Desa Wisata Sajuta Batu Purwakarta, “Surga” Para Pecandu Ketinggian

Menjelajahi setiap sudut Desa Wisata Sajuta Batu di Purwakarta adalah pilihan tepat untuk menghabiskan waktu libur akhir pekan atau libur panjang. Khusus para petualang dan pecandu ketinggian yang gemar memacu adrenalin, belum afdol bila Anda belum menjajal tebing alam di Desa Sajuta Batu Purwakarta.

Desa Wisata Sajuta Batu adalah tempat wisata alam di Purwakarta yang menawarkan ragam tempat wisata dan kebudayaan lokal. Mulai dari wisata kuliner, wisata rekreasi, wisata budaya hingga wisata minat khusus tersedia di tempat ini.

Desa Wisata Sajuta Batu berlokasi di Desa Pasanggrahan, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat. Dengan jarak sebagai berikut:

  1. Jarak dari pusat Kecamatan Tegalwaru : 9 km
  2. Jarak dari pusat kota Purwakarta : 26 km
  3. Jarak dari Bandung : 79 km
  4. Jarak dari Jakarta : 120 km

Desa Pasanggrahan terletak di sebelah utara Kecamatan Tegalwaru. Di sebelah barat, desa ini  berbatasan dengan danau Ir. H. Juanda, di sebelah timur dengan Desa Sukamulya Kecamatan Tegalwaru, sebelah selatan dengan Desa Panyindangan Kecamatan Sukatani dan sebelah selatan berbatasan dengan Desa Cisarua Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta.

Desa Wisata Sajuta Batu dihuni oleh penduduk yang mata pencahariannya mayoritas sebagai petani. Lahan sawah dan kebun sangat luas dengan morfologi tanah dataran tinggi (pegunungan).

Tempat ini dinamakan Desa Wisata Sajuta Batu karena banyak terdapat batuan alam, mulai dari ukurang kecil hingga gunung andesit setinggi lebih dari 900 mdpl. Spot ekstrem di Desa Sajuta Batu yang menjadi ‘surga’ bagi para petualang dan pemanjat tebing profesional adalah Gunung Parang.

Beberapa sumber di internet menyebutkan bahwa Gunung Parang diclaim sebagai rock climbing tertinggi ke-2 di Asia dan termasuk urutan 10 besar tebing alam tertinggi di dunia.

Info lengkapnya silakan baca Badega Gunung Parang Rock Climbing Tertinggi ke-2 di Asia

desa wisata sejuta batu
Desa Wisata Sajuta Batu Kabupaten Purwakarta via http://desawisatasajutabatu.blogspot.co.id

Objek wisata yang bisa dijelajahi di Desa Sajuta Batu

Desa Wisata Sajuta Batu menyimpan banyak sekali potensi wisata yang menarik untuk dieksplor. Di antaranya:

1. Rock Climbing Gunung Parang dan Taraje Beusi (tangga besi) atau Via Ferrata (Itali)

2. Gunung Bongkok

3. Gunung Salasih

4. Situs telapak kaki Jonggrang Kalapitung

5. Kampung Batu Buyung

6. Curug Tamiang

7. Goa Bolong

8. Cilangohar

9. Petilasan Raden Surya Kencana

10. Kopi Bambu (kuliner)

11. Sawah Terasering (Saung Serang)

12. Kerajinan Kirai

13. Kerajinan Kolotok

Dan masih banyak lagi destinasi wisata lainnya yang belum digali. Suasana pedesaan yang asri serta penduduk kampung yang ramah dan lugu akan membuat wisatawan betah berada di desa wisata ini.

Objek wisatanya menawarkan panorama pemandangan yang eksotis dan memanjakan mata setiap pengunjung. Anda yang hobi fotografi pun tidak akan kecewa dengan hasil jepretan kamera di Desa Wisata Sejuta Batu Purwakarta.

Foto-foto keindahan Desa Wisata Sajuta Batu bisa Anda lihat di sini.

Peta Desa Wisata Sajuta Batu bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

peta desa wisata sejuta batu
Peta Desa Sajuta Batu via http://desawisatasajutabatu.blogspot.co.id

Rute Perjalanan Menuju Desa Wisata Sajuta Batu

Untuk mencapai lokasi wisata Desa Sajuta Batu, jika berangkat dari Jakarta menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa masuk tol Purbaleunyi keluar di pintu tol Jatiluhur/ Ciganea. Dari situ jalan terus, sampai pertigaan lampu merah ambil arah kanan menuju Plered. Dari Plered lurus sampai di pertigaan Ciakar, kemudian belok kanan mengikuti jalan menuju lokasi Desa Wisata Sajuta Batu.

Moda Transfortasi umum menuju Desa Wisata Sajuta Batu

Jika menggunakan angkutan umum, dari Jakarta bisa naik bus jurusan Purwakarta turun di Ciganea. Dari Ciganea, naik angkot warna hijau jurusan Plered berhenti di depan stasiun Kereta Api Plered. Untuk sampai di lokasi Desa Wisata Sajuta Batu, perjalanan dilanjutkan dengan naik ojek ke Kampung Cileutik Desa Pasanggrahan, Kecamatan Tegalwaru.

Demikianlah ulasan mengenai Desa Wisata Sajuta Batu Purwakarta yang selalu menjadi tujuan wisata favorit anak muda dan para petualang. Semoga informasi ini bermanfaat.

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke Desa Wisata Sajuta Batu Purwakarta dan membutuhkan informasi lebih atau jasa pemandu wisata lokal, silakan kunjungi laman http://desawisatasajutabatu.blogspot.co.id/p/blog-page.html. Di situ tersedia info lengkap dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

Terima kasih.

Tentang Penulis: Husni Cahya Gumilar

Gambar Gravatar
CEO ZonaLibur.com. Pria kelahiran Banjarwangi Kabupaten Garut yang hobi jalan-jalan, menulis dan dengerin marawis. Intinya saya bukan selebritis.