VPS Murah
Klik di sini!Info River Boarding dan Water Tubing Banjarwangi

Waduk Jatiluhur, Tempat Wisata Favorit di Purwakarta Jawa Barat

Waduk Jatiluhur terletak di Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat, dikelola oleh Perum Jasa Tirta II. Waduk Jatiluhur ini merupakan salah satu tempat wisata populer di Purwakarta yang menyuguhkan pemandangan eksotis dan menyediakan fasilitas lengkap untuk para wisatawan.

Sebagai pengelola Waduk Jatiluhur, Perum Jasa Tirta II telah melengkapi obyek wisata di Purwakarta yang satu ini dengan berbagai fasilitas penunjang seperti kolam renang, restoran, hotel, meeting room dan fasilitas-fasilitas penunjang lainnya. Sehingga wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata Waduk Jatiluhur tidak hanya bisa menikmati keindahan panoramanya, tetapi akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang memadai.

Waduk Jatiluhur merupakan waduk buatan yang dibangun mulai tahun 1957. Di atas bendungan terdapat sebuah bangunan berbentuk silinder bernama morning glory. Morning glory ini berfungsi sebagai tempat melimpasnya air menuju turbin di dalam bendungan yang mengubah arus deras menjadi energi listrik.

Untuk menuju turbin tersebut, kita akan melalui lorong. Dan di depan lorong itu terdapat Patung Ir. H. Djuanda, sebagai tokoh yang sangat berjasa dalam pembangunan Waduk Jatiluhur Purwakarta ini. Berwisata ke Waduk Jatiluhur ini selain rekreasi, kita juga bisa mengenal sejarah yang sangat penting dan bermanfaat.

Landscape Waduk Jatiluhur ini sangat menakjubkan. View yang ditawarkan Waduk Jatiluhur di antaranya gunung-gunung yang menjulang tinggi, aktifitas nelayan dan perairan danau yang luas. Perahu-perahu nelayan yang lalu lalang di atas danau menambah eloknya pemandangan obyek wisata favorit keluarga di Jawa Barat ini.

Pepohonan rindang terdapat di pinggir danau, ini bisa Anda manfaatkan untuk tempat berteduh, leha-leha sembari menikmati quality time bersama keluarga tercinta.

waduk jatiluhur

Jika Anda punya banyak waktu, Anda bisa berada di Waduk Jatiluhur sampai sore atau menginap di tempat penginapan yang berada tak jauh dari Waduk Jatiluhur. Pemandangan sore hari saat matahari tenggelam akan sangat memanjakan mata dan sayang jika dilewatkan begitu saja. Air danau yang jernih berkilau sangat indah ketika pancaran cahaya jingga menyinari dari balik bukit-bukit batu. Panorama sunset di Waduk Jatiluhur ini akan membuat siapapun yang menyaksikannya berdecak kagum dengan keindahan alam ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa.

Nikmat Tuhan mana lagi yang akan kita dustakan?

Selain menyaksikan pesona alam yang menakjubkan, di Waduk Jatiluhur kita juga bisa melakukan aktifitas menyenangkan seperti berlayar mengarungi danau menggunakan perahu nelayan. Jika tertarik, Anda bisa mengunjungi sebuah pulau unik yang hanya ditinggali oleh sepasang kakek dan nenek di sana.

Ada juga kolam renang dengan wahana permainan yang cukup lengkap. Atau bila Anda suka dengan olahraga ekstrim, Anda bisa mencoba ski air untuk memacu adrenalin. Setelah puas melakukan kegiatan wisata di Waduk Jatiluhur, kini saatnya Anda memanjakan perut. Untuk urusan kuliner, di lokasi wisata Waduk Jatuluhur Anda bisa menikmati sajian ikan bakar yang sangat lezat.

Membakar ikan dan menyantapnya rame-rame sambil menyaksikan keindahan Waduk Jatiluhur tentunya akan menambah selera makan Anda bertambah.

Jika Anda belum punya pilihan tempat wisata untuk liburan minggu ini, Waduk Jatiluhur Purwakarta layak masuk daftar tujuan favorit. Semoga liburan Anda menyenangkan.

Baca juga: Sate Maranggi Purwakarta