Terjalnya Jalur Pendakian Gunung Lembu Purwakarta

Setelah Gunung Parang yang sudah dikenal oleh atlet panjat tebing di seantero jagat raya, di Purwakarta terdapat gunung Lembu yang memiliki ketinggian kurang dari 1.000 mdpl, namun pesona panorama alamnya sangat indah.

Baca juga: Badega Gunung Parang Purwakarta, Rock Climbing Tertinggi ke-2 di Asia

Gunung Lembu terletak di Kp. Panunggal RT. 006 RW.  003 Desa Panyindangan Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Mendaki gunung Lembu adalah pilihan yang menyenangkan di akhir pekan atau hari libur panjang.

Meskipun tidak begitu tinggi, namun jalur pendakian gunung Lembu cukup menantang. Pemandangan dari atas puncaknya juga sangat mempesona. Puncak gunung Lembu menawarkan view Waduk Jatiluhur, Gunung Parang dan Gunung Bongkok yang berdampingan.

Baca juga: Wisata Gunung Bongkok, Tempat Wisata Alam nan Elok di Purwakarta

Jalur Pendakian Gunung Lembu Purwakarta

wisata gunung lembu purwakarta

Wisata Gunung Lembu Purwakarta via liputan6.com

Pendakian menuju Puncak Gunung Lembu memakan waktu sekitar 2 – 4 jam perjalanana, tergantung kondisi fisik masing-masing dan trek yang dilalui saat mendaki.

Jalur pendakian Gunung Lembu cukup menantang, kontur treknya didominasi tanah merah. Pemandangan yang tersaji di awal pendakian adalah deretan pohon bambu. Namun begitu masuk jalur pendakian Gunung Lembu, Anda akan disambut oleh medan terjal dan menguras tenaga. Apalagi jika mendaki di musim hujan, treknya licin dan membutuhkan stamina fisik lebih prima.

jalur pendakian gunung lembu purwakarta

Trek awal jalur pendakian Gunung Lembu purwakarta via setapakkecil.com

Sektar 25 menit perjalanan dari hutan bambu, pendaki akan menemukan tanah lapang cukup luas dengn gazebo dekat pohon jengkol. Konon di tempat ini warga setempat suka menggembalakan sapi, sehingga dipercaya menjadi latar belakang penamaan Gunung Lembu.

Setelah lapangan, tanjakan semakin terjal dengan tingkat kemiringan lebih curam dari tanjakan sebelumnya. Selain fisik, mendaki gunung Lembu juga dibutuhkan mental baja agar tidak mudah menyerah menghadapi medan daki yang bisa bikin prustrasi.

Setelah melewati tanjakan kedua, Anda akan kembali menemukan jalur datar. Inilah yang disebut puncak pertama Gunung Lembu. Di tempat ini terdapat makam keramat Mbah Jongrang Kalipitung.

Trek selanjutnya akan melewati jalan setapak yang menantang dan menyita fokus perhatian karena di sisi kanan dan kirinya terdapat jurang. Namun Anda tak usah khawatir karena di sini sudah banyak papan peringatan, bambu pengaman dan tanda di setiap pos sehingga meskipun melalahkan tetapi Anda bisa mendaki Gunung Lembu dengan aman dan menyenangkan.

view waduk jatiluhur dari gunung lembu

View Waduk Jatiluhur dari punggungan kedua via setapakkecil.com

Tidak lama kemudian, pendaki akan tiba di puncak kedua Gunung Lembu yang ditandai dengan makam keramat Mbah Raden Suryakencana. Selepas puncak kedua, pendaki akan menemukan areal datar yang biasa digunakan para pendaki untuk berkemah.

Tidak jauh dari situ, Anda akan sampai di puncak 3 atau puncak tertingi Gunung Lembu. Pemandangan yang disuguhkan dari puncak Gunung Lembu sangat mempesona. Anda dapat menatap indahnya view Waduk Jatiluhur, Gunung Parang dan Gunung Bongkok yang mempesona, pendaki juga bisa menikmati momen elok matahari terbit di puncak Gunung Lembu.

Baca juga: Waduk Jatiluhur, Tempat Wisata Favorit di Purwakarta

keindahan gunung lembu purwakarta

View Waduk Jatiluhur dari Gunung Lembu via portalindonesianews.com

Untuk dapat menyaksikan pemandangan spektakuler, dari puncak Lembu Anda harus turun sekitar 10 menit menuju tebing yang dinamakan batu Lembu. Tebing ini menjorok keluar dan bentuknya menyerupai punuk lembu. Menyaksikan keindahan Waduk Jatiluhur dari tebing akan memberikan sensasi petualangan tersendiri yang tak mudah dilupakan.

jalur pendakian gunung lembu

Suasana malam di Batu Lembu via setapakkecil.com

Dibanding Gunung Parang dan Gunung Bongkok, Gunung Lembu lah yang memiliki jalur pendakian paling mudah dan bisa didaki tanpa perlu keahlian khusus, sehingga bisa dibilang trek Gunung Lembu sangat cocok untuk pendaki pemula.

Meskipun begitu, sebelum mendaki Gunung Lembu kita harus melakukan persiapan fisik serta membawa air dan perbekalan yang cukup.

Transfortasi Menuju Gunung Lembu Purwakarta

Untuk mencapai Gunung Lembu, dari Jakarta bisa naik kereta api dari stasiun Jakarta Kota menuju stasiun Purwakarta dengan jam perjalanan pagi atau siang hari.

Kita bisa memilih kereta kelas ekonomi dengan tiket sangat murah, yaitu hanya Rp. 3.000,- dengn waktu tempuh 2,5 hingga 4 jam. Atau bila ingin lebih cepat kita bisa naik kereta Serayu Pagi dengan waktu tempuh sekitar 1-2 jam, namun tiket lumayan mahal, yakni Rp. 70.000,-.

Kendaraan umum dari stasiun Purwakarta ke Desa Panyindangan masih terbilang langka, untuk itu kita bisa menyewa pick up sampai basecamp pendakian terdekat seharga Rp 250.000/mobil.

Mendaki Gunung Lembu tidak dikenakan biaya simaksi, setelah mendaftarkan peserta pendakian di pos pelaporan, Anda bisa membayar tiket masuk seikhlasnya. Bila perlu, Anda juga menggunakan jasa porter dengan bayaran Rp 100.000/ orang.

Demikianlah info jalur pendakian Gunung Lembu serta keindahan panorama alam di puncaknya, semoga informasi ini bermanfaat. Selamat mendaki!

Terjalnya Jalur Pendakian Gunung Lembu Purwakarta | Husni Cahya Gumilar | 4.5