27 Tempat Wisata di Sumedang yang Menarik Untuk Dikunjungi

ZONALIBUR.COM, Tempat Wisata di Sumedang Provinsi Jawa Barat sangat beragam, mulai dari tempat rekreasi buat nongkrong anak muda hingga objek wisata alam yang ekstrem bagi para penggemar olahraga petualangan, semuanya tersedia di Sumedang.

Kabupaten Sumedang merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kabupaten Sumedang terdiri atas 26 Kecamatan, terbagi lagi menjadi sejumlah desa dan kelurahan. Beribukota di Kecamatan Sumedang Utara, dengan jarak sekitar 45 km ke arah Timur Laut dari Kota Bandung.

Kabupaten Sumedang berbatasan dengan Kabupaten Indramayu di utara, Kabupaten Kabupaten Garut di selatan, Majalengka di timur, Kabupaten Subang di barat dan Kabupaten Bandung di barat daya.

Baca: 7 Tempat Wisata di Indramayu

Sumedang dikenal juga dengan oleh-olehnya yang khas, yaitu tahu Sumedang. Camilan ini banyak dijual di sepanjang jalan Cileunyi dan juga dijajakan di bus-bus kota di Bandung. Jalur Sumedang cukup ramai karena dilintasi jalur utama Bandung – Cirebon.

Di Kabupaten Sumedang, tepatnya di Kecamatan Jatinangor, juga terdapat beberapa kampus perguruan tinggi ternama di Indonesia, yaitu IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri, UPI (Universitas Pendidikan Indonesia), ITB (Institut Teknologi Bandung) dan Unpad (Universitas Padjadjaran).

Sebagian besar Kabupaten Sumedang merupakan kawasan pegunungan, kecuali di sebagian kecil wilayah utara berupa dataran rendah. Sedikitnya terdapat 27 tempat wisata di Sumedang yang ayik untuk dikunjungi saat Anda menjamah kotanya.

Berikut ini kami sajikan ulasan singkat tempat wisata di Sumedang untuk referensi liburan Anda bersama keluarga tercinta dan sahabat dekat di musim liburan yang akan datang.

27 Tempat wisata di Sumedang Jawa Barat

1. Wisata Paralayang Batu Dua Gunung Lingga

Wisata Paralayang Batu Dua Gunung Lingga tempat wisata di sumedang

Wisata Paralayang Batu Dua Gunung Lingga via tandang.info

Batu Dua di Gunung Lingga merupakan tempat wisata di Sumedang. Terletak di Kecamatan Cisitu Kabupaten Sumedang, destinasi ini sangat layak untuk lokasi take-off olahraga paralayang dan sangat ideal untuk pertandingan paralayang di nomor cross country (lintas alam).

Batu Dua Gunung Lingga merupakan kombinasi antara pegunungan di atas ketinggian 930 mdpl dengan dataran luas yang rata. Di sekitar Gunung Lingga terdapat beberapa titik termal (uap panas bumi) yang bisa memengaruhi paralayang terbang lebih lama di udara dan menyajikan hamparan pemandangan alam yang mempesona.

Dilansir Pikiran-rakyat.com, kondisi geografis di Gunung Lingga dengan berbagai keunggulannya itu, tak kalah bersaing dengan lokasi lainnya yang dipakai kejuaraan paralayang tingkat dunia. Terlebih lokasi paralayang di Batu Dua, ditunjang dengan pemandangan alam yang elok dan eksotik.

2. Situs Prabu Tajimalela Gunung Lingga Sumedang

Situs Prabu Tajimalela Gunung Lingga tempat wisata di Sumedang

Situs Prabu Tajimalela Gunung Lingga via ciburuan.wordpress.com

Selain dikenal sebagai tempat wisata paralayang di Sumedang, Gunung Lingga juga menyimpan makam keramat Luluhur Sumedang Larang, yaitu Prabu Tajimalela.

Dilansir Ciburuan.wordpress.com, Prabu Tajimalela tilem di Gunung Lingga. Hingga kini, gunung Lingga sering menjadi objek wisata ziarah di Sumedang.

Di areal makam, terdapat beberapa bangunan yang sebagai tempat berdo’a dan beristirahat para perizarah. Juga terdapat gundukan batu yang diduga sebagai makam keramat.

 

3. Menikmati Kota Sumedang dari Puncak Gunung Tampomas

gunung tampomas tempat wisata di sumedang

Gunung Tampomas via Wikipedia.org

Gunung Tampomas adalah sebuah gunung berapi dengan ketinggian 1684 yang terletak di sebelah utara kota Sumedang, Jawa Barat . Gunung Tampomas termasuk dalam area Taman Wisata Alam Gunung Tampomas,  di daerah sekitar kaki Gunung Tampomas juga memiliki sumber air panas.

Dilansir wikipedia, Puncak Gunung Tampomas (penduduk setempat menyebutnya Sangiang Taraje) adalah sebuah lahan seluas 1 hektare. Tempat wisata di Sumedang ini memiliki estetika tinggi karena dari puncak gunung ini pengunjung dapat menikmati pemandangan indah ke arah Kota Sumedang dan sekitarnya.

Adanya lubang-lubang kawah dan batu-batu besar berwarna hitam manambah kekayaan imajinasi bagi yang melihatnya.

4. Tempat Wisata di Sumedang – Gunung Kunci

gunung kunci tempat wisata di sumedang

Gunung Kunci via Okezone.com

Gunung Kunci terletak di Dusun Peniunan, Kelurahan Kotakulon, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Tempat wisata di Sumedang ini diyakini menyimpan banyak kisah misteri, salah satunya adalah pohon yang selalu bergoyang meski tak ada angin yang meniupnya.

Lokasi situs ini terletak di atas kawasan Taman Hutan Raya Gunung Kunci dan Gunung Palasari yang merupakan kawasan hutan Negara. Gunung ini berfungsi sebagai kawasan hutan konservasi dengan luas 3,67 Ha berupa hutan pinus dengan ketinggian 500 mdpl.

5. Mengintip Macan Kumbang di Curug Ciputrawangi

curug ciputrawangi tempat wisata di sumedang

Curug Ciputrawangi @amboreynaldi

Curug Ciputrawangi sering juga disebut dengan nama Curug Narimbang. Diperkirakan ada empat macan Kumbang, babi hutan, landak hutan dan monyet yang kerap turun dari Gunung Tampomas untuk minum di Curug Ciputrawangi ini.

Menurut warga Desa Narimbang, Kecamatan Conggeang, Sumedang, macan Kumbang yang kerap mengunjungi Curug Ciputrawangi ini tak pernah menganggu warga. Mereka hanya turun gunung sekedar untuk minum.

Tempat wisata di Sumedang ini berada di kaki gunung Tampomas yang merupakan kawasan Taman Wisata Alam Gunung Tampomas. Di sekeliling curug terdapat pohon besar yang merupakan pertanda bahwa alam dan sektiar Curug Ciputrawangi ini kelestariannya masih sangat terjaga.

6. Curug Cinulang Objek wisata Terkenal di Sumedang

curug cinulang tempat wisata di sumedang

Keindahan Curug Cinulang via www.sinarpaginews.com

Curug Cinulang atau sering disebut juga Curug Sindulang merupakan tempat wisata di Sumedang yang diangkat dalam sebuah lagu pop Sunda, berdujul “Curug Cinulang” yang dipopulerkan oleh Yayan Jatnika. Air terjun ini terletak di Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung, Kab. Sumedang.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Bandung

Curug Cinulang mempunyai dua air  terjun yang ketinggiannya hampir sama yakni 50 m.  Air terjun pertama merupakan air terjun ‘utama’ yang aliran airnya cukup deras.  Sedangkan air terjun kedua berada sekitar 5 m di sebelahnya dengan debit air yang tidak sebesar air terjun yang pertama.

7. Menikmati Keindahan Curug Cigorobog

curug gorobog tempat wisata di sumedang

Curug Gorobog via skyshu2112.blogspot.com

Curug Gorobog berjarak sekitar 15 km dari pusat kota Sumedang dan bisa ditempuh dengan menggunakan berbagai kendaraan.  Namun jalan menuju ke lokasi wisata tidak begitu mulus. Di sepanjang perjalanan, pengunjung akan disuguhi pemandangan alam yang masih asri dengan pohon-pohon hijau serta udara yang dingin dan terasa sejuk.

Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp.3000 rupiah saja, pengunjung bisa menikmati indahnya curug Gorobog. Tempat wisata di Sumedang ini sudah mempunyai beberapa fasilitas,  seperti mushola, toilet dan lahan parkir yang cukup luas.

8. Objek Wisata di Sumedang – Curug Sabuk

curug sabuk tempat wisata di sumedang

Curug Sabuk via tandang.info

Curug Sabuk merupakan tempat wisata di Sumedang yang terletak di sebelah timur laut kawasan hutan Gunung Kareumbi, tepatnya berada di Desa Sukajaya Kecamatan Sumedang Selatan.

Nama Curug Sabuk, menurut beberapa sumber diambil dari salah satu Curug yang menyerupai “Sabuk” (ikat pinggang). Menurut informasi lainnya diambil dari jalan menuju Curug yang panjang dan melingkar seperti sabuk (ikat pinggang).

Objek wisata di Sumedang ini memiliki beberapa buah air terjuan, baik yang besar maupun yang kecil dengan ketinggian berbeda-beda. Setidaknya ada empat air terjun di Curug Sabuk ini, dengan dua curug besar yang memiliki ketinggian sekitar 60 meter berdampingan.

9. Pemandian Air Panas Conggeang Tempat Rekreasi Keramat di Sumedang

pemandian air panas conggeang tempat wisata di sumedang

Cianas Conggeang via rakugakisusan.blogspot.com

Kecamatan Conggeang berada di kaki Gunung Tampomas, Kabupaten Sumedang. Tidak heran jika di wilayah Conggeang banyak ditemukan sumber mata air panas yang bersih dan kemudian menjadi objek wisata di Sumedang.

Pemandian Air Panas Conggeang merupakan tempat wisata di Sumedang yang terbilang angker dan dikeramatkan.

Di obyek wisata Sumedang ini terdapat deretan kamar mandi, dalamnya lumayan luas tapi cuma berisi satu bathtub tanpa gayung atau benda-benda lain. Juga terdapat sekitar 11 pancuran, semuanya air panas.

Suhu airnya cukup panas, tapi kalau sekujur tubuh sudah kena air bikin kulit serasa makin kencang dan mulus. Rasa dingin pun akan sirna seketika.

10. Tempat Rekreasi Pemandian Air Panas Cilengsing Buah Dua

pemandian air panas cileungsing buah dua tempat wisata di sumedang

Pemandian air panas Cileungsing via www.disparbud.jabarprov.go.id

Pemandian air panas Cileungsing Buahdua merupakan salah satu tempat wisata di Sumedang yang tak boleh dilewatkan. Tempat wisata ini berada di bawah kaki gunung Tampomas di utara kota Sumedang, tepatnya terletak di desa Cilangkap Kecamatan Buahdua Kabupaten Sumedang.

Di wilayah Cileungsing Buah Dua muncul air panas lebih dari 10 titik, tetapi yang letaknya dipinggir jalan dan debit airnya yang cukup tinggi yaitu Cipanas Cileungsing Buahdua dan Cipanas Conggeang. Debit air pemandian Cipanas Cileungsing + 50 liter per detik.

Suhu airnya sangat panas dengan bau belerang yang cukup menyengat sehingga tempat wisata di Sumedang yang satu ini banyak dikunjungi wisatawan yang ingin mengobati sakit kulit dan reumatik.

11. Sumber Air Panas Sekarwangi

sumber air panas sekarwangi tempat wisata di sumedang

Sumber air panas Sekarwangi via disparbud.jabarprov.go.id

Wisata Alam Cipanas Sekarwangi terletak di Desa Sekarwangi, Kecamatan Buah Dua. Tempat wisata di Sumedang ini bisa ditempuh dengan semua jenis transportasi, baik pribadi maupun umum dengan rute Sumedang – Conggeang – Buahdua.

Di wisata alam Cipanas Sekarwangi terdapat sumber mata air panas alami yang dilengkapi fasilitas lain seperti penginapan dan lain-lain.

Datang dan nikmatilah kenyamanan mandi dengan air panas alami di sini, serta rasakan khasiatnya yang menyegarkan sekaligus bisa meningkatkan stamina dan kesehatan tubuh Anda.

12. Tempat Wisata di Sumedang – Mata Air Cikandung

mata air cikandung tempat wisata di sumedang

jabar.pokoksatu.id

Mata Air Cikandung terletak di Dusun Sukasari, Desa Nyalindung, Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang. Bagian hulu tempat wisata di Sumedang ini membentuk sebuah kolam dengan ukuran kurang lebih 10 meter persegi.

Mata Air Cikandung memiliki air yang jernih dan sangat dingin, laju airnya tenang dan udara di sekitar cukup sejuk, membuat obyek wisata ini ramai dikunjungi oleh warga sekitar. Menariknya lagi, debit mata air Cikandung cukup stabil dan tidak berubah.

Kegiatan wisata di mata air Cikandung adalah mandi dan menyaksikan suasana sore hari yang sangat indah.

13. Sirah Cilembang Hariang, Objek Wisata Baru di Sumedang

sirah cilembang tempat wisata di sumedang

Sirah Cilembang via siabahlukmantara.blogspot.com

Tempat Wisata di Sumedang ini memiliki banyak nama, di antaranya Sirah Cilembang, Situ Cilembang, Danau Biru Hariang Cilembang hingga ada juga yang menyebutnya dengan Labuan Cermin Cilembang Sumedang. Sirah Cilembang ini berlokasi di Dusun Curug, Desa Hariang, Kecamatan Buahdua, Sumedang, Jawa Barat.

Sekilas, Sirah Cilembang ini mirip dengan Labuan Cermin di Kalimantan Timur. Hanya saja di Situ Cilembang ini pengunjung tidak diperbolehkan berenang, pasalnya sumber mata air ini masih dijadikan sumber kebutuhan air minum dan kebutuhan sehari-hari oleh masyarakat sekitar.

14. Sirah Cipelang, Tempat Wisata Alam di Sumedang

mata air sirah cipelang tempat wisata di sumedang

Sirah Cipelang via ridwanderful.com

Mata Air Cipelang ini terletak di Desa Cipamekar, Kecamatan Conggeang, Kabupaten Subang, Propinsi Jawa Barat.

Mata Air Sirah Cipelang merupakan tempat wisata di Sumedang yang airnya sangat jernih, dan hidup beberapa ikan besar dan kecil. Mata air Sirah Cipelang tertampung dalam sebuah kolam kecil berbentuk kolam renang mini yang sering digunakan warga untuk keperluan mandi dan mencuci.

Meskipun belum ramai seperti tempat wisata lainnya di Sumedang, obyek wisata ini menyediakan beberapa fasilitas penunjang seperti tempat parkir, toilet, tempat mengganti pakaian, mushola dan saung untuk beristirahat.

15. Benteng Palasari Sumedang, Peninggalan Perang Dunia I

jembatan cincin tempat wisata di sumedang

Jembatan Cincin via ashev-sality.blogspot.com

Di Sumedang, terdapat enam benteng peninggalan Hindia Belanda. Benteng ini berpotensi untuk dikembangkan menjadi tempat wisata di Sumedang. Objek wisata peninggalan sejarah ini cukup unik dan langka karena di Jawa Barat hanya terdapat di Kabupaten Sumedang.

Dilansir inilahkoran.com. dari enam peninggalan benteng di Sumedang, dua benteng pernah dirawat, yaitu Benteng Palasari dan Benteng Gunung Kunci. Dua lokasi ini kini menjadi Taman Hutan Rakyat (Tahura).

Benteng-benteng tersebut dibangun mulai 1914 menjadi saksi sejarah Perang Dunia I yang juga berdampak di Indonesia.

16. Tempat Wisata di Sumedang – Puncak Gunung Batu

puncak gunung batu tempat wisata di sumedang

Puncak Gunung Batu via jabar.pojoksatu.id

Gunung Batu terletak berdampingan dengan Gunung Geulis, tempat wisata di Sumedang ini ramai dikunjungi oleh masyarakat sekitar pada hari libur. Selain dari wilayah Jatinangor, pengunjung Gunung Batu juga datang dari Kabupaten Garut, Tasikmalaya dan Bandung. Jika anda ingin sampai ke tempat ini, masuk dari Jl. Pamegarsari Tanjung Sari, Sumedang.

Tempat wisata di Sumedang ini asik untuk rekreasi bersama keluarga. Treknya bertingkat seperti menaiki anak tangga. Tempat wisata ini terlogong murah meriah karena tidak dikenakan tiket masuk.

Dari atas puncak, kita bisa menikmati udara sejuk sambil menyaksikan pemandangan daerah Jatinangor dan Cileunyi yang sangat indah.

17. Waduk Jatigede, Tempat Wisata di Sumedang

waduk jatigede tempat wisata di sumedang

Waduk Jatigede Sumedang via galamedianews.com

Waduk Jatigede kini sudah menjadi tempat wisata di Sumedang, Jawa Barat. Saat ini, kawasan di daerah waduk semakin hidup dan banyak orang berkunjung.

Dilansir liputan6, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk Cisanggarung Trisasongko Widianto mengatakan “Waduk ini memang sudah jadi tempat wisata.”

Hal tersebut terbukti dari banyaknya warung-warung baru berdiri di sepanjang jalan menuju lokasi waduk. Kendaraan pun banyak berjejer di tempat parkir yang disediakan tak jauh dari lokasi warung-warung tersebut.

Rencananya, di waduk berkapasitas 980 juta meter kubik per detik ini juga bakal dibuat Waterboom, hotel, zona pemancingan, agrowisata dan lainnya.

18. Tempat Wisata di Sumedang – Curug Cipongkor

curug cipongkor tempat wisata di sumedang

Pesona Curug Cipongkor via tandang.info

Curug Cipongkor merupakan salah satu objek wisata alam di Sumedang. Curug ini termasuk air terjun tipe tunggal. Aliran air curug Cipongkor tidak terlalu besar, namun cukup tinggi dan menawarkan keindahan tersendiri.

Lokasi Curug Cipongkor cukup tersembunyi, yaitu berada di sebuah ceruk tebing batu cadas yang menjulang tinggi. Di atas tebing batu cadas merupakan hutan Gunung Tugu yang di dalamnya terdapat monyet-monyet kecil.

Di depan air terjun ini terhampar pesawahan berundak-undak, menambah pemandangan di sekitar curug semakin indah.

19. Wisata Alam Pangjugjugan Sumedang

wisata alam pangjugjugan sumedang

Wisata alam Pangjugjugan Sumedang via www.wisatapangjugjugan.com

Wisata Wisata Alam Pangjugjugan adalah tempat di Sumedang yang terletak di Desa Cilembu, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang.

Di lokasi ini pengunjungnya bisa bercengkrama dengan alam, bisa mendengar desau pinus, merasakan gemericik air dan gemulai ikan seraya melihat elang terbang dengan gagahnya di udara.

Di lokasi wisata alam Pangjugjugan, hasil pertanian dan peternakan diolah menjadi produk industri rumah makanan dan minuman. Di tempat ini juga pengunjung bisa belajar tentang alam dan ilmu kehidupan.

20. River Tubing Desa Cipancar , Wisata Petualangan di Sumedang

River Tubing Desa Cipancar tempat wisata di Sumedang

River Tubing Desa Cipancar via jabar.tribunnews.com

River Tubing di Sumedang, yaitu di Sungai Cihonje yang membelah Desa Cipancar dan Citengah. Setiap akhir pekan dan hari libur, tempat wisata di Sumedang ini ramai dikunjungi warga untuk bermain river tubing.

Letak sungai berdekatan dengan jalan raya Sumedang-Citengah, sehingga memudahkan akses para pengunjung untuk menjajal air sungai dan membiarkan dirinya terseret air bersama ban dalam mobil.

River Tubing Cipancar ini jaraknya cukup jauh, lebih dari 1 km. Lama sampainya ke finish sekitar dua jam baru sampai ke finish.

21. Agro Wisata Nangorak Tempat Wisata Keluarga di Sumedang Selatan

agro wisata nangorak tempat wisata di sumedang

Agro Wisata Nangorak via hartanto.wordpress.com

Lokasi Agro Wisata Nangorak terletak di ketinggian antara 850 dan 1000 mdpl. Tempat wisata di Sumedang ini dikenal juga dengan nama KAS (Kawasan Agroteknobisnis Sumedang).

Agro Wisata Nangorak menawarkan kedekatan dengan alam,  di sini pengunjung dapat melihat beragam tanaman pertanian lengkap dengan pabrik pengolahannya.

Selain itu, pengunjung juga bisa menyaksikan budidaya Domba Garut, melihat aneka tanaman di rumah kaca, memetik melon dan strawberry, memancing, duduk santai di gazebo, berkemah dan lain sebagainya.

22. Perkebunan Teh Margawindu, Tempat Wisata di Sumedang yang Mirip Puncak

Perkebunan Teh Margawindu tempat wisata di Sumedang

Perkebunan Teh Margawindu via tandang.info

Warga Sumedang yang ingin menikmati suana alam Puncak tak perlu jauh-jauh pergi ke Puncak Bogor, karena salah satu tempat wisata di Sumedang juga ada yang mirip objek wisata Puncak, yaitu perkebunan teh di perbukitan Margawindu yang dikenal dengan nama perkebunan Teh Marganwindu.

Suasana di perkebunan teh Margawindu ini masih alami, udaranya sangat segar dan tidak terlalu bising dengan kendaraan yang lalu-lalang.

Perkebunan Teh Margawindu berada di wilayah Desa Citengah. Untuk sampai di objek wisata ini, pengunjung akan melewati objek wisata Cibingbin dan Curug Gorobog. Sehingga sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Puncak Bogor

23. Kampung Toga, Kawasan Wisata Terpadu di Sumedang

kampung toga tempat wisata di sumedang

Kampung Toga via nugha-padjadjaran.blogspot.com

Kampung Toga merupakan tempat wisata di Sumedang, letaknya sekitar 2 kilometer ke arah selatan kota Sumedang. Lokasi yang dekat dengan pusat kota Sumedang memudahkan dalam mengaksesnya.

Kampung Toga termasuk kawasan wisata terpadu, di tempat ini tersedia berbagai macam fasilitas rekreasi yang cocok untuk tempat berlibur bagi keluarga. Fasilitas yang tersedia di Kampung Toga ialah 20 buah villa berbagai tipe, kolam renang untuk orang dewasa dan anak-anak, wahana outbond, paralayang, gantole, restoran dengan fasilitas lesehan, tempat pertemuan (meeting) dan ruang terbuka.

Kampung Toga disiapkan untuk kawasan wisata berwawasan lingkungan. Dari atas puncak bukit Toga akan terlihat hamparan pesawahan, perkebunan dengan panorama khas tatar Sunda.

24. Taman Buru Masigit Kareumbi

taman buru masigit kareumbi tempat wisata di sumedang

Taman buru Masigit Kareumbi via tandang.info

Taman Buru Masigit Kareumbi adalah kawasan konservasi seluas 12.420,70 hektare, satu-satunya hutan konservasi dengan fungsi Taman Buru yang ada di Jawa-Bali. Taman Buru Masigit Kareumbi posisinya berada di tiga wilayah Kabupaten, yaitu Kabupaten Bandung, Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Garut.

Baca juga: 15 Tempat Wisata di Garut

TBMK saat ini berada di bawah koordinasi Bidang Wilayah II dan Seksi Konservasi Wilayah III BBKSDA Jabar. Berdasarkan SK BBKSDA nomor 750/BBKSDA JABAR.1/2008 menyatakan bahwa Optimalisasi Pengelolaan Kawasan Kareumbi dilakukan oleh Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung Wanadri.

25. Jembatan Cincin, Tempat Wisata Bersejarah di Sumedang

jembatan cincin tempat wisata di sumedang

Jembatan Cincin via ashev-sality.blogspot.com

Jembatan Cincin mulai dibangun sejak tahun 1918 hingga 1942 oleh Staat Spoorwagen Verenidge Spoorwegbedrijf, sebuah perusahaan kereta api milik Belanda.

Pada saat itu, jembatan cincin berfungsi sebagai salah satu jalur kereta api yang menghubungkan daerah Rancaekek dan Tanjungsari. Pada masa itu, kereta ini menjadi penunjang lancarnya perkebunan karet di Jawa Barat. Jembatan Cincin kini menjadi salah satu tempat wisata di Sumedang.

Jembatan Cincin bisa dibilang memiliki nilai sejarah dan estetika yang cukup tinggi. Dari atas jembatan, Anda bisa melihat komplek pemakaman, sawah, pemandangan daerah Jatinangor dan kampus Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Unpad.

26. Saung Cibingbin, Objek Wisata Alam di Sumedang

saung cibingbin tempat wisata di sumedang

Saung Cibingbin via www.panoramio.com

Saung Cibingbin memiliki konsep wisata alam terbuka dengan berbagai fasilitas seperti tempat memancing, saung-saung, kafe, rumah makan, kolam ikan, kolam renang, dan tempat pemondokkan (Villa).

Saung Cibingbin berlokasi di sekitar Desa Citengah Kecamatan Sumedang Selatan. Di Saung Cibingbin tidak terdapat kursi/ meja, melainkan hanya menggunakan tempat lesehan. Si tempat ini wisatawan bisa menyantap sajian kuliner berupa ikan bakar, nasi timbel komplit dengan satu ekor ikan segar yang dibakar, tempe dan tahu goreng, sayur asem, serta lalab plus sambal segar.

Tempat wisata di Sumedang ini cocok dikunjungi bersama keluarga atau teman-teman kantor.

27. Telusuri Sejarah Sumedang di Museum Prabu Geusan Ulun

Telusuri Sejarah Sumedang di Museum Prabu Geusan Ulun

Museum Prabu Geusan Ulun via Tempo.co

Museum Prabu Geusan Ulun merupakan tempat wisata di Sumedang yang menyimpan benda-benda peninggalan benda-benda bersejarah dan barang-barang pusaka Leluhur Sumedang, sejak Raja-raja Kerajaan Sumedang Larang dan Bupati-bupati yang memerintah Kabupaten Sumedang dahulu.

Museum Prabu Geusan Ulun dikelilingi tembok/ dinding yang tingginya 2,5 meter, dibuat pada tanggal 16 Agustus 1797. Luas halaman Museum seluas 1,88 ha, dengan dihiasi taman-taman dan ditanami pohon-pohon langka.

Museum Prabu Geusan Ulun terletak di tengah kota Sumedang, 50 meter dari Alun-alun ke sebelah selatan, berdampingan dengan Gedung Bengkok atau Gedung Negara dan berhadapan dengan Gedung-gedung Pemerintah.

Itulah 27 tempat wisata di Sumedang yang asyik dan menarik untuk dikunjungi saat liburan bersama keluarga atau teman-teman. Semoga ulasan destinasi wisata di Sumedang ini bermanfaat serta dapat menambah referensi liburan Anda.

27 Tempat Wisata di Sumedang yang Menarik Untuk Dikunjungi | Husni Cahya Gumilar | 4.5
Leave a Reply