Tiket Masuk Batu Caves Kuala Lumpur

Berapa tiket masuk Batu Caves Kuala Lumpur? Info ini mungkin akan berguna buat kamu yang sedang merencanakan budget untuk traveling ke Kuala Lumpur.

Tiket masuk Batu Caves adalah gratis. Benar-benar gratis! Tidak dipungut tiket masuk 1 sen pun. Batu Caves buka mulai pukul 06.00 Р21.00 waktu Kuala Lumpur. Saat berada di Kuala Lumpur, tempat wisata ini menjadi destinasi yang wajib dikunjungi.

Sesuai namanya, Batu Caves adalah gua batu. Gua ini merupakan tempat wisata yang sering dikunjungi turis di Kuala Lumpur. Di tempat ini terdapat 3 gua besar dan sejumlah gua kecil, gua batu kapur terbesar di Batu Caves dinamakan Catherdral Caves.

Penampakan interior Batu Caves
Interior Batu Caves, tampak sedang ada pembangunan.

Selain itu, terdapat pula kuil berusia ratusan tahun yang merupakan landmark penting bagi umat Hindu, patung-patung dan berhala baik di luar mau pun di dalam gua. Dua patung terbesar salah satunya ada di bagian depan dekat pintu masuk, sedangkan yang satunya lagi ada di dekat tangga dekat mulut gua Cathedral Cave.

Tiket masuk batu caves
Foto ini merupakan foto patung raksasa yang ada di bagian depan area Batu Caves, dekat pintu masuk.
Patung Batu Caves
Ini adalah patung yang berlokasi di depan 272 anak tangga masuk ke mulut gua yang menjadi ikon wisata Batu Caves.

Di Batu Caves biasanya diadakan festival tahunan Thaipusam yang dilaksanakan pada akhir Januari. Prosesi dimulai pada malam hari. Festival Thaipusam menarik perhatian umat Hindu dari seluruh dunia. Kunjungan saat festival sangat membludak, bisa lebih dari satu juta orang.

Cara ke Batu Caves dari bandara KLIA2, Bukit Bintang, Jalan Pudu atau lokasi lain di Kuala Lumpur adalah ke KL Central terlebih dahulu. Ke KL Central bisa menggunakan bus Go KL, MRT, LRT, Monorel KL atau Taksi.

Dari KL Central kamu naik shutle bus (bus gratis) sampai ke Sentul. Dari Sentul naik KTM sampai ke lokasi Batu Caves dengan tiket 5 ringgit Malaysia pulang pergi. Shutle bus ada di lantai dasar, di situ ada petunjuk bertuliskan “Shutle Bus”, ikuti saja petunjuk arahnya.

Baca juga: Transportasi ke Batu Caves dari KL Central

Tiket Batu Caves memang gratis, dari KL Central hanya butuh biaya 5 ringgit saja untuk tiket KTM pulang pergi.

Tentang Penulis: Husni Cahya Gumilar

Gambar Gravatar
CEO ZonaLibur.com. Pria kelahiran Banjarwangi Kabupaten Garut yang hobi jalan-jalan, menulis dan dengerin marawis. Intinya saya bukan selebritis.