VPS Murah
Klik di sini!Info River Boarding dan Water Tubing Banjarwangi

Tirai Air yang Mengagumkan di Air Terjun Sudimoro

Kabupaten Kebumen tidak hanya kaya dengan pantai saja, tetapi juga banyak memiliki air terjun atau curug yang indah. Salah satunya adalah Air Terjun Sudimoro. Air Terjun Sudimoro terletak di Dusun Kalikumbang, Desa Donorojo, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah.

Air Terjun Sudimoro merupakan air terjun yang memiliki ketinggian lebih dari 35 meter. Air terjun tersebut terdiri atas tiga air terjun yang tersusun secara berundak. Air terjun Sudimoro ini memiliki formasi melebar sehingga air yang jatuh akan membentuk tirai air yang begitu mengagumkan. Hal itu menjadi keunikan yang berbeda dengan air terjun pada umumnya.

Air terjun ini juga memiliki debit air yang deras dan stabil terlebih jika musim penghujan tiba. Hal tersebut dikarenakan Air Terjun Sudimoro terdapat di aliran Kali Putih yang berhulu di wilayah perbukitan pererbatan Kabupaten Kebumen dengan Banjarnegara.

Air Terjun Sudimoro Kebumen
Curug Sudimoro Kebumen via destinasiwisatakebumen.blogspot.com

Pesona air terjun tersebut tersimpan di balik rimbunnya hutan pinus di RPH Somagede, BKPH Karanganyar, KPH Kedu Selatan, dan Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah. Rimbunnya hutan itu terjaga dengan kearifan lokal warga setempat yang tergabung dalam LMDH Reksawana Desa Donorojo. Kicauan burung di atas pepohonan menjadi pertanda masih seimbang habitat alam di sekitarnya.

Air Terjun Sudimoro juga dikelilingi oleh bukit-bukit seperti Bukit Sigentong (409 mdpl), Bukit Glagah (437 mdpl), Bukit Cikini (324 mdpl) dan Bukit Sigandil (375 mdpl) sehingga pemandangan sekitarnya yang hijau sangat memanjakan mata.

Untuk menjangkau air terjun ini perjalanan bisa di mulai dari Kota Gombong. Rute yang digunakan untuk menuju ke lokasi menggunakan rute Gombong – Bonosari – Kenteng – Donorojo. Sementara kendaraan yang digunakan bisa menggunakan angkutan desa dan ojek. Namun disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi terutama kendaraan roda dua karena jalan yang rusak. Setelah sampai di tempat parkir wisatawan akan turun melewati beberapa puluh anak tangga menuju air terjun yang berada di sungai. Selama perjalanan akan disuguhi hutan pinus yang rapat.

Kondisi jalan menuju Air Terjun Sudimoro sudah baik meski seperempat panjang jalan sesaat menuju lokasi air terjun banyak yang rusak dan kondisinya buruk. Jalannya Naik turun dan berlubang, namun bagi pengunjung yang suka tantangan hal tersebut akan menjadi sensasi tersendiri yang bikin nagih.

Sesampainya di lokasi Air Terjun Sudimoro, cobalah untuk mandi dan rasakan kesegaran air terjun tersebut. Biasanya di sana akan ramai pengunjung khusus pada hari minggu atau hari libur saja. Untuk hari biasa kurang begitu ramai bahkan bisa dibilang juga masih sepi pengunjung. Jadi bagi pengunjung yang ingin merefresh pikiran hatinya dengan menyepi bisa berkunjung ke Air Terjun Sudimoro pada hari biasa.

Baca juga: Air Terjun Sawangan, Curug Tertinggi di Kebumen

Sebagai obyek wisata, Air Terjun Sudimoro sudah dilengkapi sejumlah fasilitas di antaranya adalah MCK, Mushola, Tempat Parkir, dan Warung Makan. Tiket masuknya hanya Rp 5.000/orang untuk dewasa dan Rp 3.000/orang untuk anak-anak. Dan biaya parkirnya sebesar Rp 3.000.

Demikian ulasan mengenai Air Terjun Sudimoro. Selamat berlibur!