4 Jalur Pendakian Gunung Rinjani Resmi Dibuka 14 Juni 2019, Pilih Mana?

Zonalibur.com. Balai Taman Nasional Gunung Rinjani telah mengumumkan secara resmi pembukaan 4 jalur pendakian gunung Rinjani pada Jum’at, 14 Juni 2019.

Sebelumnya pendakian gunung Rinjani ditutup selama 5,5 bulan sejak 1 Januari 2019 karena cuaca buruk dan untuk pemulihan ekosistem Taman Nasional Gunung Rinjani.

Pendakian Gunung Rinjani Resmi Dibuka

Pengumuman pembukaan pendakian gunung Rinjani bernomor PG.756/T.39/TU/KSA/6/2019 ditayangkan di website tngr.mnlhk.go.id dan http://www.tnrinjani.net.

Jalur pendakian gunung Rinjani resmi
View dari 4 Jalur pendakian gunung Rinjani dok TNGR

Sebelumnya jalur pendakian gunung Rinjani sempat ditutup karena cuaca buruk dan untuk pemulihan ekosistem kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani.

Pengumuman penutupan pendakian gunung Rinjani diterbitkan pada 28 Desember 2018 dan mulai berlaku per tanggal 1 Januari 2019.

Kemudian pada hari Jumat tanggal 14 Juni 2019, BTNGR menyatakan bahwa 4 jalur pendakian gunung Rinjani kembali dibuka untuk umum.

Dengan demikian, penutupan pendakian Rinjani berlangsung selama 5,5 bulan.

Jalur pendakian gunung merbabu dibuka
4 Jalur resmi pendakian gunung Rinjani

Dari banner di atas yang saya ambil dari situs tngr.mnlhk.go.id. Bisa kita lihat bahwa pendaki gunung Rinjani hanya diizinkan mendaki sampai Pelawangan.

Selain itu, registrasi pendakian dilakukan secara online melalui aplikasi atau website.

Baca juga: Petunjuk Cara Registrasi dan Booking Online Tiket Gunung Rinjani

4 Jalur Pendakian Gunung Rinjani yang Resmi

Mengetahui jalur pendakian sebelum mendaki gunung sangat penting. Tujuannya agar memiliki bayangan seperti apa trek yang akan dilewati dan tidak masuk ke jalur ilegal.

Mendaki via jalur ilegal bahayanya double. Selain membahayakan keselamatan diri sendiri, juga melanggar aturan.

Oleh sebab itu, sebelum mendaki gunung Rinjani Anda perlu mengetahui 4 jalur berikut ini.

peta jalur pendakian gunung rinjani
Peta jalur pendakian gunung Rinjani

1. Jalur pendakian gunung Rinjani via Sembalun

Jalur pendakian gunung Rinjani via Sembalun termasuk jalur yang ramai dilalui, terutama oleh penggemar wisata treking.

Rute yang dilalui adalah gerbang Sembalun Lawang – Pelawangan Sembalun – Puncak Gunung Rinjani. Perjalanan melalui jalur Sembalun memakan waktu 9 sampai 10 jam. Bergantung dari kecepatan berjalan pendaki itu sendiri.

Namun sesuai dengan aturan terbaru BTNGR, pendaki hanya diperbolehkan mendaki sampai Pelawangan.

Jalur ini sangat dramatis dan mengesankan. Trail wisata yang dilalui merupakan padang savana dan punggung gunung yang berliku dengan jurang di sebelah kiri dan kanan jalur.

Jalur pendakian via Sembalun ini tidak terlalu curam seperti jalur Senaru. Namun karena didominasi oleh padang savana ditambah terik matahari  yang menyengat membuat perjalanan terasa sangat melelahkan.

Namun lelahnya perjalanan akan tergantikan oleh indahnya pemandangan padang dan hutan yang membentang luas di sepanjang lembah-lembah nan hijau. Mata pendaki juga akan dimanjakan oleh indahnya selat Alas dan Pulau Sumbawa di kejauhan.

  • Mataram – Sembalun (± 4-5 Jam kendaraan umum)
  • Sembalun Lawang – Puncak Gn. Rinjani (± 7 Jam Jalan Kaki)
  • Sembalun Lawang – Danau Segara Anak (± 8-10 Jam Jalan Kaki)

2. Jalur pendakian gunung Rinjani via Senaru

Jalur pendakian gunung Rinjani via Senaru merupakan jalur pendakian paling ramai dibandingkan jalur lainnya. Jalur Senaru sering digunakan para pendaki dan sebagai jalur pendakian masyarakat adat yang akan melakukan ritual di puncak Rinjani atau Danau Segara Anak.

Rute pendakian via jalur Senaru yaitu Senaru – Pelawangan Senaru – Danau Segara Anak. Lama perjalanan memakan waktu 10 sampai 12  jam. Lebih lama jika dibandingkan dengan jalur Sembalun yang hanya memakan waktu 9 – 10 jam.

Namun sesuai dengan aturan terbaru BTNGR, pendaki hanya diperbolehkan mendaki sampai Pelawangan.

Dari Danau Segara Anak bila ingin ke puncak Gunung Rinjani harus menuju ke Pelawangan Sembalun dengan waktu tempuh kurang lebih 4 jam. Dari Pelawangan ke puncak Rinjani membutuhkan waktu 4 – 5  jam.

Trek Senaru melalui trail wisata yang berada dalam hutan primer dan sepanjang jalan trail telah disediakan sarana peristirahatan pada setiap pos.

  • Mataram – Senaru  (± 3-4 Jam kendaraan umum)
  • Senaru – Danau Segara Anak (± 7-10 Jam Jalan Kaki)
  • Danau Segara Anak – Pelawangan Sembalun (± 4 Jam Jalan Kaki)
  • Pelawangan Sembalun – Puncak Rinjani (± 2-3 Jam Jalan Kaki)
Jalur pendakian gunung Rinjani
Dok tnrinjani.net

3. Jalur pendakian gunung Rinjani via Timbanuh

Jalur pendakian gunung Rinjani via Timbanuh merupakan rute terbaru. Jalur Timbanuh juga merupakan jalur terdekat untuk mendaki gunung Rinjani. Waktu tempuh dari Timbanuh ke Pelawangan kurang lebih 7 jam perjalanan normal.

Jalur Timbanuh berada di Desa Timbanuh Kecamatan Pringgasela Kabupaten Lombok Timur.  Dari Airport Praya Lombok Tengah Terminal Bus Sweta maupun pelabuhan Ferry Lembar Lombok Barat.

Mendaki gunung Rinjani melalui jalur Timbanuh akan melewati hutan lebat seperti di jalur Senaru dan menyeberangi sungai yang jernih.

Di jalur Senaru juga pendaki akan melewati padang savana yang penuh dengan bunga edelweiss, terutama ketika menjelang Pelawangan Timbanuh.

Tingkat kesulitan mendaki gunung Rinjani via Timbanuh cukup tinggi dan sangat menantang. Bahkan sampai harus merayap di tebing. Tidak ada jalur untuk menuju ke Puncak Rinjani dari jalur ini.

4. Jalur pendakian gunung Rinjani via Aik Berik

Terakhir, jalur pendakian resmi gunung Rinjani adalah via Aik Berik. Pos pendakian jalur Aik Berik ada di Geopark Rinjani, Lombok Tengah.

Jalur Aik Berik merupakan jalur resmi Gunung Rinjani. Mendaki Rinjani melalui jalur pendakian ini pendaki dapat menikmati obyek wisata seperti air terjun, padang savana, dan keindahan alam lainya.

Cerita pengalaman pendakian gunung Rinjani melalui jalur Aik Berik dapat dibaca di sini.

Sementara mengenai jalur Torean tidak diperuntukkan untuk pendakian konvensional. Jalur Torean hanya diperuntukkan untuk pendakian khusus yang mendapat persetujuan daru Balai Taman Nasional. Kondisi jalur Torean juga terputus karena gempa.

Itulah 4 jalur pendakian gunung Rinjani yang resmi dibuka pada 14 Juni 2019. Anda mau pilih jalur mana?

Salam lestari!

Tentang Penulis: Husni Cahya Gumilar

Gambar Gravatar
CEO ZonaLibur.com. Pria kelahiran Banjarwangi Kabupaten Garut yang hobi jalan-jalan, menulis dan dengerin marawis. Intinya saya bukan selebritis.