Jalur Pendakian Gunung Slamet via Bambangan

Jalur pendakian gunung Slamet via Bambangan Purbalingga merupakan jalur terpendek sehingga jalur ini lebih sering didaki dibandingkan jalur pendakian lainnya menuju puncak gunung Slamet. Gunung Slamet adalah gunung tertinggi di Jawa Tengah dengan ketinggian mencapai 3.428 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung ini juga merupakan gunung tertinggi ke-2 di pulau Jawa setelah gunung Semeru. Gunung ini terkenal angker dengan berbagai mitos dan misterinya.

Letak gunung Slamet berada di antara 5 kabupaten, yaitu Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Brebes, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Tegal dan Kabupaten Pemalang. Gunung Slamet juga bisa ditempuh melalui beberapa jalur pendakian.

Ini daftar jalur pendakian gunung Slamet

  • Jalur pendakian via Bambangan, Purbalingga
  • Jalur pendakian via Baturaden, Purwokerto
  • Jalur pendakian via Guci, Tegal
  • Jalur pendakian via Dukuhliwung, Tegal
  • Jalur pendakian via Kaligua, Bumiayu
  • Jalur pendakian via Kaliwadas, Brebes

Dari beberapa jalur yang ada, jalur pendakian gunung Slamet via Bambangan adalah yang paling sering digunakan pendaki.

Jalur pendakian gunung Slamet via bambangan

nyero.id

Jalur pendakian Gunung Slamet via Bambangan, Purbalingga

Mendaki gunung Slamet via Bambangan terdiri dari 7 pos pendakian. Dari basecamp sampai ke puncak membutuhkan waktu lebih kurang 8 jam. Dengan itinerary sebagai berikut:

  1. Basecamp – Pos 1: 60 menit
  2. Pos 1 (Pondok Gemirung) – Pos 2 (Walang): 90 menit
  3. Pos 2 (Walang) – Pos 3 (Cemara): 60 menit
  4. Pos 3 (Cemara) – Pos 4 (Samarantu): 40 menit
  5. Pos 4 (Samarantu) – Pos 5 (Pondok Mata Air): 50 menit
  6. Pos 5 (Pondok Mata Air) – Pos 6 (Samyang Rangkah): 20 menit
  7. Pos 6 (Samyang Rangkah) – Pos 7 (Samyang Jampang): 30 menit
  8. Pos 7 (Samyang Jampang) – Plawangan: 45 menit
  9. Plawangan – Puncak: 75 menit

Perjalanan menuju puncak gunung Slamet

Basecamp – Pos 1 (Pondok Gemirung)

Dari basecamp ke gerbang pendakian akan melewati jalan aspal, selanjutnya menyusuri jalan setapak dan kebun warga. Setelah melewati lapangan yang cukup luas, jalan menuju pos 1 sudah mulai nanjak. Waktu tempuh dari basecamp ke Pos 1 sekitar 1 jam perjalanan. Pos 1 berada di ketinggian 1.935 mdpl, merupakan shelter yang cukup luas dan dapat digunakan sebagai tempat istirahat.

Pos 1 – Pos 2

Jalur pendakian gunung Slamet via Bambangan dari Pos 1 menuju ke Pos 2 Walang sudah memasuki wilayah hutan dengan jalan yang terus menanjak. Waktu tempuh Pos 1 – Pos 2 sekitar 1,5 jam perlananan. Pos 2 berupa dataran yang cukup luas untuk tempat melepas lelah, berada di ketinggian 2.22o mpdl.

Pos 2 – Pos 3

Jalur pendakian menuju Pos 3 sedikit ringan di banding trek sebelumnya dengan waktu tempuh sekitar 60 menit. Pos 3 Cemara berupa dataran yang luasnya tidak lebih dari Pos 2. Pos 3 berada di ketinggian 2.465 mdpl, nyaman untuk beristirahat.

Pos 3 – Pos 4

Jalur pendakian dari Pos 3 ke Pos 4 masih tetap menanjak dengan hutan lebat di kiri kanan jalur. Waktu tempuh dari Pos 3 menuju Pos 4 sekitar 40 menit. Pos 4 Samarantu berupa dataran yang tidak terlalu luas, berada di ketinggian 2.635 mdpl.

Pos 4 – Pos 5

Trek pendakian terus menanjak dan dipenuhi pepohonan lebat. Namun mendekati Pos 5 sudah mulai terbuka. Waktu tempuh Pos 4 – Pos 5 sekitar 50 menit. Pos 5 Pondok Mata Air berada di ketinggian 2.775 mdpl. Di Pos 5 terdapat shelter untuk berlaman, lapang dan mata air. Di Pos ini biasanya para pendaki bermalam sebelum mencapai puncak gunung Slamet.

Pos 5 – Pos 6

Jalur pendakian dari Pos 5 ke Pos 6 Samyang Rangkah jaraknya tidak terjalu jauh, hanya memakan waktu sekitar 20 menit.

Pos 6 – Pos 7

Jalur pendakian menuju Pos 7 Samyang Jampang (2.990 mdpl) melewati jalur sempit dengan pemandangan mulai terbuka. Di Pos 7 terdapat shelter dan tempat datar yang dapat menampung beberapa tenda. Jika cuaca bagus dan pandangan tak tertutup kabut, dari Pos 7 pendaki dapat melihat deretan gunung seperti gunung Prau, gunung Merbabu, gunung Sindoro dan gunung Sumbing.

Pos 7 – Plawangan

Trek dari Pos 7 menuju Plawangan masih menanjak dengan waktu tempuh sekitar 45 menit. Pemandangan terbuka karena sudah keluar dari batas hutan.

Plawangan – Puncak Gunung Slamet

Puncak Gunung Slamet berada di ketinggian 3.428 mdpl. Dari Plawangan menuju puncak, treknya menanjak terjal dan menantang dengan waktu tempuh sekitar 75 menit. Medan daki berpasir, dengan kerikil dan bebatuan yang labil mirip jalur pendakian gunung Semeru.

Jalur pendakian gunung slamet via bambangan purbalingga

backpackerjakarta.com

Puncak gunung Slamet atau disebut juga Puncak Surono. Pemandangan dari Puncak Surono ini sangat menakjubkan. Lautan awan putih menghampar luas. Dari tempat ini pendaki dapat melihat dengan jelas gunung Merbabu, gunung Ciremai, gunung Sindoro, gunung Sumbing dan gunung Prau. Juga dapat melihat Segoro Wedi, yaitu kaldera yang cukup luas.

Itulah info jalur pendakian gunung Slamet via Bambangan. Sebelum mendaki sebaiknya persiapkan fisik dan perbekalan. Utamakan membawa air yang cukup karena di sepanjang jalur pendakian tidak terdapat sumber air. Pendaki juga harus hati-hati karena dari Plawangan-Puncak, jalur berpasir dengan bebatuan labil.

Jalur Pendakian Gunung Slamet via Bambangan | Husni Cahya Gumilar | 4.5