Ini Kuota Pendaki Gunung Rinjani di Tiap Jalur Pendakian Resmi

ZonaLibur.com, Jumlah kuota pendaki gunung Rinjani sekarang dibatasi setiap harinya. Pembatasan jumlah kuota pendaki Rinjani dibagi 4 jalur resmi yang dibuka pada hari Jumat tanggal 14 Juni 2019.

Untuk menghindari kehabisan kuota, maka pendaki diharuskan registrasi dan booking online tiket gunung Rinjani melalui aplikasi eRinjani atau website erinjani.id.

Kuota Pendaki Gunung Rinjani

Setiap harinya, jumlah maksimal pendaki gunung Rinjani dibatasi sebanyak 500 orang. Kuota tersebut mencakup pendaki domestik dan mancanegara.

Maksimal 500 orang pendaki setiap hari dibolehkan mendaki namun hanya sampai Pelawangan. Selebihnya, jika kuota telah terpenuhi maka tidak bisa mendaftar lagi kecuali mengubah rencana pendakian.

kuota pendaki gunung rinjani
Dok tnrinjani.net

Pembagian kuota pendaki di tiap jalur pendakian

Kuota 500 orang jumlah pendaki tadi dibagi ke dalam 4 jalur pendakian resmi. Masing-masing jalur juga ditetapkan kuota maksimalnya.

Jalur Pendakian Resmi Rinjani Kuota Pendaki Harian
Jalur Sembalun 150 orang
Jalur Senaru 150 orang
Jalur Timbanuh 100 orang
Jalur Aik Berik 100 orang
Jumlah 500 orang

Cara memantau sisa kuota pendaki gunung Rinjani pada tanggal yang Anda rencanakan sangat mudah. Kuota tersisa dapat dilihat dari halaman website erinjani.id.

Erinjani.id merupakan website resmi milik Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) untuk melayani registrasi dan booking online.

Baca juga: Harga tiket masuk gunung Rinjani terbaru 2019

Peminat mendaki gunung Rinjani memang sangat banyak. Kabarnya dari salah satu tulisan di blog yang menceritakan pengalaman naik gunung terindah di Lombok ini, pendaki via jalur Sembalun saja hampir 1.000-an per hari.

Pembatasan kuota ini dimaksudkan untuk keamanan dan kenyamanan pendaki. Selain pembatasan kuota, BTNGR juga membatasi pendakian gunung Rinjani sampai ke Plawangan.

Kepala BTNGR, Sudiyono mengatakan, “Dengan pertimbangan keamanan dan kenyamanan, pendakian dibatasi hanya sampai di Plawangan (tidak diperkenankan menuju puncak dan Danau Segara Anak,” di Mataram, Kamis (13/6/2019) dikutip Zonalibur.com dari bisnis.com.

Untuk melakukan pendakian, pendaki harus mendaftar dan booking tiket via online.

Baca juga: Panduan registrasi dan booking online tiket gunung Rinjani

Demikian, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi pembaca Zonalibur.com yang berencana akan mendaki gunung Rinjani dalam waktu dekat ini.

Tentang Penulis: Husni Cahya Gumilar

Gambar Gravatar
CEO ZonaLibur.com. Pria kelahiran Banjarwangi Kabupaten Garut yang hobi jalan-jalan, menulis dan dengerin marawis. Intinya saya bukan selebritis.