Melongok Keindahan Taman Cimanuk Indramayu

Taman Cimanuk atau Taman Kota Indramayu merupakan ikon wisata baru Kabupaten Indramayu. Lokasi Taman Cimanuk berada pinggiran sungai Cimanuk tepat di belakang masjid agung Indramayu atau di bawah Jembatan utama dekat Pendopo, Jalan Veteran Indramayu.

Taman Cimanuk biasanya ramai dikunjungi oleh masyarakat Indramayu pada akhir pekan atau hari libur. Pengunjungnya mulai dari anak-anak hingga orang tua. Taman Kota Indramayu juga menjadi alternatif menarik untuk tempat ngabuburit.

Menariknya, Taman Cimanuk juga dilengkapi dengan sampan yang terbuat dari bambu, namun sayang sekali sampan ini hanya berupa hiasan sehingga tidak bisa digunakan untuk mengitari sungai Cimanuk. Namun Anda tidak perlu kecewa, karena masih banyak pilihan aktifitas yang bisa dilakukan di sini.

Keindahan Taman Cimanuk Indramayu

taman cimanuk indramayu

Di Taman Cimanuk kita bisa duduk-duduk santai sambil menikmati makanan atau minuman yang dijual di pinggir jalan, membaca buku, ngobrol atau foto bareng dengan orang-orang tercinta.

Selain menambah kecantikan kota, Taman Cimanuk juga memberikan ruang terbuka hijau yang baik untuk memperlambat pemanasan global. Jika dilihat dari fasilitas dan penataan taman kota yang sudah berdiri, Taman Cimanuk dibuat untuk beberapa fungsi, yaitu ruang untuk pedagang berjualan terletak di sebelah kanan, di sebelah kananya lagi dibangun taman bermain khusus untuk anak-anak, sedangkan di sisi kiri jembatan dibangun untuk tempat bersantai.

Taman Cimanuk di sisi kiri banyak ditanami pohon dan rerumputan hijau, terdapat tempat duduk yang berkapasitas untuk 2-3 orang dan tempat duduk untuk banyak orang. Disediakan banyak tempat sampah untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Taman Cimanuk adalah saat pagi dan sore hari. Di pagi hari suasana di Taman Ciamanuk ini sangat sejuk, namun menjelang siang udara terasa panas karena pepohonan yang ada masih kecil belum bisa digunakan untuk tempat berteduh.

Waktu terbaik yang disukai para pengunjung adalah sore hari karena matahari sudah tidak terik lagi, di bulan Ramadhan taman kota Indramayu ini memang sangat cocok untuk menjadi tempat ngabuburit. Sedangkan di waktu malam tempat ini masih belum difungsikan sebagai tempat bersantai.

Destinasi wisata dengan nama Taman Cimanuk atau Cimanuk Park itu digarap secara serius dengan menghabiskan anggaran Pemkab Indramayu senilai puluhan milar rupiah.

Konsep dan perencanaan yang ditata apik Dinas PU Cipta Karya itu, kondisinya saat ini sudah mulai ramai dikunjungi masyarakat dari berbagai kalangan, baik seniman, profesional, fotografer maupun pelajar. Bantaran kali Cimanuk kini telah disulap menjadi pusat hiburan dan rekreasi masyarakat.

Kondisi yang ada saat ini Cimanuk Park sudah dikunjungi ratusan masyarakat untuk saling berbagi. Termasuk dapat dijadikan sebagai penunjang syuting dan agenda kumpul bareng kawan dan keluarga.

Demikianlah informasi tempat rekreasi Taman Cimanuk Indramayu yang dikutip Zonalibur.com dari berbagai sumber seperti kotamangga.com, fajarnews.com dan beberapa sumber lainnya. Selamat berlibur!

Tentang Penulis: Husni Cahya Gumilar

Gambar Gravatar
CEO ZonaLibur.com. Pria kelahiran Banjarwangi Kabupaten Garut yang hobi jalan-jalan, menulis dan dengerin marawis. Intinya saya bukan selebritis.