Transportasi Menuju Batu Caves dari KL Central

Batu Caves terletak di sebelah utara Kuala Lumpur dengan jarak sekitar 11 kilometer. Cara ke Batu Caves dari KL Central cukup mudah, tidak perlu naik Taksi atau jalan kaki karena dari KL Central tersedia alat transportasi umum berupa shutle bus dan KTM. Tarif transportasi ini jauh lebih murah dari Taksi dan pastinya lebih cepat dari jalan kaki. he

Dari KL Central ke Batu Caves ditempuh dengan naik bus perantara atau shutle bus sampai ke stasiun KTM Sentul. Kemudian dilanjutkan dengan naik KTM dari Sentul ke Batu Caves.

bus perantara ke batu caves
Petunjuk menuju bus perantara ke Batu Caves dari KL Central

Terminal bus perantara ke KTM Sentul berada di luar lantai dasar KL Central. Setelah turun dari tangga, jalan kaki ke sebelah kiri atau cari petunjuk arah menuju bus perantara KL Central – KTM Sentul (Batu Caves) seperti foto di atas.

Di situ sudah ada bus yang siap mengantar kamu ke KTM Sentul. Ngetemnya tidak lama karena pengunjung Batu Caves sangat banyak sehingga bus akan cepat penuh. Tarif bus perantara ini gratis, lumayan bisa menghemat biaya.

Turun dari shutle bus di KTM Sentul, naik tangga menuju counter tiket KTM sekaligus menunggu KTM rute Batu Caves.

KTM dari Sentul ke Batu Caves hanya beberapa menit. KTM ini berhenti di depan Batu Caves. Turun dari KTM, kamu naik tangga untuk menempelkan kartu tiket KTM di tap pintu keluar, kemudian turun lagi lewat tangga ke arah masuk area Batu Caves.

Berjalan beberapa puluh meter melewati pedagang dan halaman yang cukup luas sampai ke mulut gua batu kapur yang dikenal dengan nama Cathedral Cave.

Patung Batu Caves
Ini adalah patung yang berlokasi di depan tangga masuk ke mulut gua yang menjadi ikon wisata Batu Caves.

Di depan gua, terdapat patung besar berwarna keemasan. Di sekitar situ banyak warung makanan dan minuman serta kelapa muda. Selain itu kamu akan menemukan monyet-monyet dan ratusan burung merpati yang jinak beterbangan di halaman.

Untuk memasuki gua batu kapur, kamu harus menaiki 272 anak tangga. Lumayan bikin lutut pegal. Baca: Tiket Masuk Batu Caves Kuala Lumpur.

Transportasi dari Batu Caves ke KL Central menggunakan alat transportasi yang tadi, yaitu KTM dari Batu Caves ke Sentul dilanjutkan dengan bus perantara dari Sentul ke KL Central. Tiket KTM Sentul – Batu Caves hanya RM 5 pulang pergi.

Dari KLIA2, KLIA, Bukit Bintang dan landmark lainnya di Kuala Lumpur ke KL Central bisa naik taksi, bus, monorel, MRT, LRT atau KTM. Tergantung jenis transportasi yang tersedia.

Tentang Penulis: Husni Cahya Gumilar

Gambar Gravatar
CEO ZonaLibur.com. Pria kelahiran Banjarwangi Kabupaten Garut yang hobi jalan-jalan, menulis dan dengerin marawis. Intinya saya bukan selebritis.