15 Tempat Wisata Pantai di Sukabumi Jawa Barat

ZONALIBUR.COM, Tempat wisata Pantai di Sukabumi menyuguhkan keindahan yang tak terbantahkan, sehingga siapapun yang menjamah Kabupaten  Sukabumi wajib mengunjungi salah satu objek wisata Pantai di kabupaten ini.

Secara administratif, Kabupaten Sukabumi berbatasan dengan Kabupaten Cianjur di sebelah timur, Kabupaten Lebak di barat, Kabupaten Bogor di utara dan Samudera Hindia di selatan.

Karena berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, Kabupaten Sukabumi memiliki beberapa objek wisata Pantai. Salah satu pantai populer di Kabupaten Sukabumi adalah Pantai Pelabuhanratu yang terletak di Kecamatan Palabuhanratu.

Selain Pantai Pelabuhanratu, masih banyak tempat wisata pantai di Sukabumi yang berlokasi di Ujung Genteng dan tak kalah menarik untuk dikunjungi.

Baca juga: Inilah Spot di Ujung Genteng Sukabumi yang Wajib Dikunjungi

Berikut ini kami sajikan rangkuman 15 objek wisata pantai di Sukabumi yang wajib dikunjungi.

15 Tempat Wisata Pantai di Sukabumi

1. Pantai Pelabuhanratu

Pantai Pelabuhanratu Tempat Wisata di Kabupaten Sukabumi

Pantai Pelabuhanratu via wikipedia

Pantai Palabuhanratu atau lebih dikenal dengan nama Pelabuhanratu merupakan tempat wisata pantai di Sukabumi yang sudah populer ke berbagai daerah di Indonesia, bahkan sampai ke mancanegara.

Objek wisata pantai di Sukabumi ini selain menyuguhkan keindahan, juga memiliki mitos yang dipercaya oleh masyarakat pantai selatan yakni adanya penguasa laut selatan, Roro Kidul.

Pantai Pelabuhanratu memiliki fasilitas penunjang yang sangat lengkap dengan kegiatan wisata yang cukup variatif. Di Palabuhanratu, sedikitnya ada 9 spot untuk surfing, yaitu di Batu Guram, Karang Sari, Samudra Beach, Cimaja, Karang Haji, Indicator, Sunset Beach, Ombak Tujuh sampai Ujung Genteng.

Lokasi Pantai Pelabuhanratu berada tepat di Kecamatan Pelabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. Berjarak sekitar 60 kilometer ke arah selatan dari pusat kota Sukabumi. Untuk sampai di tempat wisata ini, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum.

2. Pantai Cibangban

Pantai Cibangban Tempat Wisata Pantai di Sukabumi

Pantai Cibangban @ilovesukabumi

Pantai Cibangban merupakan tempat wisata pantai di Sukabumi yang berlokasi di Teluk Pelabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat. Pantai Cibangban juga masih termasuk bagian dari Pantai Pelabuhanratu.

Pantai Cibangban menawarkan keindahan panorama alam yang eksotis dan romantis untuk dikunjungi bersama keluarga Anda.

3. Pantai Karang Hawu

Pantai Karang Hawu tempat wisata Pantai di Sukabumi

Pantai Karang Hawu @visitsukabumi

Pantai Karang Hawu adalah tempat wisata pantai di Kabupaten Sukabumi yang masih merupakan bagian dari Pantai Palabuhanratu. Lokasi Pantai Karang Hawu berada di Teluk Pelabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.

Pantai ini menyuguhkan keindahan alam yang sangat luar biasa. Pantai ini agak berbeda dari pantai pada umumnya, Pantai Karang Hawu memiliki ciri khas tersendiri yaitu terdapat batu-batu di tepi pantainya.

4. Pantai Cimaja

Pantai Cimaja tempat wisata Pantai di Sukabumi

Pantai Cimaja @dedenisha63

Pantai Cimaja dapat Anda kunjungi saat berwisata ke kota Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. Pantai ini berada di teluk Palabuhanratu, masih satu deretan dengan pantai Pelabuhanratu.

Pantai Cimaja merupakan salah satu spot berselanjar terbaik yang ada di Pelabuhanratu.

5. Pantai Citepus

Pantai Citepus Tempat Wisata Pantai di Sukabumi

Pantai Citepus @yulliana07

Di kota Palabuhan Ratu terdapat banyak objek wisata pantai, salahsatunya yang wajib dikunjungi saat berada di kota ini adalah Pantai Citepus. Pantai Citepus berlokasi di teluk Palabuhanratu, masih satu bagian dengan Pantai Pelabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.

Destinasi wisata ini memiliki pasir pantai yang putih dan bersih dengan air laut yang bening. Jika ingin berenang di pantai ini, Anda harus tetap berhati-hati karena bahaya datang kapan saja.

6. Pantai Cipatuguran

Pantai Cipatuguran Tempat Wisata Pantai di Sukabumi

Pantai Cipatuguran via mediaindonesia.com

Pantai Cipatuguran adalah tempat wisata pantai di Sukabumi yang berada di deretan pantai Pelabuhan Ratu, Kecamatan Palabuhanratu. Kota Palabuhanratu memang dikenal banyak terdapat pantai yang memiliki keindahan dan karakteristik ombak tersendiri.

7. Pantai Karang Pamulang

Pantai Karang Pamulang Tempat Wisata Pantai di Sukabumi

Pantai Karang Pamulang @rifadwir

Tak lengkap bila berwisata ke Pantai Pelabuhanratu, tidak menyempatkan diri untuk berkunjung ke Pantai Karang Pamulang. Pantai ini merupakan destinasi wisata Kabupaten Sukabumi yang terletak di teluk Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.

8. Pantai Karang Papak

Pantai Karang Papak Tempat Wisata Pantai di Sukabumi

Pantai Karang Papak @chaca_1606.ess

Lokasi Pantai Karang Papak berada di Teluk Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. Pantai ini merupakan bagian dari Pantai Pelabuhanratu terkenal memiliki keindahan panorama alam luar biasa. Tak ada salahnya jika sedang berwisata ke Pantai Palabuhanratu, Anda melanjutkan perjalanan ke Pantai Karang Papak.

Pantai Karang Papak juga cukup ramai pengunjung, pantainya luas sehingga Anda bisa mengajak si kecil jalan-jalan dan bermain pasir di pantai ini.

9. Pantai Karang Sari

Pantai Karang Sari tempat Wisata Pantai di Sukabumi

Pantai Karang Sari via tubagusmrezascci.blogspot.com

 

Pantai Karang Sari juga masih termasuk deretan pantai yang ada di teluk Palabuhanratu. Pantai ini merupakan salah satu objek wisata di Kabupaten Sukabumi yang wajib masuk daftar tujuan wisata Anda.

Pantai Karang Sari menjadi objek wisata favorit di Pelabuhanratu karena tempat ini menawarkan ombak menantang untuk kegiatan berselancar.

10. Pantai Cibuaya

Pantai Cibuaya tempat wisata pantai di Sukabumi

Pantai Cibuaya via www.liburananak.com

Pantai Cibuaya adalah salah satu pantai di Sukabumi yang berlokasi di Ujung Genteng. Deburan ombak di pantai ini cukup tenang sehingga cukup aman untuk berenang. Namun meskipun begitu, Anda harus tetap berhati-hati agar kebahagiaan Anda tidak berubah menjadi duka.

11. Pantai Ombak Tujuh

Pantai Ombak Tujuh Tempat Wisata Pantai di Sukabumi

Pantai Ombak Tujuh via zahrinalia.wordpress.com

Pantai Ombak Tujuh adalah spot surfing favorit di Ujung Genteng, Kabupaten Sukabumi juga disebut-sebut sebagai tempat surfing terbaik di Indonesia. Konon, ombak pantai di Sukabumi ini mampu mencapai tujuh tingkat sehingga dinamakan Pantai Ombak Tujuh.

12. Pantai Pangumbahan

Pantai Pangumbahan Tempat Wisata Pantai di Sukabumi

Pantai Pangumbahan via www.tribunnews.com

Pantai Pangumbahan adalah pantai di Sukabumi yang cukup populer. Lokasinya berada di Ujung Genteng, pantai ini sering dijadikan tempat surfing karena ombaknya cukup menantang.

Di Pantai ini terdapat penangkaran penyu hijau, bila beruntung Anda dapat melihat langsung pelepasan anak-anak penyu ke Pantai Pangumbahan.

13. Pantai Minajaya

Pantai Minajaya tempat wisata pantai di Sukabumi

Pantai Minajaya via http://harsenphotography.blogspot.co.id

Pantai Minajaya berada di Kecamatan Surade Jampang Kulon Sukabumi. Konon penamaan Pantai Minajaya berasal dari nama Kapal MINAJAYA pengangkut Persenjataan yang kandas dan tenggelam di pantai ini.

Pantai di Sukabumi ini bisa dikatakan belum tercemar, mungkin  karena pantai masih sangat jarang pengunjung, jadi sangat cocok sekali buat Anda yang menginginkan pemandangan pantai yang jauh dari hiruk pikuk pengunjung seperti di Pantai Pelabuhanratu.

Pantai ini mempunyai pasir putih nan bersih. Pemandangannya sangat luar biasa dengan karang-karang yang indah berbalut gangang hijau.

14. Pantai Amanda Ratu

Pantai Amanda Ratu tempat wisata pantai di Sukabumi

Pantai Amanda Ratu @Amadea novie

Amanda Ratu merupakan wisata pantai di Sukabumi yang disebut-sebut sebagai Tanah Lot-nya pulau Jawa. Hal ini disebabkan karena keindahan dan keasriannya tidak kalah menarik dari Tanah Lot Bali.

Pantai Amanda Ratu berada di Ujung Genteng, dengan jarak tempuh kurang lebih 8,5 kilometer dari Ujung Genteng, Sukabumi.

15. Pantai Cipanarikan

Pantai Cipanarikan Tempat Wisata Pantai di Sukabumi

Pantai Cipanarikan via backpackology.me

Pantai Cipanarikan merupakan muara dari Sungai Cipanarikan yang berwarna hijau. Pantainya luas dan lebar dengan pasir putih yang luas dan bersih. Secara umum Pantai di Sukabumi ini memang benar-benar surga yang tersembunyi.

Pantai ini berada di Ujung Genteng, lokasinya cukup sulit dijangkau, hanya bisa diakses dengan motor.

Baca juga: Selain Pantai, Ini 9 Tempat Wisata di Kabupaten Sukabumi yang Wajib Dikunjungi

Itulah 15 tempat wisata pantai di Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Semoga ulasan objek wisata di Kabupaten Sukabumi ini bermanfaat. Selamat berlibur!

15 Tempat Wisata Pantai di Sukabumi Jawa Barat | Husni Cahya Gumilar | 4.5