15 Tempat Wisata di Kuala Lumpur yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan ke Malaysia

Tempat wisata di Kuala Lumpur Malaysia selalu diburu traveler dari berbagai negara, termasuk dari Indonesia. Salah satu alasan banyak orang Indonesia jalan-jalan ke Kuala Lumpur karena jaraknya cukup dekat hanya sekitar 2 jam penerbangan langsung. Selain itu, bahasa Melayu masih bisa dipahami oleh yang tidak pandai bahasa Inggris seperti saya, biaya traveling ke Kuala Lumpur relatif terjangkau dan ada banyak tempat wisata di Kuala Lumpur yang gratis, menarik dan mudah dijangkau transportasi umum.

Mayoritas tempat wisata di Kuala Lumpur untuk sekadar foto-foto tidak dipungut tiket masuk, alias gratis. Kecuali masuk atau mencoba wahana seperti Awana Skyway di Genting.

Selain menggunakan transportasi KL Monorel, LRT, MRT dan bus Rapid KL, berkeliling ke tempat-tempat wisata di Kuala Lumpur juga bisa menggunakan bus gratis Go KL.

Hari Senin – Kamis, Go KL free city bus beroperasi dari jam 6 pagi sampai jam 11 malam, Jum’at – Sabtu beroperasi dari jam 6 pagi sampai 1 dini hari, Minggu beroperasi mulai jam 7 pagi sampai jam 11 malam.

Baca juga: Peta dan Rute Go KL, Bus Gratis Untuk Keliling Kota Kuala Lumpur

Apa dan di mana saja destinasi wisata Kuala Lumpur? Yuk simak ulasannya berikut ini.

15 tempat wisata di Kuala Lumpur

1. Petronas Twin Tower

Tempat wisata di Kuala Lumpur Petronas

Petronas Twin Tower di kawasan Suria KLCC merupakan salah satu tempat wisata di Kuala Lumpur yang paling terkenal. Jika kamu akan traveling ke KL, kamu wajib datang ke menara kembar ini.

Dari Bukit Bintang atau Jalan Pudu ke Petronas Twin Tower tak perlu biaya se-sen pun. Kamu bisa naik bus gratis Go KL dari Ain Arbain dekat Stesen Monorel dan MRT Bukit Bintang, turun di KLCC.

Jika sekadar foto-foto di bawah gedung Petronas Twin Tower yang menjulang tinggi atau duduk santai menikmati atraksi air mancur, pengunjung tidak dikenakan tiket masuk.

Pulang dari Petronas Twin Tower juga gratis, bisa naik Go KL sampai ke pemberhentian yang dekat dengan hotel tempat kamu menginap.

2. KL Tower

Menara KL tempat wisata di Kuala Lumpur

Selain Petronas Twin Tower, tempat wisata di Kuala Lumpur yang wajib dikunjungi saat liburan ke Malaysia adalah KL Tower. Lokasi KL Tower berada di dekat Stesen Bukit Nanas, hanya perlu berjalan kaki beberapa menit saja.

Ke KL Tower dari KL Central, Bukit Bintang, Jalan Pudu bisa naik monorel laluan Titiwangsa berhenti di Stesen Bukit Nanas. Dari Stesen Bukit Nanas bisa berjalan kaki ke KLCC atau naik LRT laluan Gombak lewat Stesen Kampung Baru, turun di Stesen KLCC.

3. Batu Caves

15 Tempat Wisata di Kuala Lumpur yang Paling Populer

Tempat Wisata populer di Kuala Lumpur berikutnya adalah Batu Caves. Untuk sampai di Batu Caves, dari Bukit Bintang, Jalan Pudu atau dari tempat lain di Kuala Lumpur naik monorel, LRT atau MRT ke KL Central. Dari KL Central naik Shutle Bus gratis sampai ke Sentul, kemudian dilanjutkan ke lokasi Batu Caves naik KTM.

Di Batu Caves terdapat 2 buah patung besar, salah satunya patung berwarna emas. Selain 2 patung besar tadi, ada banyak patung-patung di tempat peribadatan umat Hindu, ratusan anak tangga untuk masuk ke dalam gua batu, burung-burung merpati, monyet-monyet dan warung kuliner khas India.

Tiket masuk ke Batu Caves gratis, tidak bayar se-sen pun. Untuk masuk ke dalam gua batu, pengunjung perempuan dilarang memakai celana pendek. Di pintu gerbang bawah memasuki anak tangga, sudah ada petugas berwajah India memberikan pinjaman sari untuk dipakai oleh pengunjung perempuan bercelana pendek.

4. Genting Highland

Genting tempat wisata di Kuala Lumpur

Genting Higland merupakan tempat wisata di Kuala Lumpur yang menawarkan atraksi gondola (Awana Skyway) atau kereta gantung. Untuk mengunjungi destinasi ini, dari KL Central naik bus laluan Genting, turun di terminal Genting dengan lama perjalanan kurang lebih 1 jam. Pemberangkatan bus dijadwal, jadwal bus kamu ke Genting dapat dlihat di tiket.

Kereta gantung dimulai dari lantai 3 terminal Genting sampai ke mall di puncak gunung dengan perjalanan kurang lebih 15 menit. Naik kereta gantung ini benar-benar memacu adrenalin, soalnya kalau lihat ke bawah ngeri. Tinggi banget.

Tentang Penulis: Husni Cahya Gumilar

Gambar Gravatar
CEO ZonaLibur.com. Pria kelahiran Banjarwangi Kabupaten Garut yang hobi jalan-jalan, menulis dan dengerin marawis. Intinya saya bukan selebritis.