Buffalo Hill (Tegal Munding), Bukit Eksotis di Garut

Buffalo Hill Garut adalah nama lain dari Tegal Munding. Sejatinya tempat eksotis ini bukan destinasi wisata, melainkan kawasan pangangonan (tempat menggembala kerbau). Namun belakangan Bufallo Hill ini ramai dikunjungi wisatawan. Tidak bisa ditampik, bukit yang menghadap ke gunung Cikuray ini menyimpan pesona luar biasa dengan view yang sangat memanjakan mata.

Saya sendiri belum lama mendengar objek wisata bernama Tegal Munding atau Buffalo Hill di Garut. Sebagai warga Garut yang hobi dolan, saya merasa penasaran ingin mengeksplor wisata alam yang lagi ngehits itu. Gayung bersambut, Jum’at (2/2), adik-adik pelajar SMK Insan Mandiri Garut yang sedang PKL di Kecamatan Cisurupan, Suci Nurwulandari, Hilda Hinari dan Lulun Maulana mengajak saya camping ceria ke Buffalo Hill.

Tegal Munding

 

Sabtu (3/2) saya ditemani pelajar SMA Nusa Bangsa, Ajang Jejen berangkat menggunakan sepeda motor. Sekira pukul 13.00 WIB, Suci dan kawan-kawan sudah menunggu di seberang mini market yang teletak tepat di samping jalan masuk ke lokasi Buffalo Hill. Setelah membeli sedikit logistik, kami melaju dengan kecepatan sedang menuju rumah Pak Mamin di Desa Pamulihan. Pak Mamin sendiri bukan guide, porter atau petugas pos pendakian Tegal Munding, beliau adalah pegawai Kantor Kecamatan Cisurupan tempat Suci, Hilda dan Lulun melaksanakan PKL. Waktu berkendara dari pintu masuk ke rumah Pak Mamin sekitar 15 menit. Saya dan Jejen disambut baik, kami dipersilakan masuk dan menunaikan shalat dzuhur di rumahnya.

Sekira pukul 14.00 WIB, kami berjumlah 10 orang; saya, Jejen, Suci, Hilda, Lulun, Pak Mamin, Bu Dewi (istrinya Pak Mamin), Bu Siti (Pegawai Kantor Kec. Cisurupan), Kaka dan Kakang (putra-putrinya Pak Mamin dan Bu Dewi) mulai berjalan menyusuri jalan desa menuju kampung Barukina, sebagai kampung terakhir menuju Buffalo Hill. Beruntung, setengah perjalanan ada colt bak lewat, kami ikut sampai ke kampung Barukina. Setelah mengurus simaksi, Pak Mamin langsung mengajak kami mendaki Buffalo Hill.

Tiket Masuk Buffalo Hill

Dari info yang saya baca di blog tetangga, tiket masuk Buffalo Hill Rp. 8.000 per orang. Namun karena kami hiking bersama Pak Mamin, saya dan teman-teman free. Entah dibayarkan oleh Pak Mamin atau bagaimana, entahlah. Jujur dalam hati waktu itu saya malu dan tak enak hati, seperti memanfaatkan situasi padahal sebetulnya tidak begitu. Mau menanyakan juga takut menyinggung. Ya sudah lah, lupakan saja. Yang jelas, saya sangat berterima kasih pada beliau.

Jalur Pendakian Buffalo Hill

Untuk menuju ke Buffalo Hill, dari terminal Guntur Garut naik angkot Bayongbong. Jika dari arah Cikajang, naik elf atau angkot jurusan terminal Guntur. Dari kedua arah tersebut, berhenti di pasar Simpang Bayongbong. Perjalanan dilanjutkan dengan naik ojek ke kampung Barukina dengan tarif Rp. 25.000 – Rp. 30.000 (silakan nego).

Dari kampung Barukina, trek pendakian Tegal Munding berupa jalan berbatu yang lumayan terjal, licin dan menanjak. Di kiri kanan jalan adalah kawasan perkebunan warga. Tak heran jika sepanjang perjalanan saya sering berpapasan dengan ojek gunung yang mengangkut pupuk dan hasil panen.

Setelah habis jalur berbatu, pengunjung akan disambut trek tanah yang biasa dilewati ojek gunung dan para petani yang pulang pergi ke kebun. Kontur jalur terbuka, nyaris tak ada pepohonan. Sebelum tiba di puncak bukit yang hendak dituju, saya disuguhi pemandangan menawan. Kabut tipis pun mulai menyelimuti.

Estimasi waktu perjalanan dari kampung Barukina ke Buffalo Hill kurang lebih 90 menit. Tergantung kecepatan perjalanan. Kemarin kami tiba di puncak sekira pukul 17.00 WIB.

Foto-foto Keindahan dan Fasilitas Buffalo Hill

Buffalo Hill merupakan kawasan tegalan yang cukup luas. Rumput hijau menghampar sedap dipandang mata, udaranya sejuk, air pun mengalir tak jauh dari lokasi saya mendirikan tenda. Di lokasi juga terdapat kubangan air tempat mandi kerbau-kerbau, saya menyebut kubangan air yang berbentuk kolam ini Ranu Kebo (Ranu Kombolo versi Tegal Munding, hehe). Buat yang kehabisan logistik, di Buffalo Hill juga terdapat sebuah warung kopi dan camilan.

Saat yang tepat menikmati indahnya pemandangan dari Buffalo Hill adalah pagi hari, mulai terbit fajar hingga menjelang siang. Jika cuaca cerah, kamu dapat menyaksikan sunrise di mana awan berwarna merah akibat tersorot sinar mentari yang masih bersembunyi. Gunung Cikuray dengan hamparan awannya terlihat sangat jelas. Suasana yang sangat romantis untuk cemping ceria bersama keluarga.

Tak jauh dari Buffalo Hill, tepatnya di bawah bukit terdapat air terjun. Kata Bu Dewi, air terjun ini bernama Curug Korsi. Kami sempat turun ke curug ini. Air terjunnya lumayan tinggi, airnya jernih dan dingin. Uniknya, bebatuan di belakang dan samping air terjun seperti batu yang disusun rapi. Sungguh maha karya luar biasa dari Sang Maha Pencipta. Kalau kata Lulun, Mantap Jiwa!

Berikut ini foto-foto keindahan Buffalo Hill Garut.

Buffalo Hill Garut Buffalo Hill Garut 1 Buffalo Hill Garut 2 Buffalo Hill Garut 3 Buffalo Hill Garut 4 Buffalo Hill Garut 5 Buffalo Hill Garut 6 Buffalo Hill Garut 7 Buffalo Hill Garut 8 Buffalo Hill Garut 9 Buffalo Hill Garut 10 Buffalo Hill Garut 11 Buffalo Hill Garut 12 Buffalo Hill Garut 13 Buffalo Hill Garut 15 Buffalo Hill Garut 16 Buffalo Hill Garut 17 Buffalo Hill Garut 14

Itulah Buffalo Hill atau Tegal Munding, bukit dengan pemandangan berkelas di Kabupaten Garut. Penasaran? Silakan rencanakan perjalanan kamu untuk memanjakan diri di wisata alam paling instagramable ini. Namun ingat, jangan meninggalkan sampah ya, kalau mau membuat api unggun buatlah di tempat yang sudah ada bekasnya. Tak perlu buat tempat api unggun baru, agar keindahan Buffalo Hill tetap lestari.

Buffalo Hill (Tegal Munding), Bukit Eksotis di Garut | Husni Cahya Gumilar | 4.5