kegiatan wisata yang bisa dilakukan di Pantai Balongan Indah adalah berenang dan menikmati kesunyian pantai. Pantai ini memang cocok untuk dikunjungi wisatawan yang tidak terlalu suka dengan suasana ramai dan berdesak-desakan seperti di pantai terkenal. Di Pantai Balongan Indah juga sudah tersedia berbagai tempat pemandian untuk wisatawan yang habis berenang.

Harga tiket masuk Pantai Balongan Indah sangat terjangkau, yakni hanya Rp. 5.000 per orang, tket masuk kendaraan Rp. 5.000 untuk mobil dan Rp. 3000  untuk motor. Dengan membayar biaya tiket masuk sebesar itu kita bisa masuk lokasi pantai dan menikmati keindahan alam dengan berbagai aktifitas wisatanya yang sangat menyenangkan.

Panorama dan fasilitas wisata Pantai Balongan Indah belum sebanding jika disandingkan dengan wisata pantai di Bali. Fasilitas pantai ini masih harus dibenahi dan dikelola dengan baik agar potensi wisata ini menjadi tujuan wisata favorit di Indramayu meningat kokasinya sangat strategis dan sering dilewati oleh pengendara dari Jakarta yang menuju kota-kota di Jawa Tengah maupun Jawa Timur melalui jalur Pantura.

Untuk menuju Pantai Balongan Indah, Anda dapat menempuh rute Jakarta – Karawang – Loh bener – Indramayu – Balongan.

Silakan bantu share ke media sosial agar tempat wisata di Indramayu ini dikenal oleh masyarakat luas di nusantara. Terima kasih.

 

Tentang Penulis: Husni Cahya Gumilar

Gambar Gravatar
CEO ZonaLibur.com. Pria kelahiran Banjarwangi Kabupaten Garut yang hobi jalan-jalan, menulis dan dengerin marawis. Intinya saya bukan selebritis.