Wisata Alam Pangjugjugan, Objek Wisata yang Lengkap di Kuningan

By Categories : Wisata Alam

Sumedang merupakan daerah yang mempunyai banyak objek wisata. Ada satu wisata alam dengan latar pegunungan yang hijau sehingga pemandangannya begitu indah. Tempat wisata ini terletak di Desa Cilembu, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Ternyata Desa Cilembu yang terkenal sebagai daerah penghasil ubi madu dan penghasil susu sapi juga memiliki wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi. Objek wisata tersebut adalah Wisata Alam Pangjugjugan.

Wisata Alam Pangjugjugan adalah tempat bagi pengunjungnya untuk bisa bercengkrama dengan alam. Pengunjung bisa menyaksikan nuansa alam dengan hijaunya pepohonan, desau cemara, kicauan burung, gemulai ikan dan gemericik air. Bila sedang beruntung, pengunjung bisa melihat elang yang terbang dengan gagahnya di udara. Di lokasi ini pengunjung bisa belajar tentang alam dan ilmu kehidupan.

wisata alam pangjugjugan sumedang

Wisata alam Pangjugjugan Sumedang via www.wisatapangjugjugan.com

Objek wisata ini memiliki luas areal sekitar 20 Ha, namun areal yang digunakan untuk aktifitas wisata hanya sekitar 5 Ha. Permainan yang ada cukup lengkap. Dengan membayar  tiket masuk sebesar Rp. 5.000/orang di hari biasa dan Rp. 7.000/orang di hari sabtu, minggu dan hari libur, pengunjung bisa mendapatkan  fasilitas seperti playground, area bermain anak seperti deplang, sosorodotan, ayunan, jajangkungan, becak mini, tunggang kuda dan paparahuan. Juga terdapat terapi ikan, batu refleksi, curug, lapangan futsal, dan lesehan.

Jika pengunjung akan mecoba permainan flying fox dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 10.000/orang untuk anak-anak dan Rp. 15.000/orang untuk orang dewasa. Kolam renang yang tidak begitu besar juga dapat ditemukan di Wisata Alam Pangjugjugan ini. Untuk masuk ke kolam renang diharuskan membayar tiket masuk kola renang Rp. 5.000/orang. Di sebelah kolam renang, dapat dijumpai pula bermacam-macam permainan anak seperti jungkt-jungkit, ayunan dan mainan tradisional egrang.

Selain wisata alam, Di objek Wisata Alam Pangjugjugan juga terdapat ekowisata. Di sana ada peternakan unggas, kelinci, kambing, sapi perah dan sapi potong, domba, serta lele. Ada juga sekolah alam, outbond, dan bahkan pemancingan juga ada. Objek wisata ini juga ditanami berbagai macam sayuran dan buah-buahan seperti stobery. Apabila sedang musim panen, pengunjung bisa langsung memetik sendiri sayuran dan buah-buahan yang ada. Untuk ekowisata tidak dikenakan biaya tambahan.

Terdapat fasilitas pendukung lainnya seperti mushola, MCK, dan tempat bersih-bersih. Jika pengunjung berniat untuk bermalam di Wisata Alam Pangjugjugan. Obek wisata ini juga menyediakan tempat penginapan yang nyaman. Ada banyak sekali rumah-rumah bernuansa tradisional dan antik, dengan dinding terbuat dari bilik-bilik dengan berbentuk rumah panggung. Patung-patung yang terbuat dari kayu menghiasi beranda depan bangunan. Dengan pemandangan/view yang tertuju ke jalan desa, sebuah situ, kolam ikan serta hamparan sawah dan kebun. Harga penginapan bervariasi mulai dari Rp. 100.000/hari sampai Rp. 1.000.000/hari. Tempat wisata ini juga menyediakan rumah makan dengan masakan yang diracik oleh penduduk desa setempat.

Baca juga: Curug Cinulang, Air Terjun Berbalut Mitos Romantis

Ayo buruan berkunjung ke objek Wisata Alam Pangjugjugan! Harga murah dengan wana wisata yang lengkap, hampir segala ada, tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi Anda. Selamat berlibur!

Wisata Alam Pangjugjugan, Objek Wisata yang Lengkap di Kuningan | Elsan Nasrillah | 4.5