28 Tempat Wisata di Kuningan yang Wajib Dikunjungi

ZONALIBUR.COM, Tempat Wisata di Kuningan.  Kabupaten Kuningan adalah salah satu Kabupaten yang berada di wilayah Provinsi Jawa Barat, dengan ibukotanya di Kuningan. Topografi Kabupaten Kuningan berupa dataran rendah di bagian timur dan pegunungan di bagian barat dengan puncaknya Gunung Ciremai (3.076 mdpl) di perbatasan Kabupaten Majalengka.

Gunung Ciremai merupakan tempat wisata di Kuningan sebagai gunung tertinggi di Jawa Barat. Letaknya berada di 3 wilayah Kabupaten, yakni Kabupaten Kabupaten Kuningan, Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Cirebon.

Secara administratif, Kabupaten Kuningan berbatasan dengan Kabupaten Cirebon di sebelah utara, Kabupaten Brebes di timur, Kabupaten Ciamis dan Cilacap di selatan serta Kabupaten Majalengka di barat.

Kabupaten Kuningan terdiri atas 32 Kecamatan yang terbagi menjadi 361 desan 15 kelurahan. Kabupaten ini berada di lintasan jalan regional Cirebon – Priangan Timur dan menghubungkan Bandung-Majalengka dengan Jawa Tengah.

Seperti kabupaten lainnya, Kabupaten Kuningan  juga memiliki kuliner khas yang bisa dijadikan oleh-oleh para wisatawan, di antaranya opak bakar Kartika, jeruk nipis peras, peuyeum (tape), angling, golono (gorengan khas dari Luragung), nasi kasreng (nasi bungkus ciri khas Luragung), keripik becak, rengginang, ketempling, gaplek Luragung dan raragudig.

Sedangkan cinderamata khas Kuningan di antaranya batu ony, suiseki, batu granit, cincin, bonsai, peti antik dan calung.

Tak lengkap bila singgah ke Kuningan tidak mengunjungi objek wisatanya yang menarik. Ada banyak tempat wisata di Kuningan yang bisa dikunjungi saat akhir pekan, baik bersama keluarga ataupun sahabat dekat.

Anda tentu sudah tak sabar untuk mengetahui daftar tempat wisata di Kuningan yang menarik untuk dikunjungi. Selamat menyimak ulasan destinasi wisata Kuningan berikut ini.

28 Tempat Wisata di Kuningan Jawa Barat

Tempat wisata di Kuningan ini meliputi tempat rekreasi, objek wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah dan adat.

Tempat Rekreasi dan Wisata Alam di Kuningan

1. Palutungan dan Curug Putri

curug putri tempat wisata di kuningan

Curug Putri Kuningan via Kompasiana.com

Palutungan dan Curug Putri adalah salah satu tempat wisata di Kuningan dengan kategori wisata alam. Palutungan & Curug Putri merupakan sebuah kawasan hutan seluas kurang lebih 50 hektar dan air terjun yang terletak di kaki gunung Ceremai tepatnya di Kecamatan Cigugur, berjarak sekitar 10 kilometer dari pusat kota Kuningan.

Kegiatan wisata yang bisa dilakukan di tempat ini antara lain rafting, camping ceria, bersantai dan menikmati jajanan yang tersedia di warung-warung. Objek wisata ini dapat dicapai dari Kecamatan Cigugur dan dari Kota Kuningan. Kondisi jalan umumnya beraspal dan baik, dapat dilalui kendaraan roda dua dan empat.

2. Talaga Remis

telaga remis tempat wisata di kuningan

Talaga Remis via Cireboner.com

Talaga Remis adalah salah satu tempat wisata di Kuningan yang merupakan perpaduan antara pesona alam pergunungan hutan serta air talaga yang jernih, bening laksana kaca.

Telaga Remis mempunyai ciri khas air yang jernih dan dingin serta di dalamnya terdapat banyak remis (sejenis kerang air tawar).

Objek wisata alam ini terletak di Desa Kaduela, Kecamatan Mandarican dapat dicapai dari kota Kuningan dan Palimanan. Dengan Jarak Kuningan – Talaga Remis + 37 km,  Mandarican – Talaga Remis + 10 km, Palimanan – Talaga Remis + 12 km dan Cirebon – Talaga Remis + 30 km. Kondisi jalan umumnya baik dan beraspal.

Objek wisata ini sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang seperti perahu motor, sepeda air, saung, papan petunjuk, shelter, instalasi air bersih, bangku, MCK, mushola dan lain-lain.

3. Telaga Nilem Kuningan

Telaga Nilem tempat wisata di Kuningan

Telaga Nilem Kuningan via iwisataindonesia.com

Telaga Nilem adalah telaga yang termasuk dalam kawasan kompleks wisata Telaga Remis. Sumber air telaga ini langsung dari mata air pegunungan sehingga menyebabkan air Telaga Nilem begitu jernih dan segar.

Tempat wisata di Kuningan ini termasuk salah satu mata air atau kolam alami yang jernih. Kondisinya sepi dan tidak terlalu ramai. Air di dalam telaga seperti hamparan kaca sehingga kita bisa melihat dasar telaga ini yang berisi kerikil, bebatuan, lumut dan ganggang.

Telaga Nilem berada di Desa Kaduela, Kecamatan Pesawahan, Kabupaten Kuningan. Berjarak sekitar 35 km dari pusat kota Kuningan atau 24 km dari kota Cirebon.

4. Curug Sidomba Kuningan

curug sidomba tempat wisata di kuningan

Curug Sidomba Kuningan via panoramio.com

Curug Sidomba adalah tempat wisata di Kuningan yang terletak di desa Peusing, Kecamatan Jalaksana dengan jarak sekitar 18 km dari pusat kota Kuningan atau 25 kilometer dari kota Cirebon. Akses jalan lumayan baik dan beraspal serta dapat dilalui oleh kendaraan roda dua dan roda empat.

Curug Sidomba berada di sungai yang bersumber dari mata air gunung Ciremai, airnya cukup jernih, dingin dan segar.

Curug Sidomba termasuk salah satu air terjun unik, simple, dan cocok dinikmati untuk liburan bersama keluarga atau teman.  Selain menikmati keindahan Curug Sidomba, di sini pengunjung dapat menikmati berbagai macam fasilitas penunjang wisata seperti saung (gazebo), kantin, kolam renang, flyngfox (outbound), mobil domba, kereta mini, motor atv, karaoke out door, karaoke box, kolam pancing anak, gedung serbaguna, live music, koleksi hewan dan arena bermain anak serta tersedia camping ground untuk arena perkemahan.

5. Curug Bangkong

curug cibangkong tempat wisata di kuningan

Curug Cibangkong Kuningan via indonesiakaya.com

Air Terjun Bangkong atau Curug Bangkong merupakan objek wisata alam di Kuningan, berlokasi di Desa Kertawiratma, Kecamatan Nusaherang, Kabupaten Kuningan.

Curug ini memiliki ketinggian 23 meter dan lebar sekitar 3 meter di didiami oleh katak berukuran besar yang menurut cerita masyarakat setempat merupakan jelmaan Abah Wiria, seorang petapa yang berasal dari daerah Ciamis.

6. Curug Ngelay

curug ngelay tempat wisata di kuningan

Curug Ngelay Kuningan via apriliyanti26.blogspot.co.id

Curug Ngelay terletak di Desa Selajambe, Kuningan. Curug ini menawarkan pemandangan alam yang sangat mempesona. Curug ini masih belum terjamah, sehingga masih asri dan alami. Hal ini karena jarak tempuhnya yang lumayan jauh, sulit dan terjal.

7. Taman Wisata Alam Linggarjati

Taman Wisata Alam Linggarjati tempat wisata di kuningan

Taman Wisata Alam Linggarjati via wikipedia

Taman Wisata Alam Linggarjati adalah salah satu tempat wisata di Kuningan yang terletak di Desa Linggarjati, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan. Berjarak kurang lebih 28 km dari pusat kota Kuningan atau sekitar 160 km dari kota Bandung. Tempat ini merupakan titik awal pendakian ke Gunung Ciremai.

Kawasan Taman Wisata Alam Linggarjati menawarkan panorama alam yang indah dan hawa sejuk khas pegunungan. Tidak jauh dari lokasi TWA ini juga terdapat bangunan yang bernilai sejarah, yaitu gedung perjanjian Linggarjati.

Kegiatan wisata yang dapat dilakukan di objek wisata ini di antaranya bersantai menikmati keindahan alam, memancing dan berenang. TWA Linggarjati sudah memiliki berbagai fasilitas seperti pesanggrahan (penginapan), tempat parkir, kolam renang, tempat bermain anak-anak, shelter dan MCK.

8. Waduk Darma

waduk darma tempat wisata di kuningan

Waduk Darma via kabupaten-kuningan.blogspot.com

Waduk Darma berada di lintasan Cirebon-Kuningan-Ciamis, tepatnya berlokasi di Desa Jagara, Kecamatan Darma, dengan jarak sekitar 12 km dari pusat kota Kuningan atau 37 km dari kota Cirebon.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Cirebon yang Paling Menarik Untuk Dikunjungi

Tempat wisata di Kuningan ini menempati areal seluas ± 425 ha, dikelilingi oleh bukit dan lembah serta pemandangan yang indah dengan udara yang sejuk dengan kapasitas genangan air maksimal ± 39.000.000 m3.

Fungsi utama waduk Darma adalah sebagai penampungan air untuk pengairan dan perikanan. Selain itu, waduk ini dapat dijadikan sarana rekreasi dan olahraga. Fasilitas yang tersedia di antaranya areal kemping,  kolam renang anak-anak, perahu motor, cottage, dll.

9. Objek Wisata Cibulan

cibulan tempat wisata di kuningan

Objek Wisata Cibulan Kuningan via travel.kompas.com

Cibulan adalah objek wisata pemandian air dingin yang diresmikan pada 27 Agustus 1939 oleh Bupati Kuningan saat itu, R.A.A. Mohammad Achmad. Kini, Cibulan menjadi objek wisata di Kuningan yang ramai pengunjung.

Di kawasan objek wisata ini terdapat dua kolam besar yang masing-masing dihuni oleh puluhan ikan berwarna abu-abu kehitaman dan disebut sebagai kancra bodas atau ikan dewa (tor douronensis). Ikan Dewa adalah sejenis ikan yang dikeramatkan oleh penduduk di sekitar wilayah Desa Manis Kidul. Meski dihuni ikan-ikan dewa, namun kolam-kolam Cibulan juga dibuka sebagai kolam pemandian umum.

Selain kolam dengan ikan dewanya yang jinak, di dalam objek wisat ini juga terdapat tujuh sumber mata air yang dikeramatkan yang bernama Tujuh Sumur, yaitu Sumur Kejayaan, Sumur Kemulyaan, Sumur Pengabulan, Sumur Cirancana, Sumur Cisadane, Sumur Kemudahan, dan Sumur Keselamatan.

10. Open Space Galery Kuningan

Open Space Gallery tempat wisata di kuningan

Open Space Gallery via radarcirebon.com

Open Space Gallery (OSG) Linggarjati merupakan salah satu tempat wisata di Kuningan untuk rekreasi, senam, cuci mata dan terapi ikan. Untuk memasuki kawasan OSG, pengunjung tidak dikenakan biaya masuk alias gratis, kecuali biaya parkir kendaraan sebesar Rp. 2.000,- per motor.

Setiap hari Minggu pagi, kawasan Open Space Gallery (OSG) Linggarjati selalu dipenuhi oleh warga yang ingin berolah raga dan terapi ikan serta penjaja makanan dan mainan.

11. Pemandian Air Panas Sangkanurip Kuningan

Pemandian Air Panas Sangkanurip tempat wisata di kuningan

Pemandian Air Panas Sangkanurip via seputarjalanjalan-new.blogspot.com

Pemandian air panas Sangkanurip terletak di Desa Sangkanurip, Kecamatan Gandamekar, berjarak sekitar 12 km ke arah utara dari pusat kota Kuningan atau ke 23 km arah selatan dari kota Cirebon.

Tempat wisata di Kuningan ini merupakan pemandian air panas alami beryodium dengan suhu 36 °C, kaya akan mineral dan mikro organisme sehingga sangat berkhasiat untuk mengobati penyakit kulit dan rematik.

Di sekitar Sangkanurip sudah tersedia hotel melati maupun berbintang yang dilengkapi dengan spa, serta restoran dengan menu ikan bakarnya yang terkenal.

12. Lembah Cilengkrang Kuningan

lembah cilengkrang tempat wisata di kuningan

Lembah Cilengkrang via wisatakuningan.wordpress.com

Lembah Cilengkrang terletak di Desa Pajambon, Kecamatan Karamatmulya, Kabupaten Kuningan. Termasuk salah satu tempat wisata di Kuningan yang menawarkan panorama alam yang indah dengan daya tarik berupa hutan alami dan curug.

Wisata alam ini juga memiliki sumber mata air panas alami yang sudah dibuat kolam-kolam untuk mandi atau sekedar berendam.

13. Kebun Raya Kuningan

kebun raya kuningan

Kebun Raya Kuningan via jalladha.blogspot.com

Dilansir Pikiran-rakyat.com, Kebun Raya Kuningan ditutup sementara untuk umum selama tahun 2016, dan diperkirakan baru bisa dibuka kembali untuk masyarakat umum pada tahun 2017 jika pembangunan berbagai fasilitas umum bisa terpenuhi.

Meskipun tempat wisata di Kuningan ini dinyatakan ditutup sementara, hampir setiap hari masih saja ada masyarakat yang berusaha masuk ke kawasan Kebun Raya Kuningan untuk sekadar bermain.

14. Balong Kramat Cigugur Kuningan

balong kramat cigugur tempat wisata di kuningan

Balong Kramat Cigugur zaman dulu via wikiepdia

Balong Kramat Cigugur adalah salah satu tempat wisata di Kuningan. Tempat ini merupakan habitat ikan dewa yang dikeramatkan oleh sebagian warga Kuningan. Ikan dewa atau disebut juga kancra bodas jangan dijumpai di daerah lain, sehingga masyarakat tak ada yang berani mengganggu ikan ini.

15. Balong Keramat Darmaloka

balong kramat darmaloka tempat wisata di kuningan

Balong Kramat Darmaloka via www.kuningankab.go.id

Balong Keramat Darmaloka adalah danau yang terletak di desa Darma, Kecamatan Darma. Berjarak sekitar 13,5 km dari pusat kota Kuningan atau 48 km dari kota Cirebon.

Konon Balong Keramat Darmaloka merupakan bekas peninggalan zaman Walisongo dalam rangka penyebaran agama Islam. Tempat wisata di Kuningan ini dihuni oleh ikan dewa atau kancra bodas yang dianggap keramat oleh warga Kuningan.

Di komplek Balong Keramat Darmaloka terdapat makam Syekh Rama Gusti yang konon ditugaskan oleh Walisongo untuk menyebarluaskan agama Islam di daerah tersebut.

16. Situ Cicerem Kuningan

Situ Cicerem tempat wisata di Kuningan

Situ Cicerem Kuningan via satuyangunik.blogspot.co.id

Situ Cicerem berlokasi di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan. Tempat wisata di Kuningan ini merupakan telaga alami dengan airnya berwarna biru jernih, tak heran bila masyarakat sekitar situ menyebutnya Telaga Biru.

Di pinggir Situ Cicerem tumbuh pepohonan yang tinggi dan rindang,  sehingga objek wisata ini memiliki hawa sejuk dan jauh dari bising kendaraan seperti di kota-kota besar.

17. Taman Salsabila

taman salsabila tempat wisata di kuningan

Taman Salsabila via wisata-cirebon.blogspot.co.id

Salsabila ini adalah suatu arena outbond yang terdiri dari arena outbond anak dan arena outbond remaja/dewasa. Tempat wisata di Kuningan ini mempunyai fasilitas seperti restoran, tempat parkir dan saung-saung tempat makan.

Taman Salsabila terletak di Desa Panawuan, Kecamatan Cigandamekar Kabupaten Kuningan. Untuk memasuki arena outbond ini pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 4.000 untuk anak-anak dan Rp. 9.000 untuk dewasa.

18. Gunung Ciremai

gunung ciremai tempat wisata di majalengka

Gunung Ciremai via sindonews.com

Gunung Ciremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat dengan ketinggian 3.076 mdpl, juga sebagai taman nasional dengan nama Taman Nasional Gunung Ciremai.

Gunung Ciremai berada di 3 wilayah Kabupaten, yakni Kabupaten Kuningan, Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Cirebon. Gunung ini memiliki beberapa nama, di antaranya Gunung Ceremai, Gunung Cereme, Gunung Cermai dan Gunung Careme.

Baca juga: 30 Tempat Wisata di Majalengka yang Menarik Untuk Dikunjungi

Gunung Ciremai termasuk tempat wisata di Kuningan dengan kategori wisata minat khusus, yaitu olahraga petualangan atau pendakian

19. Wisata Pedesaan Sitonjul Kuningan

Desa Sitonjul tempat wisata di kuningan

Desa Sitonjul Kuningan via www.handmade.tobucil.net

Sitonjul merupakan tempat wisata di Kuningan dengan nuansa pedesaan. Wisata pedesaan Sitonjul berlokasi di pedesaan Sangkanurip, Kecamatan Cilimus. Berjarak sekitar 13 km ke arah utara dari pusat kota Kuningan atau 24 km ke arah selatan dari kota Cirebon.

Sitonjul merupakan akronim dari nama dusun yang dilalui oleh rute Village Walk yaitu Dusun Simenyan Kidul dan Muncul Kaler. Wisata ini merupakan Community Base Tourism, yaitu pariwisata yang didasari pada kehidupan sosial budaya masyarakat sebagai basis daya tariknya disertai dengan keaslian dan kelokalan alam pedesaannya.

Kegiatan wisata Sitonjul adalah menyusuri alam pedesaan sepanjang 4 km dengan disuguhi pesona air terjun Bendung Katiga, udara sejuk dan bebas polusi, rona bentang alam yang indah, serta menyaksikan petani di ladang dan kehidupan masyarakat pedesaan yang bebas dari kesibukan.

20. Kolam Renang Sanggariang Kuningan

Kolam Renang Sanggariang tempat wisata di Kuningan

Kolam Renang Sanggariang via arinitour.com

Kolam Renang Sanggariang terletak di jalur jalan Siliwangi No. 75 Kelurahan Kuningan, Kecamatan Kuningan. Tempat wisata di Kuningan ini mempunyai fasilitas kolam renang dewasa, kolam renang anak-anak dan balita.

Selain fasilitas olahraga, di Sanggariang juga terdapat gedung untuk kegiatan olahraga bulu tangkis, seminar, festival kesenian, resepsi pernikahan/ sunatan atau kegiatan nice lainnya.

21. Pemandian Air Panas Subang Kuningan

Pemandian Air Panas Subang tempat wisata di Kuningan

Pemandian Air Panas Subang Kuningan via 1.bp.blogspot.com/

Wisata pemandian air panas di Desa Subang, Kuningan menjadi salah satu destinasi wisata favorit sekaligus andalan Kabupaten Kuningan. Di tempat ini, pengunjung bisa refreshing sekaligus meregangkan otot-otot yang tegang.

Untuk memasuki objek wisata di Kuningan ini, pengunjung akan dikenakan tiket masuk Rp. 5.000 untuk dewasa dan Rp. 2.500 untuk anak-anak. Di tempat ini juga tersedia kolam khusus untuk terapi penyakit kulit.

22. Desa Setianegara

desa setianegara tempat wisata di kuningan

Desa Setianegara Kuningan via commons.wikimedia.org

Setianegara adalah sebuah Desa di Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, terdiri atas 9 dusun. Dahulu Desa Setianegara sering disebut Gunung Deukeut yang berarti desa yang paling dekat dengan gunung.

Kawasan hutan Setianegara menyimpan keanekaragaman flora dan fauna, alam yang asri dan udara yang sejuk. Potensi wisata hutan Desa Setianegara adalah agrowisata, wisata pengetahuan, mendaki gunung, olahraga dan berkemah.

23. The Mountain Recreation Kuningan

The Mountain Recreation tempat wisata di Kuningan

The Mountain Recreation via kabar-cirebon.com

Mountain Recreation Park merupakan kawasan obyek wisata di Jalan Raya Cirendang, Gunungkeling, Cigugur, Kabupaten Kuningan. Tempat wisata ini menyediakan lebih dari sepuluh wahana permainan unggulan seperti waterboom, fun pool, kolam prestasi, seluncuran, ember tumpah, dan kolam pemancingan, kora-kora, mini train, ontang-anting, komedi putar dan lainnya.

Obyek wisata di Kuningan ini lebih ke konsep one stop shopping. Di mana, setiap pengunjung yang masuk ke obyek wisata ini, akan mendapatkan semua fasilitas wisata ada di sini.

Selain itu, Mountain Recreation Park merupakan sarana pengenalan kolem prestasi dan pesawat udara bagi anak SD, SMP, maupun SMA. Untu memasuki The Mountain Recreation Park, pengunjung dikenakan tiket masuk antara Rp 12.500 – 17.500 (Senin-Jumat). Sedangkan Sabtu dan Minggu serta hari libur nasional Rp 15.000 – Rp 20.000.

Wisata Budaya dan Sejarah di Kuningan

24. Gedung Perundingan Linggarjati

gedung perundingan linggarjati tempat wisata di kuningan

Gedung Perundingan Linggarjati Kuningan via caridimari.blogspot.com

Gedung Perundingan Linggarjati terletak di Desa Linggarjati, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan. Gedung ini merupakan tempat bersejarah di Kuningan, yaitu sebagai tempat perundingan Pemerintah Republik Indonesia dengan Pemerintah Belanda pasca perang kemerdekaan pada November 1946.

Kini gedung tersebut menjadi salah satu tempat wisata di Kuningan yang cukup ramai pengunjung. Objek wisata bersejarah ini, dari pusat kota Kuningan berjarak sekitar 15 km dan dari kota Cirebon 27 km dengan jalan beraspal dan baik, dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat.

25. Situs Sanghiang Sagarahiang

situs sanghiang sagarahiang tempat wisata di kuningan

Sanghiang Sagarahiang Kuningan via putracilebak.blogspot.com

Situs Sanghiang Sagarahiang adalah sebuah situs purbakala berupa arca dan sandi atau formasi batu batuan yang diduga sebagai tempat pemujaan untuk mengabdi kepada leluhur.

Tempat wisata di Kuningan ini diperkirakan telah berumur ribuan tahun, tapi sayang peninggalan jaman purbakala ini tidak terurus dan tidak dijaga dengan baik.

Situs Sanghiang Sagarahiang berada di Desa Sagarahiang, Kuningan. Untuk mencapai lokasi, dari desa harus berjalan kaki sekitar 1 kilometer atau 30 menit perjalanan.

26. Situs Naga Desa Jabranti

Situs Naga Desa Jabranti tempat wisata di kuningan

Situs Naga Desa Jabranti Kuningan via okezone.com

Desa Jabranti berada di wilayah Kecamatan Karangkancana, Kuningan. Di Desa ini terdapat Situs Naga Jabranti, yaitu prasasti berupa batu tulis dengan ukiran naga. Secara administratif, Desa Jabranti berbatasan dengan Desa Margacina di barat, Desa Karangkancana di utara, Desa Cimara (Kecamatan Cibeureum) di timur dan desa Windusaktu, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes di sebelah selatan.

27. Situs Purbakala Cipari

taman purbakala cipari tempat wisata di kuningan

Taman Purbakala Cipari Kuningan via gotocirebon.com

Situs Purbakala Cipari terletak di Kampung Cipari, Desa Cigugur Kecamatan Cigugur, berjarak sekitar 4 kilometer dari pusat kota Kuningan. Tempat wisata di Kuningan ini merupakan situs peninggalan zaman megalitik  berupa kubur batu dan menhir.

Situs Cipari ditemukan pada tahun 1972, situs ini memiliki koleksi cukup lengkap yang menggambarkan kehidupan masyarakat pada masa itu. Lokasi situs ini kini menjadi salah satu destinasi wisata di Kuningan dengan dikembangkan menjadi Taman Purbakala Cipari.

Wisata Adat di Kabupaten Kuningan

28. Upacara Adat Seren Taun

seren taun wisata kuningan

Upacara Seren Taun via kompas.com

Seren Taun adalah upacara adat panen padi masyarakat Sunda yang dilakukan tiap tahun sebagai syukuran masyarakat agraris. Upacara ini berlangsung khidmat dan semarak di berbagai desa adat Sunda.

Istilah Seren Taun berasal dari bahasa Sunda yang artinya serah terima tahun yang lalu ke tahun yang akan datang sebagai penggantinya. Selain diramaikan oleh masyarakat setempat, upacara Seren Taun juga oleh masyarakat dari beberapa daerah di Jawa Barat dan wisatawan mancanegara.

Demikianlah ulasan 28 tempat wisata di Kuningan, Jawa Barat. Semoga info destinasi wisata Kuningan ini bermanfaat dan dapat menambah referensi liburan Anda.

Terima kasih, selamat berlibur!

28 Tempat Wisata di Kuningan yang Wajib Dikunjungi | Husni Cahya Gumilar | 4.5
Leave a Reply