VPS Murah
Klik di sini!Info River Boarding dan Water Tubing Banjarwangi

Wisata Alam Jembangan, Destinasi Wisata Baru Kebumen

Zonalibur.com, Kebumen memang memiliki banyak potensi objek wisata. Hal itu terbukti dengan adanya pengembangan obyek wisata baru yang sangat potensial. Obyek wisata ini bernama Wisata Alam Jembangan yang berlokasi di desa Jembangan, kecamatan Poncowarno, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah.

Baca juga: 21 Tempat wisata di Kebumen yang bagus selain pantai

Objek Wisata Alam Jembangan ini kaya akan panorama yang indah. Bagi pengunjung yang ingin mencoba berbagai keindahan lain di obyek wisata ini dapat menggunakan perahu yang selalu siap mengantar pengunjung. Mengarungi sungai Pejengkolan yang hijau dan kondisi air yang melimpah ini ternyata dapat mendatangkan kedamaian yang luar biasa. Kepenatan dan kejenuhan kita karena beban tugas rutin serasa hilang terlupakan sesaat. Udara segar dari alam pegunungan membuat pengunjung dapat berlama-lama di lokasi wisata sambil menikmati berbagai jajanan yang ada disekitar lokasi wisata.

Wisata Alam Jembangan Kebumen
Wisata Alam Jembangan Kebumen via tripadvisor.com

Daya tarik yang dimiliki oleh Wisata Alam Jembangan sebagai objek wisata adalah air yang dibendung oleh Bendungan Pejengkolan yang mampu menahan air dalam jumlah besar hingga menimbulkan genangan seperti danau. Ditambah lagi dengan pemandangan perbukitan yang tentunya menjadikan tempat ini semakin asri. Di tempat ini juga terdapat Jembangan Fantasy Zoo yaitu sebuah kebun binatang yang memiliki berbagai macam koleksi satwa.

Selain itu, pengunjung juga bisa melihat dua jembatan yang ada, yaitu jembatan Gantung dan jembatan waduk Pejengkolan. Jembatan Gantung terletak di sebelah kiri pintu masuk, sedangkan Jembatan Waduk Pejengkolan terletak di sisi kanan pintu masuk Jembangan. Apabila pengunjung ingin menikmati kedua objek jembatan ini, maka untuk menuju lokasinya langsung bisa menggunakan perahu mesin. Jembatan Gantung di Jembangan adalah jembatan semi permanen dengan bangunan beton besi di kedua ujungnya dan jembatan ini terbuat dari papan kayu yang digantung. Sedangkan Jembatan Pejengkolan adalah jembatan permanen dari beton dan sudah beraspal dengan panjang kurang lebih 500 meter.

Terdapat fasilitas yang  merupakan dukungan dari pemerintah daerah kabupaten Kebumen yakni berupa dua pendopo yang telah kokoh berdiri. Beberapa fasilitas pendukung lain seperti gazebo di tepian sungai Pejengkolan yang dapat menambah kenyamanan para pengunjung untuk menikmati indahnya lokasi wisata ini. Fasilitas-fasilitas lain berupa berbagai sarana permainan air pun telah ada seperti perahu bebek, perahu naga, taman bermain anak, dan ATV. Penambahan pohon peneduh dan penghijauan pun terus dilakukan. Hal tersebut guna memberi kenyamanan kepada para pengunjung obyek Wisata Alam Jembangan ini.

Jika anda berminat mengujungi objek wisata alam ini ada dua jalur yang dapat digunakan untuk menuju ke sana. Alternatif pertama dapat dilakukan dengan mengambil jalur Kutowinangun ke arah utara, sedang alternatif kedua yaitu melalui Prembun, jalan Wadaslintang.

Tiket masuknya pun sangat terjangkau bagi semua kalangan yakni hanya Rp. 5.000/orang. Namun untuk dapat menikmati fasilitas atau objek wisata yang lainnya, seperti kebun binatang, wahana mainan, naik perahu dan sebagainya akan dikenakan biaya lagi sesuai dengan tarif masing-masing wahana tersebut.

Baca juga: Adventure Outbond di Jemur Adventure Park Kebumen

Sekian ulasan tentang Objek Wisata Alam Jembangan. Selamat berwisata alam!