Selain Pantai, Ini 9 Tempat Wisata di Kabupaten Sukabumi yang Wajib Dikunjungi

ZONALIBUR.COM, Tempat Wisata di Kabupaten Sukabumi. Kabupaten Sukabumi merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Barat. Kabupaten Sukabumi terdiri atas 47 Kecamatan, yang terbagi menjadi 364 desa dan 4 kelurahan. Ibukotanya adalah Palabuhanratu. Kabupaten ini merupakan kabupaten terluas kedua di Pulau Jawa setelah Kabupaten Banyuwangi di Jawa Timur.

Secara administratif, Kabupaten Sukabumi berbatasan dengan Samudra Hindia di bagian selatan, Kabupaten Bogor di sebelah utara, Kabupaten Cianjur di timur dan dan Kabupaten Lebak di barat.

Tempat wisata di Kabupaten Sukabumi yang sudah terkenal hingga ke mancanegara di antaranya adalah Pantai Pelabuhanratu di kota Palabuhanratu dan Pantai Ombak Tujuh di Ujung Genteng.

Baca: 15 Tempat Wisata Pantai di Sukabumi Jawa Barat

Selain pantai, masih ada sedikitnya 9 tempat wisata di Kabupaten Sukabumi yang wajib dikunjungi. Seperti Ciletuh Geopark sebagai situs warisan terbaik di Indonesia juga masuk nominasi situs warisan dunia, serta Taman Nasional Gunung Gede Pangrango yang sudah tak asing di kalangan pecinta alam dan pendaki gunung.

Untuk mengetahui info lengkap tentang destinasi wisata Kabupaten Sukabumi selain pantai, kami sajikan ulasannya berikut ini.

9 Tempat wisata di Kabupaten Sukabumi, selain pantai:

1. Gunung Gede Pangrango

Gunung Gede Pangrango tempat wisata di Kabupaten Sukabumi

Gunung Gede Pangrango via eyank.mywapblog.com

Gunung Gede Pangrango adalah salah satu tempat wisata di Kabupaten Sukabumi, terletak di tiga Kabupaten yakni Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat.

Gunung Gede Pangrango berada di wilayah Taman Nasional Gede Pangrango (TNGP). TNGP sendiri merupakan salah satu taman nasional tertua di Indonesia yang ditetapkan pada tahun 1980 dengan luas total sekitar 21.975 hektar.

Gunung Gede Pangrango merupakan gunung favorit di Jawa Barat yang tidak pernah sepi pengunjung. Pendaki yang ingin muncak harus booking via online di website http:// gedepangrango.org/ sebulan sebelum pemberangkatan.

Gunung Gede Pangrango memiliki tiga jalur pendakian, yaitu jalur Cibodas, jalur Gunung Putri dan jalur Selabintana. Masing-masing jalur pendakian memiliki kesulitan, keindahan dan karakteristik tersendiri.

Silakan baca: Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango, lengkap!

2. Ciletuh Geopark di daerah Jampang Kulon

Ciletuh Geopark Tempat Wisata di Kabupaten Sukabumi

Ciletuh Geopark @voa Indonesia

Ciletuh Geopark merupakan salah satu tempat wisata di Kabupaten Sukabumi yang terkenal sampai ke mancanegara. Ciletuh Geopark telah mendapat sertifikat resmi sebagai Geopark Nasional dari Komite Nasional Indonesia untuk UNESCO dan Kementerian ESDM. Pada tahun 2017 nanti, Pemerintah Jawa Barat akan mengajukan Geopark Ciletuh menjadi Geopark Internasional ke UNESCO.

Baca: Ciletuh Geopark Sukabumi, Tempat Wisata di Jawa Barat yang Mendunia

Ciletuh Geopark merupakan kawasan berbasis konservasi, edukasi dan pemberdayaan masyarakat yang berpilar pada keragaman geologi, hayati dan budaya. Menurut penelitian para ahli geologi, Geopark Ciletuh termasuk kawasan batuan tertua di Pulau Jawa yang sudah berumur ratusan juta tahun. Bentuknya menyerupai tapal kuda dan menghadap ke Samudra Hindia.

Tempat wisata di Kabupaten Sukabumi ini sedikitnya mempunyai 9 air terjun yang eksotis yaitu Curug Cimarinjung, Curug Puncak Manik, Curug Awang, Curug Tengah, Curug Sodong, Curug Cikantéh, Curug Nyelempét, Curug Dogdog dan Curug Ngelai.

Baca: Pesona Curug Cimarinjung Kabupaten Sukabumi

3. Curug Cikaso

Curug Cikaso tempat wisata di Kabupaten Sukabumi

Curug Cikaso via thehiddenujunggenteng.wordpress.com

Curug Cikaso memiliki ketinggian 80 m dengan lebar tebingnya sekitar 100 m. Air terjun indah ini merupakan tempat wisata di Kabupaten Sukabumi yang populer karena keindahannya.

Curug Cikaso berlokasi di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

Curug Cikaso terbentuk dari tiga air terjun yang berdampingan, yaitu urug Aseupan, Curug Meong dan Curug Aki. Di bagian bawah air terjun ini terdapat kolam yang dengan warna air hijau kebiru-biruan. Kolam ini bisa digunakan untuk berenang, namun dalam pengawasan karena dalamnya mencapai 15 m.

4. Curug Luhur

Curug Luhur tempat wisata di Kabupaten Sukabumi

Curug Luhur via berduakelilingindonesia.com

Lokasi Curug Luhur sekitar 10 km dari Curug Cikaso dengan waktu tempuh kurang lebih 3 menit berjalan kaki, atau 110 km dari pusat kota Sukabumi ke arah selatan.

Tempat wisata di Kabupaten Sukabumi ini  menyuguhkan panorama alam yang sangat indah, namun lokasinya agak sulit dijangkau. Untuk tiba di lokasi, pengunjung harus melewati jalan setapak dan menyeberangi sungai yang cukup deras.

5. Pemandian Air Panas Cisolok

Pemandian Air Panas Cisolok tempat wisata di Kabupaten Sukabumi

Pemandian Air Panas Cisolok via jabar.pojoksatu.id

Pemandian Air Panas Cisolok merupah salah satu dari sekian banyak tempat wisata di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Pemandian ini memiliki keunikan berupa keluarnya air panas alami dari dalam bebatuan. Air panas Cisolok dipercaya berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.

Pemandian air panas Cilosok terletak di kota Palabuhanratu, dengan jarak sekitar 10 kilometer dari Panti Pelabuhan Ratu. Untuk sampai di lokasi pemandian, dari Pelabuhanratu ke arah barat melewati Pantai Karang Hawu, Pantai Citepus dan Pantai Cibangban.

6. Situs Megalitik Tugu Cungkuk

Situs Megalitik Tugu Cungkuk Tempat Wisata di Kabupaten Sukabumi

Situs Megalitik Tugu Cungkuk via penanusantara.wordpress.com

Situs Megalitik Tugu Cungkuk terletak di Kampung Cungkuk, Desa Margalaksana, Kecamatan Sukabumi. Tempat wisata di Kabupaten Sukabumi ini menyimpan benda-benda peninggalan zaman megalitik, salah satunya adalah batu congklak dengan 10 lubang di atasnya, batu besar berbentuk segi empat mirip papan congklak ini konon berfungsi sebagai alat penghitung bulan masa bercocok tanam dan masa panen pada saat itu.

7. Wisata Situ Batukarut

Situ Batukarut Tempat Wisata di Kabupaten Sukabumi

Situ Batukarut via gedepangrango.org

Situ Batukarut merupakan danau buatan yang terletak di antara dua desa, yaitu Desa Langensari dan Desa Selaawi. Dilansir gedepangrango.org, perjalanan menuju Situs Batukarut dari Jakarta memakan waktu kurang lebih 3 jam melewati pusat kota Sukabumi menuju ke arah Cianjur. Dari Desa Langensari, perjalanan menuju lokasi maulai menanjak dan sempit dengan aspal yang rusak di sana sini.

Kedalaman normal tempat wisata di Kabupaten Sukabumi ini adalah 12 meter, namun jika sedang surut bisa kurang dari 5 meter saja.

8. Goa Lalay

Goa Lalay Tempat Wisata di Kabupaten Sukabumi

Goa Lalay via disparbudporakabsukabumi.co.id

Goa Lalay terletak di Kota Pelabuhan Ratu dengan jarak sekitar 3 kilometer. Tempat wisata di Kabupaten Sukabumi ini dihuni oleh jutaan kelelawar, sehingga dinamakan dengan Goa Lalay (Kelelawar).

Jutaan kelelawar biasanya terbang sekitar 20 menit, lalu muncul lagi 30 menit kemudian. Kelelawar ini beterbangan di sekitar mulut gua. Menurut mitos yang beredar, jutaan kelelawar ini terbang juga ke daerah Banten, Bogor, Jakarta dan Bandung.

Lokasi Goa Lalay hanya berjarak beberapa meter dari tepi pantai, sehingga setelah puas menyaksikan atraksi jutaan kelelawar, Anda bisa langsung menikmati panorama sunset Pantai Pelabuhanratu.

*****

Selain berwisata, di Anda bisa berburu kuliner dan oleh-oleh khas Sukabumi yang dijual di pusat-pusat perbelanjaan. Berikut ini pusat perbelanjaan yang terdapat di Kabupaten Sukabumi.

  • Pasar Minggu Cicurug
  • Pasar Kamis Cicurug
  • Pasar Kambing Cicurug
  • Pasar Kecamatan Cisaat
  • Pasar Kecamatan Cibadak
  • Pasar Kecamatan Cicurug
  • Pasar Ikan Cibaraja
  • Pasar Ikan Kota Palabuhanratu
  • Pasar Baru Semi Modern Kota Palabuhanratu
  • Labora Indah Cibadak
  • Pasar Gilang Center Sukaraja
  • Pasar Kemis Kalapanunggal
  • Pasar Selasa Gegerbitung

Demikianlah rangkuman informasi seputar tempat wisata di Kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat, semoga bermanfaat. Selamat berlibur!

Selain Pantai, Ini 9 Tempat Wisata di Kabupaten Sukabumi yang Wajib Dikunjungi | Husni Cahya Gumilar | 4.5
Leave a Reply