20 Tempat Wisata di Surabaya yang Paling Bagus dan Terkenal

Zonalibur.com, Tempat wisata di Surabaya yang paling bagus dan populer untuk referensi liburan keluarga, nongkrong bareng teman-teman atau menambah wawasan.

Surabaya adalah ibu kota Provinsi Jawa Timur. Surabaya juga merupakan terbesar kedua setelah Jakarta. Kota Surabaya teletak di pantai utara Pulau Jawa dan berhadapan dengan Selat Madura dan Laut Jawa.  Kota Surabaya berjarak sekitar 796 km ke arah timur dari Jakarta atau 415 km sebelah barat laut Denpasar, Bali.

Kota Surabaya dikenal dengan sebutan Kota Pahlawan, hal ini disebabkan karena kegigihan perjuangan pemuda-pemuda Surabaya dalam mempertahankan kemerdekaan Bangsa Indonesia dari serangan penjajah pada zaman dulu. Tidaklah heran bila di kota ini terdapat banyak monumen untuk mengenang jasa para pahlawan kemerdekaan.

Selain itu, Kota Surabaya mempunyai banyak tempat wisata yang bagus dan menarik untuk dikunjungi. Dari sekian banyak objek wisata di Surabaya, berikut ini 20 tempat wisata di Surabaya yang paling bagus dan terkenal.

20 tempat wisata di Surabaya yang paling bagus dan terkenal

1. Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan tempat wisata di Surabaya

Lokasi Tugu Tugu Pahlawan terletak di Jalan Pahlawan, Alun-alun Contong, Bubutan, Surabaya. Tugu Pahlawan merupakan salah satu ikon kota Surabaya. Tugu ini didirikan untuk mengenang pertempuran 10 November 1945 antara pemuda-pemuda Surabaya melawan Sekutu. Di sekitar Tugu Pahlawan, terdapat museum yang menyimpan foto-foto pembangunan tugu tersebut.

Anda bisa mengunjungi tempat wisata di Surabaya ini setiap hari Selasa – Jum’at mulai pukul 07.00 – 15.00 WIB dan Sabtu – Minggu pukul 07.00 – 12.00 WIB.

Rute menuju Tugu Pahlawan, dari terminal JMP naik angkot warna merah jurusan Bratang – JMP, berhenti di depan Tugu Pahlawan.

2. Monumen Bambu Runcing

Monumen Bambu Runcing Tempat Wisata di surabaya

Lokasi Monumen Bambu Runcing terletak di Jl. Panglima Sudirman, Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya. Monumen ini dibangun untuk memperingati pertempuran pada 10 Maret 1945.

Di sekitar Monumen Bambu Runci terdapat air mancur, kolam buatan dan berbagai tanaman hias. Objek wisata di Surabaya ini cocok untuk tempat nongkrong atau bersantai.

Monumen Bambu Runcing buka 24 jam dan tidak dikenakan tiket masuk. Untuk bersantai di Monumen Bambu Runcing, silakan naik bis kota jurusan Jembatan Merah, turun di halte Jalan Panglima Jenderal Sudirman. Dari situ jalan kaki menuju monumen.

Baca juga: Monumen Bambu Runcing, Land Mark Kota Pahlawan

3. Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam tempat wisata di Surabaya

Lokasi Monumen Kapal Selam atau Monkasel terletak di Jalan Pemuda Nomor 39, Genteng, Surabaya. Monumen Kapal Selam merupakan kapal selam asli bernama Pasopati buatan Uni Soviet yang pernah digunakan dalam perang pembebasan Irian Barat (Papua) dari Belanda di laut Aru.

Selain monumen, di tempat wisata ini juga terdapat kolam renang dengan tiket seharga Rp. 8.000 ditambah tiket masuk Rp. 10.000 per orang. Monumen Kapal Selam berada di pusat kota, sehingga mudah dijangkau oleh sarana transfortasi umum.

Baca juga: Monumen Kapal Selam Surabaya

4. Taman Bungkul

Taman Bungkul tempat wisata di Surabaya

Lokasi Taman Bungkul terletak di Jl. Taman Bungkul, Darmo, Wonokromo, Surabaya. Penamaan Taman Bungkul berasal dari Sunan Bungkul atau Mbah Bungkul, yaitu tokoh penyebar agama Islam di Surabaya yang makamnya tak jauh dari lokasi Taman Bungkul.

Di Taman Bungkul terdapat aneka wahana permainan dan hiburan seperti jogging, panggung live performance, trek BMX, trek skate board, wifi gratis dan lain-lain.

Taman Bungkul buka 24 jam. Untuk tiba di tempat wisata Surabaya ini dari terminal Purabaya Bungurasih naik bus jurusan Bungurasih-Darmo-Perak turun di seberang Taman Bungkul.

5. Taman Pelangi

Taman Pelangi Tempat Wisata di Surabaya

Lokasi Taman Pelangi terletak di Jl. Ahmad Yani No.138, Gayungan, Surabaya. Di Taman Pelangi terdapat 31 ruang batang tiang yang menyerupai ruas daun, saat sore dan malam hari taman ini berwarna-warni tersorot lampu.

Taman Pelangi Surabaya sepintas mirip dengan Taman Pelangi Yogyakarta, namun ukuran taman ini lebih kecil.

6. Taman Prestasi

Taman Prestasi tempat wisata di Surabaya

Lokasi Taman Prestasi terletak di Jl. Ketabang Kali No.6, Ketabang, Genteng, Surabaya. Taman Prestasi menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin berwisata gratis sambil belajar.

Tempat wisata di Surabaya ini menyediakan tempat belajar internet dan komputer gratis dan aneka wahana permainan anak seperti jungkat-jungkit, ayunan dan perosotan.

Taman Prestasi buka setiap hari Senin – Sabtu dan hari libur nasional pukul 15.00 – 22.00 WIB serta hari Minggu pukul 09.00 – 22.00 WIB.

Untuk menuju Taman Prestasi, dari dari terminal Bungurasih atau Purabaya, bisa naik bis jurusan terminal Joyoboyo. Dilanjutkan dengan naik angkutan umum menuju Jalan Yos Sudarso, turun di Taman Prestasi.

Baca juga: Taman Prestasi Surabaya, Tempat Liburan Murah Berkelas

7. Taman Apsari

Taman Apsari Tempat Wisata di Surabaya

Taman Apsari terletak di Jalan Pemuda, Taman Apsari, Surabaya. Lokasinya berhadapan langsung dengan Gedung Grahadi sehingga sangat mudah dijangkau. Destinasi Surabaya ini mempunyai taman dengan luas kurang lebih 5.300 m2 dihiasi oleh tanaman hidup dan 20 jenis bunga yang indah.

Yang menarik di Taman Apsari yaitu adanya patung Gubernur Pertama di Jawa Timur, Gubernur Suryo. Di bawah patung itu terdapat prasasi pidato Pak Suryo

8. Taman Sakura Keputih

Taman Sakura Keputih tempat wisata di surabaya

Taman Sakura Keputih terletak di Jl. Keputih Tegal Timur II No. 249, Sukolilo, Surabaya. Sebelum menjadi objek wisata di Surabaya, tempat ini awalnya adalah tempat pembuangan sampah akhir. Selain taman bunga, di tempat ini juga taman bermain dan batu refleksi.

Taman Sakura Keputih buka setiap hari pukul 06.00 – 18.00 WIB. Untuk nongkrong di tempat ini, Anda tidak dikenakan biaya tiket masuk alias gratis.

Untuk menuju ke tempat rekreasi di Surabaya ini, dari Petekan / JMP / Kalimas Barat, naik angkot warna kuning jurusan Keputih, turun di Terminal Keputih.

9. G Walk

G walk tempat wisata di Surabaya

G Walk  terletak di Jl. Niaga Gapura, Lontar, Sambikerep kawasan Citra Raya Surabaya. G Walk merupakan salah satu tempat wisata  kuliner di Surabaya, sekaligus sebagai tempat nongkrong di Surabaya. G Walk Surabaya buka mulai pukul 10.00 – 23.00 WIB.

10. Jalan Tunjungan

Jalan Tunjungan tempat wisata di Surabaya

Jalan Tunjungan dikenal sebagai tempat wisata di Surabaya yang mengingatkan kita pada Kota Suroboyo tempoe doeloe. Di tempat ini terdapat sebuah bangunan tua yang masih bertahan hingga sekarang, yaitu Gedung Siola yang sekarang jadi Tunjungan Center.

11. Kampung Bulak Surabaya

Kampung Bulak tempat wisata di Surabaya

Kampung Bulak Surabaya terletak di sebelah utara Pantai Ria Kenjeran, Bulak, Surabaya. Tempat ini merupakan perkampungan warna-warni. Kampung Bulak juga termasuk salah satu tempat wisata terbaru di Surabaya yang lagi hits.

Bagi yang ingin melihat uniknya perkampungan ini, silakan datang setiap hari mulai pukul 08.00 s.d. 22.00 WIB dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 2.000 per orang.

12. Surabaya North Quay

Surabaya NortQuay

Surabaya Nort Quay di lantai dua dan tiga gedung megah Terminal Gapura Surya Nusantara, tepatnya di Jalan Tanjung Perak, Perak Utara, Pabean Cantian, Surabaya.

Surabaya Nort Quay merupakan objek wisata baru di Surabaya yang sedang populer. Di Surabaya North Quay Anda dapat menyaksikan atraksi seni, live music, pasar, kuliner dan pameran produk lokal.

Surabaya North Quay buka Sabtu – Minggu pukul 09.00 – 21.00 WIB dan tidak ada tiket masuk alias gratis.

13. Ciputra Waterpark

Ciputra Waterpark tempat wisata di Suryabaya

Ciputra Walk terletak di kawasan Waterpark Boulevard Citraland, Sambikerep, Surabaya. Ciputra Walk merupakan salah satu tempat wisata keluarga di Surabaya. Tempat rekreasi ini menyediakan aneka permainan air yang menarik untuk anak-anak.

Ciputra Walk buka pada Selasa – Jum’at pukul 13.00 – 19.00 WIB, dan Sabtu – Minggu pukul 10.00 – 19.00 WIB. Tiket masuk Ciputra Walk Rp. 110.000 untuk hari biasa dan Rp. 130.000 untuk akhir pekan.

14. Suroboyo Carnival Park

Suroboyo Karnival Park tempat wisata di Surabaya

Suroboyo Carnival Park terletak di Jl. Ahmad Yani No.333, Dukuh Menanggal, Gayungan, Surabaya. Tempat wisata di Surabaya ini merupakan theme park wisata malam terbesar di Kota Pahlawan.

Tempat rekreasi ini menyediakan aneka wahana pemainan seru untuk keluarga Anda. Anda bisa memilih permainan sesuai dengan usia anggota keluarga Anda.

Tiket masuk Suroboyo Carnival Park Senin – Jum’at Rp. 60.000 dan Sabtu – Minggu Rp. 80.000.

15. Gunung Bromo

Gunung Bromo tempat wisata di surabaya

Sebagian lereng Gunung Bromo masuk ke wilayah Surabaya. Gunung Bromo merupakan salah satu gunung terindah di Indonesia yang terkenal hingga ke manca negera. Di Gunung Bromo terdapat spot-spot eksotis untuk hunting foto dan juga menyaksikan sunrise.

Rute menuju pos pendakian Gunung Bromo dari dari terminal Purabaya Bungurasih naik bus jurusan Jember atau Banyuwangi turun di Probolinggo. Dari situ gunakan angkutan menuju Kecamatan Ngadisari yang dekat dengan kawasan perbukitan Cemoro Lawang.

Baca juga: Keindahan Gunung Bromo yang Menakjubkan

16. Bonbin Surabaya

Kebun binatang tempat wisata di Surabaya

Kebun Binatang Surabaya atau disingkat Bonbin Surabaya terletak di Jl. Setail No.1, Darmo, Wonokromo. Bonbin Surabaya sudah ada sejak zaman Belanda, sehingga tempat wisata Surabaya ini umurnya sudah tua sekali.

Bonbin Surabaya memiliki 315 spesies, di sini Anda bisa liburan sambil menambah wawasan tentang dunia binatang.

Tiket masuk Kebun Binatang Surabaya terbilang murah, pada hari biasa pengunjung hanya dikenakan tarif masuk Rp. 15.000, sedangkan hari libur Rp. 20.000 per orang.

17. Kebun Bibit Surabaya

Kebun Bibit Tempat Wisata di Surabaya

Kebun Bibit Surabaya terletak di Jl. Raya Manyar No.80A, Baratajaya, Gubeng, Surabaya. Kebun bibit ini termasuk salah satu tempat wisata di Surabaya yang murah meriah (gratis) namun menyenangkan untuk tempat liburan keluarga.

Di Kebun Bibit Surabaya, terdapat fasilitas seperti jogging track, danau buatan, kebun jati, taman outbond, taman bermain anak-anak, tempat wisata kuliner dan fasilitas lainnya.

18. Masjid Al-Akbar

Masjid Al-Akbar tempat wisata di Surabaya

Masjid Al-Akbar terletak di Jl. Masjid Al Akbar Timur No.1, Pagesangan, Jambangan, Surabaya. Masjid ini merupakan masjid terbesar kedua di Indonesia. Arsitektur masjid ini sangat mewah, juga dilengkapi dengan aula dan perpustakaan.

Selain sebagai tempat melaksanakan ibadah, Masjid Al-Akbar juga menjadi tujuan favorit wisata religi di Surabaya.

19. Hutan Bambu

Kebun Bambu tempat wisata di Surabaya

Wisata Hutan Bambu Surabaya terletak di Jl. Raya Marina Asri, Keputih, Sukolilo, Surabaya. Tempat wisata di Surabaya ini sangat indah dan alami. Di sini pengunjung tidak boleh merokok karena apinya bisa menimbulkan kebakaran yang dapat dapat mengakibatkan kerusakan lingkungan.

Bagi Anda yang ingin mencari spot selfi terbaik di Surabaya, tak ada salahnya jiga berkunjung ke Hutan Bambu yang super keren.

20. De Mata Trick Eye Museum

The Mata Trick Museum tempat wisata di Surabaya

Selain di Yogyakarta, di Surabaya juga terdapat De Mata Trick Eye Museum yang memanjakan Anda penggemar foto. De Mata Surabaya beralamat di Surabaya Town Square Lt. 1, Jl. Adityawarman No. 55, buka Senin – Jum’at pukul 10.00 – 00.00 WIB dan Sabtu – Minggu pukul 10.00 – 02.00 WIB.

Di sini terdapat lebih dari 100 lukisan yang telah dibuat sedemikian rupa, sehingga lukisannya terlihat hidup.  Harga tiket masuk De Mata Trick Eye Museum Surabaya Rp 35.000 per orang

Itulah 20 tempat wisata di Surabaya yang paling bagus dan terkenal. Semoga dapat menambah referensi liburan Anda di kota Pahlawan. Terima kasih.

20 Tempat Wisata di Surabaya yang Paling Bagus dan Terkenal | Husni Cahya Gumilar | 4.5