21 Tempat Wisata di Kebumen yang Bagus Selain Pantai

Zonalibur.com, Tempat wisata di Kebumen yang bagus selain pantai. Kenapa selain pantai? Karena Kebumen dikenal memiliki banyak sekali tempat wisata pantai yang panoramanya begitu indah dan mempesona.

Sebelum mengulas lebih jauh tentang objek wisata di Kebumen, yuk kita berkenalan dulu dengan Kebumen. Kebumen adalah salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Ibu kota Kebumen sendiri adalah kota Kebumen.

Kabupaten Kebumen berbatasan dengan Kabupaten Banjarnegara di sebelah utara, Samudera Hindia di sebelah selatan, Kabupaten Banyumas dan Cilacap di sebelah barat, Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Purworejo di sebelah timur.

Kabupaten Kebumen merupakan daerah pantai dan pegunungan. Di bagian selatan Kebumen merupakan dataran rendah, di bagian utara berupa pegunungan dan perbukitan, sedangkan di bagian barat merupakan rangkaian pegunungan kapur dengan lebih dari seratus gua berstalaktit dan stalagmit.

Karena letak geografisnya yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, Kabupaten Kebumen memiliki garis pantai yang cukup panjang, mencapai kurang lebih 53 km.

Selain pantai, terdapat banyak sekali tempat wisata di Kebumen yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata alam, tempat nongkrong hingga tempat rekrasi bersama anak-anak.

Anda pasti sudah tidak sabar ingin segera menjelajah destinasi wisata Kebumen, bukan? Yuk simak ulasan tempat wisata di Kebumen yang paling bagus berikut ini.

21 Tempat wisata di Kebumen yang bagus, selain pantai

1. Wisata Waduk Sempor

Waduk Sempor tempat wisata di Kebumen

via Kebumenkab.go.id

Waduk Sempor terletak di Desa Sempor, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Waduk sempor berada di ketinggian sekitar 69,06 meter di atas permukaan laut dengan luas sekitar 275 ha.

Waduk Sempor memiliki pemandangan yang sangat indah. Suasananya sejuk dan asri, sehingga sangat cocok untuk melepas penat dan mengendurkan otot-otot saraf.

Baca juga: Waduk Sempor, Kesejukan di Tengah Kebumen yang Berudara Panas

Bukit Kedoya Sempor, spot untuk melihat Waduk Sempor dari ketinggian

Bukit Kedoya Sempor terletak di Tunjungseto, Sempor, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Bukit Kedoya Sempor adalah puncak bukit, lokasinya berada di sebelah barat daya Waduk Sempor.

Ketinggian Bukit Kedoya sendiri tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 179 mdpl. Namun dari tempat ini Anda dapat menyaksikan keindahan Waduk Sempor, sunrise dan garis pantai selatan Kabupaten Kebumen.

2. Wisata Bukit Pentulu Indah

Bukit Pentulu Indah tempat wisata di Kebumen

Instagram @andrapn

Bukit Pentulu Indah terletak di Jl. Karangsambung, Kaligending, Karangsambung, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Bukit ini merupakan tempat wisata di Kebumen yang baru dibuka, namun sudah ngehits dan ramai diperbincangkan. Bahkan Bukit Pentulu Indah disebut-sebut sebagai Kalibiru-nya Kebumen.

Untuk Anda yang hobi hunting foto, Bukit Pentulu Indah Karangsambung pas banget untuk dikunjungi. Di tempat ini, Anda dapat berfoto ria sambil menikmati kesejukan udara di tengah indahnya panorama alam.

3. Wisata Bukit Langit

Bukit Langit Tempat Wisata di Kebumen

Instagram @vitadellya

Bukit Langit terletak di Jl. Karanganyar, Giripurno, Karanganyar, Giripurno, Kebumen, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Bukit Langit adalah salah satu tempat wisata di Kebumen yang lagi ngehits dan ramai dikunjungi para wisatawan.

Bukit Langit merupakan tempat wisata alam. Di tempat ini tersedia camping ground dan wahana outbond. Selain camping bareng teman-teman, Anda juga bisa menikmati sunrise dan sunset dengan view yang sangat indah.

4. Wisata Alam Laguna Bopong

Laguna Bopong tempat wisata di Kebumen

via http://infokebumen.com

Laguna Bopong terletak sebelah timur Pantai Bopong dengan jarak sekira 300 meter. Lokasi Pantai Bopong sendiri berada di Desa Surorejan, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen.

Laguna Bopong menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung ke Pantai Bopong. Bahkan pengunjung Pantai Bopong lebih banyak singgah di Laguna Bopong.

5. Jembangan Wisata Alam

Jembangan Wisata Alam tempat wisata di Kebumen

Instagram @syfa_cahya

Jembangan Wisata Alam terletak di Jembangan, Poncowarno, Jembangan, Poncowarno, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54393, Indonesia.

Jembangan Wisata Alam termasuk salah satu tempat wisata alam terbaik di Kebumen. Tempat ini menawarkan pemandangan telaga hijau yang dikelilingi hutan hijau yang menyejukkan.

Baca juga: Wisata Alam Jembangan, Destinasi Wisata Baru di Kebumen

6. Wisata Air Terjun Silancur

Air Terjun Silancur tempat wisata di Kebumen

Instagram @mt.inc

Curug Silancur terletak di Dusun Kalikemong Desa Wadasmalang Kecamatan Karangsambung. Curug ini memiliki ketinggian sekira 25 meter dan termasuk dalam kawasan Geopark Karangsambung. Curug Silancur berada di jurang bawah jalan raya sehingga pengunjung harus jalan kaki sampai dasar jurang.

Alirannya berasal dari Sungai Kedungbener. Saat hujan deras turun, aliran curug ini akan melimpah dan berarus kuat. Namun saat musim kemarau Curug Silancur minim air sehingga tak layak dikunjungi

Baca juga: Curug Silancur Kebumen, Panorama Indah di Dasar Jurang

7. Wisata Alam Gunung Hud

gunung hud tempat wisata di kebumen

Instagram @andesyatmoko

Wisata alam Gunung Huda adalah objek wisata baru di yang lagi hits di Kebumen. Lokasinya berada di bagian barat Pantai Karangbolong, Kebumen. Bukit ini menjadi tempat favorit wisatawan untuk menikmati panorama sunrise dan sunset.

Di Gunung Hud sudah disediakan tempat untuk foto-foto dan bersantai. Dari tempat ini, Anda dapat menyaksikan keindahan Pantai Karangbolong dan hijaunya pepohonan.

8. Wisata Alam Curug Sindaro

Curug Sindaro tempat wisata di Kebumen

Instagram @damarmilani

Curug Sindaro adalah air terjun alami yang terletak di Wadasmalang, Karangsambung, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Pesona air terjun Sindaro yang bertingkat dua mengalirkan air yang sangat jernih, dingin, dan cukup tinggi sekitar 25 meter, dengan pemandangan alam serta bebatuan di sekelilingnya.

Perjalanan menuju curug di Kebumen ini cukup membutuhkan perjualan, dari tempat parkir kendaraan Anda harus berjalan kaki selama kurang lebih 15 menit dan menyeberangi sungai.

9. Wisata Goa Jatijajar

Gua Jatijajar tempat wisata di kebumen

Instagram @didoksetiyono

Gua Jatijajar terletak di Jl. Jatijajar, Jatijajar, Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54473, Indonesia. Gua ini merupakan sebuah situs geologi yang terbentuk dari proses alamiah dari batu kapur. Panjang lorong dari pintu masuk ke pintu keluar sekitar 250 meter, dengan lebar gua sekitar 15 meter, tinggi 12 meter, dan ketebalan langit-langit gua 10 meter.

Di depan Gua Jatijajar dibangun sebuah patung dinosaurus sebagai simbol objek Wisata Gua Jatijajar. Dari mulut patung itu keluar air dimanfaatkan oleh penduduk sekitar untuk mengairi sawah mereka.

Baca juga: Pesona Gua Jatijajar dengan Berbagai Keistimewaannya

10. Wisata Gua Petruk

Gua Petruk tempat wisata di Kebumen

Masuk dan lihatlah betapa besar kuasa-Nya. Mantapkan hati, percaya pada diri sendiri dan orang lain adalah kunci agar berhasil melewati medan berat, saling menopang, memberi semangat tanpa berjuang kita tidak akan tau nikmatnya sebuah proses. (Instagram @zuni.sn)

Lokasi Gua Petruk berada di dusun Mandayana, Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah, kabupaten Kebumen, atau sekitar 4,5 km dari goa Jatijajar. Untuk masuk ke Goa Petruk ini diperlukan persiapan matang. Medan jalan menuju lokasi Goa Petruk  cukup menantang. Tapi bagi yang suka tantangan, tidak akan menghiraukan sulitnya perjalanan. Terlebih Gua Petruk disebut-sebut sebgai gua terindah di Indonesia.

11. Wisata Goa Barat

Goa Barat tempat wisata di Kebumen

Karena mengibarkan bendera Merah Putih di puncak gunung, di pantai atau di dalam laut sudah terlalu mainstream, mari kita kibarkan merah putih didalam goa (Instagram @infiatravel).

Lokasi Goa Barat terletak di Blok Karangpucung, Dusun Pulamarta, Desa Jatijajar, kecamatan Ayah, Kebumen. Gua Barat sudah populer ke seantero nusantara, bahkan ke luar negeri.

Di dalam Goa Barat Kebumen ini terdapat sungai bawah tanah, keindahan stalaktit-stalakmit hidup, dan air terjun. Air terjun di dalam gua Barat itu muncul dari tanah yang mengalir sepanjang 1 km lalu masuk kembali ke dalam tanah.

12. Benteng Van der Wijk

Benteng Van der Wijk tempat wisata di Kebumen

Instagram @fuw.ramadhani

Benteng Van Der Wijck adalah benteng pertahanan Hindia Belanda yang dibangun pada abad ke 18. Benteng ini terletak di Jl. Sapta Marga, Sidayu, Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Berjarak sekitar 20 km dari ibu kota Kabupaten Kebumen.

13. Alun-alun Kebumen

Alun alun tempat wisata di Kebumen

Via kebumennews.com

Alun-alun Kebumen berada di Jalan Pahlawan, Bumirejo, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Alun-alun ini menjadi salah satu tempat wisata di Kebumen yang ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun dari luar kota yang sedang berkunjung ke Kebumen.

Alun-alun Kebumen dikelilingi pepohonan hijau sehingga pengunjung bisa berteduh dan duduk santai menikmati suasana kota di sekitar alun-alun Kebumen.

14. Tugu Lawet

Tugu Lawet tempat wisata di Kebumen

Instagram @uudgram

Tugu Lawet atau Tugu Walet atau Kupu Tarung adalah sebuah tugu atau monumen kebanggaan warga Kebumen yang berada di Jl. Pahlawan, Kebumen, Kec. Kebumen, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

15. Wisata Geologi Karangsambung

LIPI Geologi Karangsambung tempat wisata di kebumen

Via Putego.blogspot.com

LIPI Geologi Karangsambung terletak di Jalan Raya Timur, Jl. Karangsambung KM.19, Desa Karangsambung, Kec. Karangsambung, Karangsambung, Kebumen, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54353, Indonesia.

Daratan karangsambung adalah salah satu daratan yang teragkat dari dasar laut. Sampai saat ini masih sebagai tempat pusat penelitian dan pendidikan geologi di Indonesia.

16. Kedungdowo Adventure Park

Kedungdowo adventure park tempat wisata di kebumen

Via Wisatakedungdowo.blogspot.com

Kedungdowo Adventure Park adalah salah satu tempat wisata di Kebumen yang mengusung tema petualangan dan menyediakan wahana outbond seperti flying fox. Lokasi Kedungdowo Adventure Park berada di Kedungdowo, Poncowarno, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

17. Alian Butterfly Park

Alian Butterfly Park tempat wisata di Kebumen

Via Tribunnews.com

Alian Butterfly Park adalah taman kupu-kupu yang terletak di Krakal, Alian, Krakal, Kebumen, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54352, Indonesia. Tidak hanya kupu-kupu, di Alian Butterfly juga terdapat banyak koleksi serangga yang diawetakan.

18. Roemah Martha Tilaar

Roemah Martha Tilaar tempat wisata di Kebumen

Instagram @lusikrisd

Alamat Roemah Martha Tilaar berada di Jl. Sempor Lama No. 28, Desa Wonokriyo, Gombong, Kebumen, Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54412, Indonesia.

Roemah Martha Tilaar menempatkan museum yang berisi informasi perjalanan hidup Ibu Martha Tilaar dan tempat mengadakan kegiatan-kegiatan sosial, ekonomi kemasyarakatan dan kegiatan preservasi budaya lokal.

19. Taman Kota Kebumen

Taman Kota tempat wisata di Kebumen

Via Beritakebumen.info

Taman Kota  Kebumen berada di Kec. Kebumen, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54311, Indonesia. Taman kota ini merupakan salah satu upaya untuk memenuhi harapan kasyarakat Kebumen akan tempat yang bersih, segar, menyenangkan, aman dan nyaman.

Taman Kota Kebumen memadukan konsep edukasi dalam bentuk Taman Lintas. Taman kota ini tidak lagi hanya berfungsi sebagai ruang terbuka, namun fungsinya berkembang menjadi lebih kompleks seperti tempat rekreasi di Kebumen, fungsi sosial, pendidikan lingkungan, ekonomi dan dungsi esteris.

20. Pemandian Air Panas Alam Krakal Alian

Pemandian Air Panas Krakal Tempat Wisata di Kebumen

Via Nomadenisgood.blogspot.com

Pemandian Air Panas Krakal Alian terletak di desa Krakal, kecamatan Alian, kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Pemandian Air Panas Krakal merupakan sebuah tempat wisata alam yang sangat unik dan populer di Kabupaten Kebumen.

Sumber air panas Krakal terbentuk secara alami yang muncul ke permukaan seperti mata air. Saat ini sumber air panas yang ada dimanfaatkan untuk pemandian umum dan pariwisata Kebumen.

21. Terowongan Ijo

Terowongan Ijo tempat wisata di Kebumen

Via Lintaskebumen.wordpress.com

Terowongan Ijo adalah sebuah terowongan yang terletak di daerah Daop 5 Purwokerto yang berlokasi di sebelah Timur Stasiun Ijo sejauh 347 m yang berada di Desa Bumiagung, Kec Rowokole, Kab Kebumen. Terowongan ini memiliki panjang sekitar 580 meter dan dibangun oleh Staatsspoorwegen (SS) pada tahun 1885-1886 yang menembus perbukitan kapur Gunung Malang.

Itulah informasi 21 tempat wisata di Kebumen. Semoga dapat menambah referensi liburan Anda bersama keluarga atau teman-teman. Selamat berlibur!

21 Tempat Wisata di Kebumen yang Bagus Selain Pantai | Husni Cahya Gumilar | 4.5