15 Tempat Wisata di Karawang yang Paling Menarik untuk Dikunjungi

Ada banyak tempat wisata di Karawang yang menyuguhkan pemandangan eksotis dan sayang bila dilewatkan. Tempat wisata di Karawang pantas masuk daftar tujuan wisata Anda selanjutnya.

Karawang merupakan sebuah kabupaten yang terletak di wilayah Jawa Barat, dengan luas 1.737,53 km2. Berdasarkan hasil sensus penduduk tahun 2010, jumlah penduduk Kabupaten Karawang tercatat sebanyak 2.125.234 jiwa.

Kabupaten Karawang berbatasan langsung dengan laut Jawa, sehingga kabupaten ini memiliki objek wisata pantai yang mempesona. Lokasi Kabupaten Karawang juga cukup strategis, sebab berbatasan dengan kota Bogor, Bekasi, Cianjur, Subang dan Purwakarta, di mana kota-kota tersebut memiliki tempat wisata yang selalu ramai pengunjung.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Bogor yang Paling Terkenal dan Menarik

Selain terkenal dengan goyangannya, yakni goyang Karawang, kota ini memiliki tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Berikut ini saya sajikan rangkuman tempat wisata di Karawang untuk referensi liburan Anda.

Tempat Wisata di Karawang

1. Objek Wisata Pantai Samudera Baru

Pantai Samudera Baru tempat wisata di karawang

Pantai Samudera Baru terletak di Kecamatan Pedes, Kabupaten Karawang. Tempat wisata di Karawang ini relatif lebih dekat dari pusat kota, yakni berjarak sekitar 30 km. Pantai Samudera Baru merupakan destinasi pantai di Karawang yang selalu ramai pengunjung.

Kegiatan wisata menarik di pantai ini adalah berenang dan bermain pasir. Ombak di Pantai Samudera Baru cukup tenang dan bersahabat, namun begitu Anda harus tetap berhati-hati dan selalu mendampingi anak-anak saat berenang.

2. Wisata Pantai Tanjung Pakis

Pantai Tanjung Pakis tempat wisata di Karawang

Pantai Tanjung Pakis terletak di Kecamatan Pakisjaya, Karawang. Berjarak sekitar 70 km dari pusat kota. Di akhir pekan atau musim liburan, tempat wisata di Karawang yang satu ini selalu dipadati pengunjung.

Pantai Tanjung Pakis merupakan objek wisata pantai di Karawang yang cocok untuk tempat berenang. Pasirnya putih bersih, air laut jernih dan ombak laut relatif lebih tenang.

3. Objek Wisata Pantai Tanjung Baru

Pantai Tanjung Baru tempat wisata di karawang

Pantai Tanjung Baru terletak di antara semenanjung Kabupaten Karawang dan Subang, tepatnya berlokasi di Kecamatan Cilamaya atau berjarak sekitar 45 kilometer dari pusat kota Karawang.

Tempat wisata di Karawang ini menyajikan panorama yang indah dipandang mata. Pantai Tanjung Baru memiliki pasir putih yang menghampar luas, air laut jernih kebiru-biruan serta bebatuan yang berdiri kokoh di tengah laut.

Pantai di Karawang yang satu ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti warung-warung makan dan tempat penginapan yang menawarkan kamar ber-AC dengan harga variatif.

4. Obyek Wisata Danau Cipule

danau cipule tempat wisata di karawang

Karawang bisa dibilang surganya tempat wisata alam di Jawa Barat. Tempat wisata di Karawang terbilang lengkap, mulai dari air terjun, pantai, danau hingga tempat rekreasi tersedia di kota ini.

Salah satu wisata danau eksotis yang menarik untuk dikunjungi saat Anda berwisata ke Karawang adalah Danau Cipule. Lokasi Danau Cipule terletak di Desa Walahar, Kecamatan Ciampel. Jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat kota, hanya sekitar 11 kilometer saja.

Tempat wisata di Karawang ini pernah digunakan sebagai tempat Lomba Dayung PORPROV X JABAR dan  Lomba Dayung YUNIOR ASEAN pada tahun 2006.

Baca juga: Wisata Danau Toba Sumatera, Danau Terbesar di Asia Tenggara

5. Destinasi Wisata Situ Kamojang

Situ kamojang tempat wisata di karawang

Situ merupakan nama lain dari danau. Situ Kamojang terletak di Desa Dawuan, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang. Obyek wisata alam ini berada di kawasan hutan konservasi yang sering dijadikan lokasi shyuting.

Selain menikmati keindahan alamnya, kegiatan wisata yang bisa Anda lakukan di obyek wisata yang satu ini adalah mencoba aneka wahana permainan dan mencicipi kuliner lezat di warung-warung makan yang berlokasi tidak jauh dari Situ Kamojang.

Bila Anda ingin berlama-lama liburan di kawasan Situ Kamojang, Anda bisa bermalam atau menginap di hotel berbintang yang juga sudah tersedia di sekitar Situ Kamojang.

6. Wisata Danau Kalimati

danau kalimati tempat wisata di karawang

Keindahan alam yang disuguhkan Danau Kalimati sangat bertolak belakang dengan namanya yang menyeramkan. Danau Kalimati berlokasi di Desa Walahar, Kecamatan Klari, berjarak sekitar 11 km dari pusat kota Karawang.

Tempat wisata di Karawang ini menawarkan pemandangan yang sangat indah, cocok bagi Anda yang gemar berwisata ke tempat yang masih alami namun kurang suka berjalan terlalu jauh.

Bagi Anda yang gemar berburu kuliner lezat, di bagian depan Danau Kalimati terdapat warung-warung makan yang menawarkan kuliner dan aneka jajanan. Salah satu kuliner lezat yang bisa Anda nikmati adalah sate maranggi.

Baca juga: Mencicipi Lezatnya Sate Maranggi, Kuliner Legendaris Khas Purwakarta

7. Wisata Alam Curug Bandung

curug bandung tempat wisata di karawang

Lokasi Curug Bandung Karawang berada sekitar 42 km dari pusat kota, tepatnya terletak di Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat.

Curug Bandung memiliki 7 air terjun yang sangat menakjubkan. Tempat wisata di Karawang yang satu ini termasuk destinasi populer yang selalu diburu pengunjung saat akhir pekan atau musim liburan.

Keindahan Curug Bandung Karawang memang tidak terbantahkan, air yang jernih mengalir deras membentuk pemandangan yang sangat indah. Bisa dibilang tempat wisata alam ini sebagai Niagara-nya Kabupaten Karawang.

Letak Curug Bandung ini agak tersembunyi dan sulit dijangkau. Untuk mencapainya kita harus berjalan kaki sejauh 3 km. Namun Anda tidak perlu khawatir karena di sepanjang perjalanan Anda akan disuguhkan pemandangan yang mempesona.

Baca juga: Objek Wisata Curug Malela Bandung Barat Yang Memikat

8. Wisata Alam Curug Cigentis

Curug Cigentis tempat wisata di Karawang

Bila Anda penggemar tempat wisata alam, maka Curug Cigentis patut dicoba. Tempat wisata di Karawang ini menawarkan pemandangan air terjun yang sangat indah dan lagi-lagi menjadi Niagara-nya kabupaten Karawang.

Curug Cigentis terletak di Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Curug Cigentis berada di ketinggian 1.000 mdpl dengan ketinggian air terjun mencapai 25 meter.

Baca juga: Curug Cilember, Air Terjun Indah di Puncak Bogor

9. Obyek Wisata Curug Cipanundaan

Curug Cipanundaan tempat wisata di karawang

Berbicara obyek wisata curug di Karawang memang tidak pernah ada habisnya. Kabupaten Karawang menyimpan banyak air terjun yang mempesona, sehingga sayang bila dilewatkan begitu saja saat Anda berkunjung ke kotanya.

Curug yang menarik untuk dijelajahi di Karawang berikutnya adalah Curug Cipanundaan yang terletak di Desa Kutamaneh, Kecamatan Tegal Waru, Kabupaten Karawang. Lokasi Curug Cipanundaan ini cukup berdekatan dengan Curug Cikarapyak. Perjalanan menuju lokasi wisata alam ini cukup menantang dan memacu adrenalin. Namun pengorbanan Anda akan terbayar lunas oleh pemandangan yang disuguhkannya.

10. Objek Wisata Curug Cikarapyak

Curug Cikarapyak tempat wisata di Karawang

Curug Cikarapyak termasuk tempat wisata di Karawang yang menawarkan pemandangan alami dan asri. Namun lokasinya cukup sulit dijangkau. Bagi Anda yang hobi bertualang di alam bebas, mengunjungi Curug Cikarapyak adalah pilihan yang sangat tepat.

Curug Cikarapyak terletak di Desa Kutamaneuh, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang. Berjarak sekitar 42 kilometer dari pusat kota. Trek menuju lokasi curug terbilang terjal dan berat karena harus menelusuri jalan setapak, menyeberangi sungai, naik turun bukit dan melewati semak belukar. Pokoknya perjalanannya akan memacu adrenalin para petualang sejati.

Perjuangan Anda untuk mencapai tempat wisata di Karawang ini tidak akan sia-sia. Di sepanjang perjalanan Anda akan disugui panorama yang amat indah, apalagi bila telah tiba di lokasi. Anda akan disambut oleh pemandangan alami yang menakjubkan.

11. Green Canyon Karawang

Green Canyon tempat wisata di Karawang

Green Canyon ternyata tidak hanya ada di Pangandaran, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat atau di Amerika sana. Kabupaten Karawang juga mempunyai tempat wisata alam yang bernama Green Canyon.

Baca juga: Green Canyon, Destinasi Primadona di Pangandaran yang menakjubkan

Green Canyon Karawang terletak di Kampung Tonjong Roke, Desa Medalsari, Kecamatan Pangkalan, Kabupaten Karawang. Obyek wisata ini belum banyak diketahui wisatawan, mungkin karena lokasinya relatif sulit dijangkau dan belum dipromosikan secara maksimal.

Namun bila Anda merasa penasaran untuk mengunjungi tempat wisata di Karawang yang masih perawan ini, Anda tidak akan menyesal. Sebab destinasi ini menyuguhkan pemandangan yang sangat indah dan alami.

13. Wisata Sejarah Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok

Monumen Rengasdengklok tempat wisata di Karawang

Karawang ternyata memiliki tempat wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi, yakni Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok. Tempat wisata sejarah ini akan mengingatkan kita pada peristiwa penting menjelang detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. Di mana pada saat itu, sejumlah pemuda ‘menculik’ Presiden Soekarno untuk mendesak golongan tua agar segera memproklamirkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok berlokasi di Jalan Raya Rengasdengklok, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat.

13. Taruma Leisure Water Park

Taruma Leisure Water Park Tempat wisata di Karawang

Taruma Leisure Water Park termasuk kategori tempat wisata keluarga di Karawang. Tempat rekreasi ini beralamat di jalan Tarumanegara, Perumahan Grand Taruma, Karawang, Jawa Barat, Indonesia.

Tempat Wisata di Karawang yang satu ini menyediakan aneka wahana permainan yang menarik seperti Water Slide, Kiddy Pool, Wave Pool, Lazy River dan Leisure Pool.

14. Wonderland Adventure Water Park Karawang

wonderland adventure water park tempat wisata di Karawang

Wonderland Adventure Water Park adalah wahana rekreasi tempat liburan keluarga dan anak-anak yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat. Tempat wisata di Karawang ini menyediakan aneka ragam wahana permainan, sehingga menjadi salah satu tempat rekreasi paling diminati di Karawang.

Harga tiket masuk Wonderland Adventure Water Park pun terbilang mahal. Pada hari-hari biasa, pengunjung yang masuk akan dikenakan biaya sebesar Rp. 35 ribu, sedangkan di akhir pekan harga tiket masuk Wonderland Adventure Water Park bisa mencapai Rp. 50 ribu per orang.

15. Waterboom Kampung Wisata Curug Cigentis

Waterboom kampung wisata Cigentis tempat wisata di Karawang

Kabupaten Karawang tidak hanya kaya dengan tempat wisata alamnya yang indah. Namun juga memiliki tempat wisata rekreasi untuk tempat hiburan bersama keluarga dan anak-anak. Salah satu tempat rekreasi di Karawang adalah Waterboom Kampung Wisata Curug Cigentis.

Tempat rekreasi ini menawarkan kegiatan berenang yang dilengkapi dengan fasilitas waterboom dan aneka wahana permainan air lainnya.

Demikianlah informasi seputar tempat wisata di Karawang, Jawa Barat, yang pantas masuk daftar tujuan wisata Anda bersama sahabat dan keluarga tercinta. Semoga ulasan obyek wisata di Karawang ini dapat memberi manfaat. Selamat berlibur!

Baca juga: Inilah 12 Tempat Wisata di Cianjur yang Indah dan Tak Boleh Dilewatkan

Tentang Penulis: Husni Cahya Gumilar

Gambar Gravatar
CEO ZonaLibur.com. Pria kelahiran Banjarwangi Kabupaten Garut yang hobi jalan-jalan, menulis dan dengerin marawis. Intinya saya bukan selebritis.