25 Tempat Wisata di Tangerang yang Wajib Dikunjungi

ZONALIBUR.COM, Tempat wisata di Tangerang – Tangerang adalah sebuah kota dan kabupaten yang terletak di Provinsi Banten. Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang merupakan pemerintahan daerah tingkat dua yang berbeda satu sama lain.

Tangerang berbatasan langsung dengan Daerah Khusus Ibukota Jakarta, sehingga Tangerang termasuk daerah yang cukup ramai oleh pendatang. Kota Tangerang sendiri merupakan kota terbesar di Provinsi Banten atau kota terbesar ketiga di kawasan Jabodetabek setelah Jakarta dan Bekasi.

Baca juga: 16 Tempat wisata di Bekasi yang Paling Populer

Tangerang memiliki lebih dari 1000 pabrik sehingga Tangerang menjadi pusat manufaktur dan industri di Pulau Jawa. Sebagian di antaranya merupakan pabrik milik perusahaan asing.

Di Tangerang juga terdapat banyak sekali tempat perbelanjaan, mulai dari pasar tradisional, hypermart hingga pusat perbelanjaan mewah. Beberapa tempat wisata belanja di Tangerang antara lain Bale Kota Mall Tangerang, Supermall Karawaci, Ramayana Cimone, Plaza Robinson Tangerang, Tang City Mallm Mall Ciledug dan masih banyak lagi.

Saat Anda berkunjung ke Tangerang, tak lengkap bila tidak mengunjungi tempat wisata di Tangerang dan mencicipi kuliner khasnya. Untuk itu, berikut ini akan saya sajikan informasi mengenai objek wisata di Tangerang yang wajib dikunjungi lengkap dengan wisata kuliner yang harus dicicipi.

12 Tempat Wisata di Tangerang

1. Pantai Tanjung Kait

Pantai Tanjung Kait Tempat Wisata di Tangerang

Pantai Tanjung Kait via olx

Pantai Tanjung Kait merupakan tempat wisata di Tangerang yang cukup populer di kalangan warga Tangerang dan kota-kota di sekitar Tangerang seperti Jakarta dan Bekasi. Pantai Tanjung Kait menyuguhkan keindahan panorama pantai yang sangat indah. Di pantai ini juga tersedia kulier khas Tangerang yang dijual di beberapa rumah makan di atas air di kawasan Pantai Tanjung Kait.

Pemandangan khas yang cukup unik ditawarkan oleh Pantai Tanjung Kait adalah adanya dermaga bambu dan desa nelayan yang menjorok ke laut. Jika Anda tertarik untuk menyaksikan keindahan objek wisata di Tangerang yang satu ini, silakan datang ke Desa Tanjung Kait dengan jarak sekitar 30 kilometer ke sebelah utara dari kota Tangerang.

2. Pantai Tanjung Pasir

Panti Tanjung Pasir Tempat Wisata di Tangerang

Panti Tanjung Pasir Tempat Wisata via caprt3a.blogspot.com

Pantai Tanjung Pasir terletak sekitar 25 kilometer ke arah utara kota Tangerang. Tempat wisata di Tangerang ini merupakan salah satu objek wisata favorit yang selalu ramai pengunjung. Kegiatan wisata yang bisa Anda lakukan di Pantai Tanjung Pasir di antaranya bermain pasir, bermain air, berenang, jalan-jalan atau hanya sekadar duduk santai di tepi pantai sambil menyaksikan keindahan alam yang menawan ditemani sajikan kuliner khas laut yang menggoda selera.

Bagi pengunjung yang punya cukup waktu dan akomodasi, dari Pantai Tanjung Pasir bisa langsung menyeberang ke Pulau Seribu menggunakan perahu kayu milik nelayan setempat.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Jakarta yang Terkenal dan Sering Dikunjungi

3. Pulau Cangkir

Pulau Cangkir Tempat Wisata di Tangerang

Pulau Cangkir via ekady.blogspot.com

Pulau Cangkir terletak di Kecamatan Kronjo dengan luas sekitar 2,5 hektar. Namanya cukup unik seperti pemandangan alam yang disuguhkannya. Selain menikmati keindahan panorama laut, tempat wisata di Tangerang menyimpan tempat wisata ziarah yaitu makam Pangeran Jaga Lautan.

Konon peren Pangeran Jaga Lautan ini sangat besar dalam penyebaran agama Islam di Tangerang. Sehingga selain ramai dikunjungi oleh para pelancong yang ingin menyaksikan pesona dan keindahan alam bahari, destinasi wisata Tangerang ini kerap didatangi oleh para peziarah.

4. Situ Cipondoh

Situ Cipondoh Tempat Wisata di Tangerang

Situ Cipondoh via luqmanbapao13.wordpress.com

Situ Cipondoh terletak di Jalan Kyai Haji Hasyim Ashari. Situ ini merupakan satu dari sekian banyak tempat wisata di Tangerang yang sayang bila dilewatkan begitu saja saat Anda berada di kota Tangerang. Pemandangannya indah, udaranya juga cukup sejuk sehingga sangat cocok untuk refreshing dan melepas penat.

Kegiatan wisata yang bisa dilakukan di Situ Cipondoh antara lain menikmati keindahan panorama alam sekitar danau, memancing, mengelilingi lokasi sekitar danau dengan menggunakan sepeda, naik miniatur kereta, mengarungi danau dengan bebek-bebekan atau perahu serta memacu adrenalin dengan mencoba wahana flying fox.

5. Bendungan Pintu Air Sepuluh Tangerang

Bendungan Pintu Air Sepuluh Tempat Wisata di Tangerang

Bendungan Pintu Air Sepuluh via hariantangerang.com

Bendungan Pintu Air Sepuluh terletak di Jalan Sangego, Kecamatan Karawaci, Tangerang. Bendungan ini dibangun pada tahun 1927 pada masa penjajahan Belanda. Selain bermanfaat untuk sumber air bagi warga setempat, bendungan ini juga menjadi tempat wisata di Tangerang yang menyuguhkan pemandangan alam sangat indah dan memanjakan mata.

Sesuai namanya, bendungan ini memiliki sepuluh pintu air dengan lebar masing-masing sekitar 10 meter dan berfungsi untuk membendung dan mengatur aliran air dari Sungai Cisadane. Selain menikmati suasana santai dan udara segar, Anda juga bisa memancing ikan di tempat ini.

6. Hutan Kota BSD Tangerang

Hutan Kota BSD Tempat Wisata di Tangerang

Hutan Kota BSD via kompasiana.com

Hutan Kota BSD merupakan tempat wisata di Tangerang yang cocok dikunjungi oleh Anda yang menginginkan suasana tenang dan nyaman. Hutan Kota Tangerang ini merupakan hutan buatan sebagai paru-paru kota yang bisa Anda gunakan untuk refreshing, menikmati udara segar, jalan-jalan atau joging.

7. Masjid Pintu Seribu

Masjid Pintu Seribu Tempat Wisata Religi di Tangerang

Masjid Pintu Seribu via agusstrav12.blogspot.com

Masjid Pintu Seribu terletk di Kampung Bayur Tangerang. Masjid Pintu Seribu terkenal karena keunikannya. Keunikan masjid ini yaitu adanya tasbih berukuran besar yang terbuat dari kayu. Nama lain dari masjid yang dijuluki Pintu Seribu ini adalah Masjid Agung Nurul Yaqin. Masjid ini didirikan pada tahun 1978 oleh seorang keturaunan Arab di atas tanah seluas 1 hektar.

8. Masjid Al-A’zhom Tangerang

Masjid Al-A’zhom Tempat Wisata Religi di Tangerang

Masjid Al-A’zhom via banten-news.com

Masjid Al-A’zhom merupakan masjid terkenal sekaligus termegah di Tangerang. Masjid yang terlerak di Jalan Satria Sudirman ini berdiri di atas tanah sekitar 2 hektar dan mampu menampung kurang lebih 15 jamaah 15 ribu jamaah.

Kemegahan Masjid Al-A’zhom bisa kita lihat dari kubahnya. Kubah masjid ini terdiri atas 4 kubah penyangga dan 1 buah kubah utama. Ketika malam tiba, masjid ini dipenuhi dengan cahaya lampu yang sangat indah.

Namun tak elok bila mengunjungi masjid sekadar menyaksikan keunikan dan kemegahannya saja, alangkah lebih baiknya jika kita menunaikan shalat fardu atau shalat sunnah di sana.

9. Wisata Taman Buaya Tanjung Pasir

Taman Buaya Tanjung Pasir Tempat Wisata di Tangerang

Taman Buaya Tanjung Pasir via biladserang.blogspot.com

Taman Buaya Tanjung Pasir merupakan tempat wisata di Tangerang yang cocok dikunjungi bersama si kecil. Wisata Taman Buaya Tanjun Pasir adalah tempat penangkaran buaya yang cukup terkenal di Kota Tangerang. Di tempat ini Anda bisa mengenalkan hewan buaya pada anak Anda.

Taman Buaya Tanjung Pasir terletak di di Kecamatan Teluk Naga, kota Tangerang. Setiba di sana, Anda akan disambut oleh patung buaya raksasa yang ada di tepi jalan. Saat ini taman wisata ini telah memiliki sekitar 500-an ekor buaya.

Selain menyaksikan aktifitas buaya di habitat aslinya, pengunjung juga bisa membeli berbagai macam produk yang terbuat dari kulit buaya seperti tas buaya, dompet, ikat pinggang sebagainya. Selain itu, di sini Anda juga bisa membeli telur buaya yang nantinya bisa anda tetaskan di rumah.

10. Marcopolo Waterpark Serpong

Marcopolo Waterpark Serpong Tempat Wisata di Tangerang

Marcopolo Waterpark Serpong via tangselmedia.com

Marcopolo Waterpark Serpong merupakan salah satu tempat wisata di Tangerang yang menawarkan berbagai wahana permainan air seperti kolam arus, kolam air terjun, kolam pusaran air, kolam renang anak, kolam renang dewasa, kolam perosotan dan masih banyak lagi.

Marcopolo Waterpark Serpong juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang seperti tempat parkir yang luas, restoran berbentuk seperti kapal, ruang kesehatan, ruang ganti, penitipan barang, pelampung dan toilet. Tempat wisata di Tangerang yang satu ini cocok untuk tempat liburan Anda bersama keluarga dan anak-anak.

11. Citra Raya Water World

Citra Raya Water World Tempat wisata di Tangerang

Citra Raya Water World via citrarayanews.com

Citra Raya Water World berlokasi di di tengah pemukiman terbesar di daerah Cikupa Kota Tangerang Barat. Tempat wisata di Tangerang ini menawarkan banyak sekali wahana permainan yang sangat disukai anak-anak. Jika libur pekan ini Anda belum punya referensi liburan di Tangerang, Anda bisa datang ke Citra Raya Water World untuk menghabiskan waktu liburan bersama anggota keluarga tercinta.

12. Ocean Park Water Adventure

Ocean Park Adventure Serpong Tempat Wisata di Tangerang

Ocean Park Adventure via colorfly.wordpress.com

Ocean Park Water Adventure terletak di Kecamatan Serpong, kota Tangerang Selatan. Tempat wisata di Tangerang ini menawarkan wahana permainan air yang tak kalah menarik dari wisata air lainnya yang ada di Tangerang.

Tempat ini menyediakan wahana permainan untuk anak-anak dan juga orang dewasa, sehingga sangt cocok untuk menjadi tujuan rekreasi keluarga saat liburan akhir pekan atau liburan sekolah.

Selain 12 tempat wisata di Tangerang yang sudah disebutkan di atas, berikut ini 13 objek wisata di Tangerang yang tak kalah menarik untuk dikunjungi.

  1. Museum Warisan Tionghoa Peranakan Benteng
  2. Lapangan Ahmad Yani (Alun – Alun Kota Tangerang)
  3. Taman Potret
  4. Bundaran Tugu Adipuda
  5. Taman Prestasi
  6. Keramat Tiga Raksa
  7. Situ Gintung
  8. Situ Kepala Dua
  9. Kolam Pancing Kampoeng Kalapa Balaraja
  10. Taman Jajan Pasar Modern
  11. Resto Rumah Kayu Gading Serpong
  12. Wisata kuliner pasar lama
  13. Festival Cisadane (Acara Tahunan)

Wisata Kuliner Khas Tangerang

Selain mempunyai banyak tempat wisata menarik, Tangerang juga mempunyai makanan khas yang sangat lezat. Kuliner khas Tangerang dapat Anda temui di Pasar Lama Tangerang dan toko sentra oleh-oleh Tangerang seperti di Jl. M. Yamin-Kota Tangerang.

Beberapa makanan khas kota Tangerang di antaranya sayur besan, gecom, pindang bandeng, kecap benteng, laksa Tangerang, emping jengkol, sate biawak dan lain-lain.

Demikianlah ulasan lengkap tentang tempat wisata di Tangerang dan kuliner khasnya, semoga informasi objek wisata Tangerang ini dapat bermanfaat. Selamat berlibur!

25 Tempat Wisata di Tangerang yang Wajib Dikunjungi | Husni Cahya Gumilar | 4.5