Transportasi Menuju Genting Higlands

Genting diakui sebagai stasiun bukit pertama di Malaysia, yaitu stasiun bukit dingin Cameron Highlands. Dataran tinggi Genting atau Genting Highlands merupakan pegunungan granit, di sini banyak puncak dengan ketinggian di atas 6.000 kaki.

Transportasi menuju Genting Highlands dari KL Central adalah bus laluan Genting. Tiket bus Genting bisa dibeli di counter di luar lantai dasar KL Central.

Transportasi menuju Genting Highlands (2)
Bus KL Central ke Genting Higlands berwarna merah marun

Harga tiket bus jurusan Genting yaitu RM 4,3 sekali jalan atau RM 8,6 pulang pergi. Supaya tak ribet beli tiket pulang dari Genting ke KL Central, sebaiknya beli tiket bus Genting pulang pergi. Waktu tempuh dari KL Central ke Genting kurang lebih 1 jam.

Kalau ke Genting kamu ingin naik kereta gantung dari stasiun ke puncak bukit, sekalian saja beli tiket Awana Skyway seharga RM 16 (pulang pergi). Jadi total tiket bus + tiket kereta gantung RM 24,6 per orang.

Berbeda dengan bus perantara dari KL Central ke KTM Centul – Batu Caves, bus ke Genting keberangkatan dan kepulangannya dijadwal.

Jadwal bus Genting bisa kamu lihat pada gambar di bawah ini.

Jadwal Bus ke Genting Highlands

Saat ke Genting, saya membeli tiket sekitar pukul 3 sore dan kebagian jadwal berangkat jam 5 sore dengan jadwal pulang dari Genting ke KL Central jam 9.30 malam. Sampai di KL Central jam 10.30, sedikit kesempatan untuk jalan-jalan malam di Kuala Lumpur.

Tips wisata ke Genting Higlands:

Usahakan berangkat ke Genting Highland masih pagi atau siang agar dapat menyaksikan keindahan alam di sana dari atas kereta gantung. Kalau di hari yang sama kamu bermaksud mengunjungi Batu Caves, pulang dari Batu Caves jangan terlalu sore. Bagusnya jam 12 siang sudah ada di KL Central, sebelum makan siang beli dulu tiket agar bisa nunggu jadwal bus genting.

Kalau jadwal bus masih lama, misalnya kamu harus menunggu 2 jam lagi. Kamu dapat menghilangkan kejenuhan menunggu dengan mengunjungi Litle India naik KL Monorel berhenti di Stesen Tun Hambanthan, yaitu stesen paling dekat dengan KL Central. Waktu tempuhnya hanya beberapa menit saja.

Jangan lupa jadwal pulang dari Genting. Bisa kamu lihat di tiket (tiketnya jangan sampai hilang). Lama perjalanan di kereta Gantung kurang lebih 15 menit sekali jalan, ditambah antrian dan sebagainya total kurang lebih 25 menit. Jadi sebaiknya 60 menit sebelum jadwal bus pulang dari Genting ke KL Central, kamu sudah turun ke stasiun.

Kalau tiba di KL Central masih siang, kamu bisa mengunjungi tempat wisata lain yang dekat di Kuala Lumpur. Silakan baca 15 tempat wisata di Kuala Lumpur untuk referensi destinasi yang populer dan menarik.

Demikian, semoga info ini bermanfaat.

Tentang Penulis: Husni Cahya Gumilar

Gambar Gravatar
CEO ZonaLibur.com. Pria kelahiran Banjarwangi Kabupaten Garut yang hobi jalan-jalan, menulis dan dengerin marawis. Intinya saya bukan selebritis.