VPS Murah
Klik di sini!Info River Boarding dan Water Tubing Banjarwangi

Waduk Sempor, Kesejukan di Tengah Kebumen yang Berudara Panas

Waduk Sempor merupakan bendungan aliran air sungai Cincingguling yang mengalir dari kaki pegunungan serayu selatan dan bermuara di samudera Indonesia. Waduk Sempor ini menjadi salah satu obyek wisata yang terdapat di Desa Sempor, kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah.

Waduk yang diresmikan Presiden Soeharto pada tahun 1978 ini sebetulnya memiliki sejarah panjang dan mulai dibangun sejak 1968. Bahkan, awal pembangunan menelan korban jiwa ratusan warga Sempor akibat waduk itu jebol. Untuk mengenang warga yang menjadi korban jebolnya Waduk Sempor, di komplek obyek wisata Waduk Sempor ini dibuat sebuah Monumen. Monumen Sempor diresmikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Tenaga Listrik saat itu Prof. Dr. Ir. Sutami pada Maret 1978.

Waduk Sempor Kebumen
Waduk Sempor Kebumen via wisatakebumen.wordpress.com

Waduk Sempor mempunyai multi fungsi selain wisata, manfaat Waduk ini juga merupakan sumber untuk penyediaan air baku PDAM, karamba ikan, irigasi persawahan, pembangkit listrik tenaga air (PLTA), transportasi dan sumber penghasilan bagi warga sekitar dengan pancing, jala, jaring hingga para pemilik perahu transportasi.

Keberadaan Waduk Sempor di Kebumen memberikan udara sejuk dan juga asri khas pegunungan yang tidak lazim untuk daerah Kebumen. Apalagi dilihat dari faktor geografis Kebumen adalah sebuah kabupaten yang berlokasi dekat dengan pantai selatan yang umumnya bersuhu tinggi.

Pemandangan air melimpah yang dibingkai dengan hijaunya pepohonan dan birunya cakrawala mampu memanjakan mata. Waduk ini terletak di daerah perbukitan dan juga dikelilingi dengan ribuan pohon pinus. Selain lukisan alam perbukitan yang eksotis, waduk ini juga menghadirkan romantisme untuk dinikmati bersama pasangan atau teman-teman. Datanglah, sebelum matahari terbit! Anda bisa menikmati indahnya sunrise ditemani kicauan burung-burung.

Baca juga: Waduk Jatiluhur, Tempat Wisata Favorit di Purwakarta Jawa Barat

Gemericik aliran air yang berliku saat melewati bebatuan di sungai-sungai sekitar waduk ini juga terasa sangat tenang. Jika dirasa kurang, Anda bisa turun ke sungai untuk lebih menikmatinya. Daerah ini juga dilengkapi dengan fasilitas bersepeda, joging, maupun sekadar menghangatkan diri dengan berjalan menikmati fajar.

Tak perlu khawatir lelah karena berolahraga di kawasan ini. Setelah semua aktivitas relaksasi ini selesai, nasi putih atau kepok (makanan sejenis nasi yang terbuat dari beras ketan), bersama mendoan dan teh manis hangat siap menyegarkan kembali tubuh Anda dari rasa lelah yang melanda.

Selain daya tarik alamnya yang begitu besar, obyek wisata ini juga dilengkapi dengan berbagai sarana pendukung, antara lain wisma-wisma penginapan yang bisa disewa secara perorangan maupun rombongan. Selain sebagai obyek berwisata, tempat ini juga cocok dijadikan tempat untuk seminar, rapat keja dan kegiatan lainnya, karena selain tempatnya tenang, juga memiliki sarana yang memadai untuk kegiatan tersebut.

Hanya dengan membayar Rp. 4.500/orang di pintu masuk wilayah waduk, Anda sudah dapat menikmati segala pesona yang ditawarkan Waduk Sempor. Isi waktu libur Anda dengan pesona alam nan cantik ala Waduk Sempor! Selamat berlibur!