30 Tempat Wisata di Majalengka yang Menarik Untuk Dikunjungi

ZONALIBUR.COM, Tempat wisata di Majalengka. Majalengka adalah nama sebuah kabupaten di bagian timur Provinsi Jawa Barat. Kabupaten Majalengka tediri atas 26 Kecamatan yang terbagi lagi menjadi 330 desa dan 13 kelurahan dengan pusat pemerintahan berada di Kecamatan Majalengka.

Secara administratif, Kabupaten Majalengka berbatasan dengan Kabupaten Indramayu di utara, Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis di selatan, Kabupaten Sumedang di barat dan Kabupaten Cirebon serta Kabupaten Kuningan di timur.

Tofografi Kabupaten Majalengka sangat bervariasi dan dipengaruhi oleh perbedaan ketinggian suatu daerah dengan daerah lainnya. Kontur wilayah di bagian utara merupakan dataran rendah, meliputi Kecamatan Kadipaten, Kasokandel, Panyingkiran, Dawuan, Jatiwangi, Sumberjaya, Ligung, Jatitujuh, Kertajati, Cigasong, Majalengka,Leuwimunding dan Palasah.

Di  wilayah tengah berbukit-bukit meliputi Kecamatan Rajagaluh dan Sukahaji sebelah Selatan, Kecamatan Maja, sebagian Kecamatan Majalengka. Kemiringan tanah di daerah ini berkisar antara 15-40%, dengan ketinggian 300–700 m dpl.

Sedangkan di wilayah selatan merupakan kawasan pegunungan dengan dua gunungnya yang terkenal yaitu Gunung Ciremai dan Gunung Cakrabuana, serta sebagian kecil Kecamatan Rajagaluh, Argapura, Sindang, Talaga, sebagian Kecamatan Sindangwangi, Cingambul, Banjaran, Bantarujeg, Malausma dan Lemahsugih dan Kecamatan Cikijing.

Gunung Ciremai memiliki ketinggian 3.076 mdpl, tempat wisata di Majalengka ini adalah gunung tertinggi di Jawa Barat sekaligus merupakan taman nasional dengan nama Taman Nasional Gunung Ciremai.

Selain Gunung Ciremai, masih banyak tempat wisata di Majalengka yang tak kalah menarik dari objek wisata yang ada kota-kota lain di wilayah Pasundan, Jawa Barat. Silakan simak ulasan 30 destinasi wisata di Majalengka berikut ini.

30 Tempat Wisata di Majalengka yang Menarik Untuk Dikunjungi

Tempat Wisata Alam di Majalengka

Kabupaten Majalengka berada di bawah kaki Gunung Ciremai, sehingga memiliki potensi tempat wisata alam yang melimpah untuk dikembangkan. Mulai dari danau, perkebunan, curug hingga pegunungan lengkap tersedia di Majalengka.

Berikut ini tempat wisata alam di Majalengka yang menarik untuk dikunjungi:

1. Gunung Ciremai

gunung ciremai tempat wisata di majalengka

Gunung Ciremai via sindonews.com

Tempat wisata di Majalengka yang pertama adalah Gunung Ciremai. Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat dengan ketinggian 3.076 mdpl, juga sebagai taman nasional dengan nama Taman Nasional Gunung Ciremai.

Gunung Ciremai memiliki beberapa nama, di antaranya Gunung Ceremai, Gunung Cereme, Gunung Cermai dan Gunung Careme. Secara administratif, Gunung Ciremai berada di 3 wilayah Kabupaten, yakni Kabupaten Majalengka, Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Kuningan.

Gunung Ciremai termasuk tempat wisata di Majalengka dengan kategori wisata minat khusus, yaitu olahraga petualangan atau pendakian. Bagi Anda yang hobi mendaki gunung, destinasi wisata Majalengka ini wajib masuk daftar pendakian berikutnya.

2. Gunung Batu Tilu

gunung batu tilu tempat wisata di majalengka

Gunung Batu Tilu via versesofuniverse.blogspot.com

Gunung Batu Tilu merupakan tempat wisata di Majalengka yang menawarkan keunikan dan keindahan alam tersendiri. Gunung ini memiliki tiga puncak dengan ketinggian dan nama yang berbeda-beda.

Puncak tertinggi disebut puncak Sukmana dengan ketinggian 1.154 mdpl. Dari atas puncak gunung ini, pengunjung bisa menikmati keindahan alam pegunungan sambil menikmati udara sejuk.

Puncak kedua tidak diketahui namanya, berada di ketinggian 1.112 mdpl. Puncak tertinggi ketiga dinamakan Gunung Tilu dengan ketinggian 1.076 mdpl. Di puncak Gunung Tilu ini terdapat situs batu berbentuk naga yang menjadi salah satu keunikan Gunung Batu Tilu.

Baca: Keindahan Gunung Batu Tilu Majalengka

3. Gunung Cakrabuana

gunung cakrabuana tempat wisata di majalengka

Gunung Cakrabuana via smkplusmutaallimin.blogspot.com

Gunung Cakrabuana adalah gunung di Jawa Barat dengan ketinggian 1721 mdpl. Tempat wisata di Majalengka ini berada di tiga wilayah Kabupaten, yaitu Kabupaten Majalengka, Kabupaten Garut dan Kabupaten Tasikmalaya.

Sedikitnya terdapat empat jalur pendakian Gunung Cakrabuana, yaitu jalur Bunar Kecamatan Pageurageung Tasikmalaya, Jalur Sukanyiru Kecamatan Wado Sumedang, Jalur Cakrawati Lemah Putih Kecamatan Lemahsugih Majalengka dan jalur pendakian via Malangbong Garut.

Gunung Cakrabuana merupakan taman hutan raya (Tahura), juga sebagai hulu Sungai Ci Tanduy dan Ci Manuk. Tempat wisata di Majalengka ini memiliki sejumlah tanaman endemik, salah satunya aren. Dilansir wikipedia, Gunung Cakrabuana mampu menghasilkan sedikitnya 1,5 ton gula merah per hari.

4. Curug Muara Jaya

curug muara jaya tempat wisata di majalengka

Curug Muara Jaya via infomajalengka.wordpress.com

Curug Muara Jaya merupakan air terjun terpopuler di Majalengka. Tempat wisata di Majalengka ini menawarkan keindahan alam dan kesejukan udara yang sulit didapatkan di perkotaan.

Curug Muara Jaya terletak di Kampung Apuy Desa Argomukti, Kecamatan Argapura Kabupaten Majalengka. Selain menikmati panorama alam dan kesejukan udaranya yang khas, Curug Muara Jaya juga menyediakan camping ground.

Menikmati suasana malam ditemani gemuruh air terjun tentunya akan memberikan sensasi liburan yang luar biasa. Oleh karena itu, tempat wisata di Majalengka yang satu ini wajib Anda kunjungi.

Baca: Pesona Curug Muara Jaya Majalengka Jawa Barat

5. Curug Tonjong

curug tonjong tempat wisata di majalengka

Curug Tonjong via Infomajalengka.wordpress.com

Curug Tonjong atau air terjun Tonjong berada di Desa Teja, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Curug ini merupakan destinasi wisata alam baru yang ada di daerah Majalengka.

Pemandangannya unik, asri dan masih alami karena belum banyak tersentuh oleh aktifitas dan fasilitas wisata. Tempat wisata di Majalengka ini menawarkan keindahan alam yang alami dan mempesona berupa aliran sungai dengan air terjun yang cukup deras walaupun tidak terlalu tinggi.

6. Curug Sawer

curug sawer tempat wisata di majalengka

Curug Sawer via log.viva.co.id

Curug Sawer terletak di Desa Argalingga, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka. Berjarak sekitar 22 kilometer dari pusat kota Majalengka. Curug Sawer termasuk tempat wisata di Majalengka yang terbilang unik dan berbalut mistis, yaitu terdiri atas 5 curug yang masing-masing memiliki keistimewaan tersendiri dan di antaranya dianggap keramat oleh sebagian masyarakat setempat.

7. Curug Cibali

curug cibali tempat wisata di majalengka

Curug Cibali via Jpnn.com

Curug Cibali atau air terjun Cibali terletak di Desa Cikondang, Kecamatan Cingambul, Kabupaten Majalengka. Berjarak sekitar 39 kilometer dari dari pusat kota Majalengka.

Curug Cibali merupakan objek wisata di Majalengka yang mempunyai kondisi alam cukup baik dan belum tercemar.  Panoramanya masih alami dan akan memanjakan mata setiap pengunjung yang datang. Suara gemericik airnya mendorong  anda untuk segera bermain air dan merasakan kesegaran alam.

Rute perjalanannya melintasi area persawahan hijau menambah pemandangan yang tidak akan terlupakan.

8. Curug Cilutung

curug cilutung tempat wisata di majalengka

Curug Cilutung via Twitter

Lokasi Curug Cilutung berada di Desa Campaga, Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka. Berjarak sekitar 28 kilometer dari pusat kota dengan akses jalan yang sudah cukup baik.

Tempat wisata di Majalengka ini menyuguhkan panorama alam yang indah dan memanjakan mata setiap pengunjung.

9. Curug Cipeuteuy

curug cipeuteuy tempat wisata di majalengka

Curug Cipeuteuy via infomajalengka.wordpress.com

Curug Cipeuteuy merupakan salah satu tempat wisata di Majalengka. Terletak di Blok Pasir Desa Bantaragung Kecamatan Sindangwangi. Berjarak sekiter 24 kilometer dari pusat Majalengka. Akses menuju objek wisata ini bisa di akses melalu Jalan Raya Majalengka – Sumber masuk menuju Desa Sindangwangi. Jalan bisa dilalui oleh kendaraan roda dua atau empat, namun cukup sempit serta banyak tanjakan.

10. Perkebunan Teh Cipasung

perkebunan teh cipasung tempat wisata di majalengka

Perkebunan Teh Cipasung via indahnya-berwisata.blogspot.com

Perkebunan Teh Cipasung terletak di Desa Cipasung Kecamatan Lemahsugih. Tempat Wisata di Majalengka ini berjarak sekitar 59 kilometer dari pusat kota dengan waku tempuh kurang lebih 2 jam berkendara.

Perkebunan teh seluas 58 hektar ini dikelola oleh Koperasi Buana Mukti. Di tempat ini pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang menawan serta merasakan kesejukan udara yang menyegarkan.

11. Perkebunan Teh Sadarehe

perkebunan teh sadarehe tempat wisata di majalengka

Perkebunan Teh Sadarehe via infomajalengka.wordpress.com

Perkebunan teh Sadarehe berada di Blok Sadarehe Desa Payung Kecamatan Rajagaluh. Berjarak sekitar 25 kilometer dari pusat kota Majalengka dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam berkendara.

Kebunan teh Sadarehe termasuk tempat wisata di Majalengka yang menawarkan pemandangan alam berupa perkebunan teh seperti di perkebunan teh Cipasung dengan suasana alam yang sejuk dan tenang. 

12. Situ Sangiang dan Makam Sunan Parung

situ sangiang tempat wisata di majalengka

Situ Sangiang via herryfaizal.blogspot.com

Situ Sangiang berlokasi di Desa Sangiang, Kecamatan Banjaran Kabupaten Majalengka. Situ Sangiang merupakan tempat wisata di Majalengka yang menawarkan pemandangan situ (danau) yang sangat indah. Selain itu, pengunjung juga dapat berziarah ke makam keramat Pucuk Ulum Talaga atau Sunan Parung.

Di tempat ini, pengunjung dapat menyaksikan kegiatan budaya seperti potong kambing yang diadakan pada waktu-waktu tertentu, biasanya Senin dan Kamis. Selain itu juga terdapat agrowisata jagung dan susu murni.

13. Wana Wisata Cadas Gantung

wana wisata cadas gantung tempat wisata di majalengka

Wana Wisata Cadas Gantung via infomajalengka.wordpress.com

Cadas Gantung terletak di Desa Mirat, Kecamatan Leuwimunding. Cadas Gantung adalah objek wisata di Majalengka yang diangkat oleh netizen melalui jejaring sosial dan dijadikan sebagai tempat wisata di Majalengka mulai awal tahun 2016 oleh Karang Taruna Desa Mirat.

14. Situ Janawi

situ janawi tempat wisata di majalengka

Situ Janawi via Infomajalengka.wordpress.com

Situ Janawi adalah sebuah tempat wisata di Majalengka berupa danau yang terletak di Desa Payung, Kecamatan Rajagaluh. Rute paling mudah untuk menuju ke Desa Cipayung adalah melewati Rajagaluh. Jalannya sudah cukup baik, namun agak sempit terutama untuk kendaran roda empat.

 15. Talaga Herang

Talaga herang tempat wisata di majalengka

Talaga Herang via majalengkaonline.com

Talaga Herang merupakan tempat wisata di Majalengka yang sudah terkenal ke berbagai daerah seperti Indramayu, Kuningan dan Cirebon. Talaga herang berarti danau yang airnya jernih, destinasi wisata Majalengka ini menawarkan berbagai macam kegiatan wisata seperti bermain air, mengarungi telaga dengan becak air dan berenang.

Talaga Herang dihuni oleh berbagai jenis ikan, namun tidak ada yang berani menangkapnya karena merupakan suatu pantangan yang tak boleh dilanggar.

Di lokasi wisata sudah tersedia berbagai fasilitas penunjang seperti warung-warung makanan serta area parkir cukup luas. Talaga Herang berada di Desa Jerukleueut, Kecamatan Sindangwangi, berjarak sekitar 21 kilometer dari pusat kota Majalengka.

16. Situ Cipanten

Situ Cipanten tempat wisata di majalengka

Situ Cipanten via disporabudpar.majalengkakab.go.id

Situ Cipanten terletak di Desa Gunung Kuning Kecamatan Sindang Kabupaten Majalengka. Berjarak kurang lebih 16 kilometer dari pusat kota Majalengka. Fasilitas tempat wisata di Majalengka ini masih seadanya, setidaknya sudah terdapat area parkir yang cukup luas.. Kegiatan yang bisa Anda lakukan adalah menikamati panorama danau dan memancing.

17. Situ Cikuda

situ cikuda tempat wisata di majalengka

Situ Cikuda via panoramio.com

Situ Cikuda terletak di Desa Padaherang, Kecamatn Singdangwangi, merupakan tempat wisata di Majalengka yang potensial untuk dikembangkan. Situ Cikuda memiliki luas kurang lebih 2 hektar, di sekelilingnya terdapat hutan alami seluas 1,5 hektar yang bisa dikembangkan untuk berbagai fungsi.

18. Situ Cipadung

situ cipadung majalengka

Situ Cipadung via travelleramatir.blogspot.co.id

Situ Cipadung terletak di Desa Pajajar, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka. Destinasi wisata Majalengka ini memiliki beberapa objek menarik, di antaranya makam-makam keramat, petilasan Prabu Siliwangi dan tempat pemandian yang dianggap keramat.

Terdapat juga jalur treking, kolam-kolam yang berisi perahu kayuh dan dihuni oleh ikan-ikan berukuran besar namun tidak boleh dipancing karena merupakan pantangan.

19. Situ Cijawura

Situ Cijawura Tempat wisata di Majalengka

Situ Cijawura via wisata.daftar.co

Situ Cijawura termasuk salah satu objek wisata di Majalengka, juga merupakan wisata danau di Jawa Barat. Situ Cijawura terletak di Desa Kertajati, Kecamatan Kertajati. Berjarak sekitar 28 km dari pusat kota dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit.

Situ Cijawura seluas 45 hektar menawarkan pemandangan alam yang indah, cocok bila dikunjungi bersama keluarga untuk bersantai di akhir pekan.

20. Situ Anggrahan

Situ Anggrahan Tempat Wisata di Majalengka

Situ Anggrahan via disparbud.jabarprov.go.id

Situ Anggrahan terletak di Desa Pilangsari, Kecamatan Jatitujuh, berjarak sekitar 35 kilometer dari pusat kota Majalengka. Objek wisata ini memiliki luas kurang lebih 35 hektar.

Akses jalan menuju lokasi wisata Situ Anggrahan cukup baik, namun tidak ada moda transfortasi umum yang menuju ke sana. Tempat wisata ini sudah tidak terawat, jika di musim kemarau Situ Anggrahan sangat kering.

21. Taman Buana Marga dan Buana Puri

taman buana marga dan buana puri tempat wisata di majalengka

Taman Buana Marga dan Buana Puri via http://1.bp.blogspot.com

Taman Buana Marga dan Buana Puri Taman adalah salah satu tempat wisata di Majalengka dengan konsep perpaduan wisata alam dengan daya tarik buatan yaitu patung dinosaurus, kolam renang, taman bermain, lapangan golf dan lintasan motocross.

Taman Buana Marga dan Buana Puri Taman terletak di Desa Lemahputih Kecamatan Lemahsugih, kurang lebih 37 km sebelah barat daya dari Kota Kabupaten Majalengka.

Taman Agrowisata Buana Puri dibuka dengan tujuan menjadi salah satu tujuan agrowisata di wilayah Majalengka. Tempat wisata ini menawarkan pemandangan alam yang indah dengan udara khas pegunungan yang sejuk.

Tempat Wisata Ziarah di Majalengka     

Selain memiliki objek wisata alam yang indah dan menarik, Kabupaten Majalengka juga memiliki tempat-tempat wisata ziarah yang kerap dikunjungi oleh para peziarah. Berikut ini beberapa tempat wisata ziarah di Majalengka.

24. Petilasan Prabu Siliwangi

petilasan prabu siliwangi tempat wisata di sumedang

Petilasan Prabu Siliwangi via disparbud.jabarprov.go.id

Petilasan Prabu Siliwangi terletak di Kampung Pajajar, Desa Pajajar Kecamatan Rajagaluh. Berjarak kurang lebih 21 kilometer dari pusat kota Majalengka. Patilasan Prabu Siliwangi merupakan tempat peristirahatan Prabu Siliwangi, konon menurut masyarakat sekitar petilasan tersebut merupakan tempat menghilangnya Prabu Siliwangi.

Dalam kawasan wisata di Majalengka ini terdapat dua talaga yaitu Talaga Emas dan Talaga Pancuran. Masing-masing airnya dianggap suci oleh masyarakat sekitar sehingga sebelum melakukan ritual di patilasan Prabu Siliwangi, pengunjung diharuskan mandi bersih di dua talaga tersebut.

25. Makam Pangeran Muhammad

makam pangeran muhammad tempat wisata di majalengka

Makam Pangeran Muhammad via disparbud.jabarprov.go.id

Makam Pangeran Muhamad termasuk tempat wisata di Majalengka yang banyak dikunjungi para peziarah. Konon sekitar tahun 1480-an, Sunan Gunung Jati mengutus pangeran Muhammad menyebarkan agama Islam di Majalengka hingga beliau tutup usia dan dimakamkan di tempat ini.

Makam Pangeran Muhammad terletak Kampung Cicurug, Desa Cicurug, Kecamatan Majalengka berjarak sekitar 3 km dari pusat kota Majalengka. Makam ditandai dengan adanya jirat dan dua nisan yang terletak di bagian utara dan selatan jirat. Makam ditutupi dengan  kelambu berwarna putih yang disangga empat tiang besi.

26. Makam Buyut Kyai Arsitem

Makam Buyut Kyai Arsitem tempat wisata di Majalengka

Makam Buyut Kyai Arsitem via disparbud.jabarprov.go.id

Makam Buyut Kyai Arsitem terletak di Desa Sumber Wetan Kecamatan Jatitujuh dengan jarak kurang lebih 37 Km dari pusat kota Majalengka. Makam ini erat hubungannya dengan sumur sindu, setiap pengunjung yang akan melakukan ritual harus mandi di sumur sindu untuk membersihkan atau mensucikan diri.

27. Makam Buyut Israh

Makam Burut Israh tempat wisata di majalengka

Makam Burut Israh via disparbud.jabarprov.go.id

Makam Buyut Israh terletak di Desa Sukasari Kidul, Kecamatan Argapura, berjarak sekitar 15 kilometer dari pusat Kota Majalengka. Sarana jalan menuju lokasi Makam Buyut Israh kurang baik dan belum tersedia moda transfortasi umum. Para peziarah harus naik ojek untuk tiba di makam tersebut.

Tempat wisata di Majalengka ini biasanya rampai dikunjungi oleh para peziarah pada bulan-bulan tertentu. Misalnya, pada bulan Rayagung pengunjung bisa mencapai 500 orang per hari.

28. Makam Eyang Natakhusuma

Makam Eyang Natakhusuma tempat wisata di majalengka

Makam Eyang Natakhusuma via disparbud.jabarprov.go.id

Makam Eyang Natakhusuma terletak di Desa Talaga Wetan, Kecamatan Talaga. Berjarak sekitar 26 kilometer dari pusat kota Majalengka. Eyang Natakhusuma merupakan tokoh sejarah kebudayaan pada masa kerajaan Talaga Manggung.

Fasilitas yang ada di lokasi makam tersebut  masih kurang memadai.  Pengunjung yang berziarah ke makam tersebut datang dari dalam kota, Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Indramayu.

Tempat Wisata Budaya dan Sejarah di Majalengka

Kabupaten Majalengka memiliki sejarah yang cukup panjang dan tidak memungkinkan jika dibahas di sini. Untuk mengetahui peninggalan sejarah dan budaya Kabupaten Majalengka, berikut ini di antaranya.

29. Museum Talaga Manggung

museum talagamanggung tempat wisata di majalengka

Museum Talagamanggung via www.disparbud.jabarprov.go.id

Museum Talaga Manggung berada di Desa Talaga Wetan, Kecamatan Talaga. Dengan jarak sekitar 26 km dari pusat kota Majalengka. Tempat wisata di Majalengka ini menyimpan benda-benda peninggalan sejarah dari Kerajaan Talaga Manggung seperti kereta kencana, peralatan perang, dan alat kesenian.

Pengunjung yang datang ke lokasi wisata budaya ini pada umumnya pelajar. Untuk tiket masuk pada lokasi wisata budaya ini tidak ada ketentuan biaya yang harus di keluarkan hanya sebatas sumbangan sukarela.

Selain Museum Telaga Manggung, di Kabupaten Majalengka juga terdapat dua tempat bersejarah yaitu Monumen Perjuangan Kawunghilir (Ceper, Baki tempat sirih, peti kayu besar, dan senjata) yang berlokasi di Desa Cigasong dan Tugu Peringatan Riwayat Bangun Rangin yang terletak di Kecamatan Jatitujuh.

30. Rumah Adat Panjalin

Rumah Adat Panjalin tempat wisata di majalengka

Rumah Adat Panjalin via disparbud.jabarprov.go.id

Rumah Adat Panjalin terletak di Blok Rabu, Desa Panjalin Kidul, Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Majalengka. Rumah Adat Panjalin merupakan rumat adat asli peninggalan sejarah di Majalengka. Rumah ini menjadi saksi bisu penyebaran agama Islam di wilayah Majalengka, khususnya di Panjalin.

Rumah adat ini didirikan oleh Raden Sanata, keturunan kerajaan Talaga pada abad ke-17 atau sekitar 300 tahun yang lalu, sehingga kondisinya saat ini sudah semakin rapuh. Namun begitu, rumah adat ini tetap terlihat indah dan menawan.

Itulah 30 tempat wisata di Majalengka, semoga ulasan ini dapat bermanfaat untuk menambah referensi liburan Anda di Kabupaten Majalengka.

Selamat berlibur!

30 Tempat Wisata di Majalengka yang Menarik Untuk Dikunjungi | Husni Cahya Gumilar | 4.5