Panjat Tebing Cibatu Desa Bojong, Tempat Rock Climbing Baru di Garut

ZonaLibur.com, Anda suka rock climbing? Jika iya, cobalah datang ke Kampung Cibatu, Desa Bojong, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Tempat Rock Climbing Baru di Garut

Di desa Bojong baru dibuka jalur panjat tebing alam dengan ketinggian mencapai puluhan meter. Jalur panjat tebing Cibatu Bojong dibuka oleh Tedi Ixdiana dan tim ekspedisi Merah Putih pada Kamis, 20 Juni 2019.

Cibatu bojong tempat panjat tebing di garut
Panjat Tebing Cibatu Bojong via fb @abdalsyukur

Wisata panjat tebing Cibatu digagas dan dipimpin langsung oleh Kepala Desa Bojong, Iman Mulyaman. Pria yang sering disapa Axew Birkatun ini jauh sebelum menjadi kepala desa memang hobi mendaki gunung.

Menurut keterangan Abdal Syukur di akun facebooknya, Tedi Ixdiana dan timnya sudah membuka enam jalur panjat di Cibatu Bojong.

Panjat tebing Cibatu Bojong via fb @abdalsyukur

Jalur pemanjatan tebing Cibatu memang menarik dan menantang. Bisa dicoba oleh pemanjat pemula yang punya nyali besar atau pemanjat tebing profesional.

Baca juga: 2 Tempat Panjat Tebing Alam di Garut yang Tingginya Puluhan Meter

Wisata adventure panjat tebing Cibatu Bojong dikelola oleh masyarakat setempat. Bagi siapa saja yang ingin menjajal jalur rock climbing baru di Garut bisa datang langsung ke Kampung Bantarpeundeuy, Desa Bojong, Kecamatan Banjarwangi.

Kampung Bantarpeundeuy merupakan lokasi basecamp pengelola. Jarak dari Kampung Bantarpeundeuy ke lokasi panjat tebing Cibatu tidak begitu jauh. Bisa ditempuh dengan berjalan kaki dalam waktu beberapa menit saja.

Rute Menuju Lokasi Panjat Tebing Cibatu Bojong

Jalur menuju Banjarwangi
Jalur menuju Banjarwangi via fb @Taufik Jhon Kholik

Dari terminal Guntur Kabupaten Garut naik elf jurusan Singajaya. Turun di alun-alun Banjarwangi atau di Panyusuhan (pertigaan SMP 1 Banjarwangi). Kemudian dilanjutkan dengan naik ojek ke Kampung Bantarpeundeuy.

Selain menggunakan kendaraan umum, Anda juga bisa membawa kendaraan pribadi sampai ke lokasi. Dari Maktal Garut, lurus ke arah selatan melewati Bayongbong, Cisurupan dan Cikajang ke arah Pantai Santolo.

Kurang lebih 15 menit setelah Cikajang, terdapat pertigaan Cigugur. Ambil jalur lurus (kiri) ke arah Banjarwangi. FYI, ke kanan ke arah Pameungpeuk.

Harga Tiket/ Tarif Panjat Tebing Cibatu Bojong

Saat postingan ini dipublikasikan, tempat wisata panjat tebing Bojong baru saja dibuka. Pengelola belum merilis info mengenai tiket masuk atau tarif. Info tarif akan diupdate apabila sudah ada rilis resmi.

Tentang Penulis: Husni Cahya Gumilar

Gambar Gravatar
CEO ZonaLibur.com. Pria kelahiran Banjarwangi Kabupaten Garut yang hobi jalan-jalan, menulis dan dengerin marawis. Intinya saya bukan selebritis.