Estimasi Biaya Mendaki Gunung Guntur

Estimasi Biaya Mendaki Gunung Guntur – Ada beberapa faktor yang mendukung seorang pendaki melakukan pendakian gunung; di antaranya kondisi fisik, isi pesak dan waktu. Kondisi fisik harus sedang sehat dan fit, jika sedang sakit atau kurang enak badan sebaiknya tidak memaksanakan diri karena mendaki gunung itu berat. Lebih berat dari rindu yang dikatakan Dilan. Bagaimana tidak berat coba? Udah nanjak, bawa carrier, terus mendakinya bareng mantan yang digandeng pacar barunya. Haduuuh, kamu gak akan kuat! wkwkwk

Isi pesak atau isi dompet artinya ketersediaan uang untuk transfortasi, simaksi, parkir kendaraan, logistik dan lain-lain. Tak boleh terlalu nekad berangkat tanpa perbekalan memadai, harus diperhitungkan segala risiko buruk yang mungkin terjadi. Paling tidak untuk ongkos pulang pergi, simaksi dan logistik.

Yang ketiga adalah waktu. Bagi pendaki yang masih freelance yang warna tanggal kalendernya merah semua bisa mendaki kapan saja dia mau. Tapi bagi pelajar, pekerja atau karyawan tidak bisa muncak kapan saja. Kecuali bolos, namun sangat tidak direkomendasikan. Ingat pendaki bukan pemalas, tapi pejuang. Orang-orang yang waktunya terbatas harus menunggu akhir pekan atau hari libur untuk bisa mendaki gunung.

Estimasi biaya mendaki gunung guntur

Nah pada postingan kali ini, saya akan mengulas estimasi biaya mendaki gunung Guntur Kabupaten Garut dengan berangkat menggunakan kendaraan umum. Baca juga Info Lengkap dan Terbaru Jalur Pendakian Gunung Guntur via Citiis.

Biaya Transfortasi

Besarnya biaya yang dibutuhkan untuk tiba di basecamp gunung Guntur bergantung dari mana kamu berangkat. Jika dari Jakarta, kamu bisa naik bus jurusan Garut dengan ongkos sebesar Rp. 52.000 per orang sekali jalan atau Rp. 104.000 PP.

Disarankan untuk berhenti di Tanjung agar tak keluar ongkos lagi untuk bayar angkot. Jarak tempuh dari pintu gerbang masuk TWA Gunung Guntur di Tanjung ke basecamp lumayan jauh. Untuk menghemat energi kamu bisa naik ojek dengan tarif Rp. 15.000 per orang atau Rp. 30.000 PP.

Estimasi biaya transfortasi dari Jakarta-basecamp gunung Guntur Rp. 134.000 PP.

Tiket Masuk TWA Gunung Guntur

Setiba di basecamp, pendaki wajib mengisi formulir pendaftaran dengan membayar tiket masuk Gunung Guntur sebesar Rp. 15.000 per orang. Karena tadi berangkatnya menggunakan kendaraan umum, jadi kamu tak perlu mengeluarkan biaya untuk parkir atau menitipkan kendaraan. Sekadar informasi, tarif parkir motor di Guntur Rp. 10.000 per motor.

Logistik

Biaya untuk perbekalan mendaki gunung Guntur relatif, bergantung pada jenis perbekalan apa yang akan kamu beli. Selain bahan makanan pokok, biasanya kita juga butuh camilan untuk perbekalan naik, di lokasi camp dan turun gunung. Tidak seperti di gunung Cikuray yang susah air, di gunung Guntur air sangat melimpah. Sumber air tersedia di Pos 1, di curug Citiis dan di Pos 3. Namun jika kamu ingin air yang ada manis-manisnya, belilah dari mini market. Hehe

Demikianlah estimasi biaya mendaki gunung Guntur. Dari uraian di atas, jumlah kebutuhan ongkos Jakarta-Garut PP, ojek Tanjung-basecamp PP dan tiket masuk gunung Guntur (Februari 2018) yaitu Rp. 149.000 per orang. Ditambah biaya untuk kebutuhan perbekalan yang bisa kamu atur sendiri. Semoga informasi ini dapat bermanfaat. Selamat mendaki!

Estimasi Biaya Mendaki Gunung Guntur | Husni Cahya Gumilar | 4.5