15 Tempat Wisata di Garut Yang Tidak Boleh Dilewatkan

Tempat Wisata di Garut – Garut adalah sebuah kabupaten kecil di wilayah Provinsi Jawa Barat. Masyarakatnya tersebar di 42 Kecamatan yang terbagi dalam 3 zona, yaitu Garut Utara, Garut Kota dan Garut Selatan.

Masing-masing zona memiliki kekayaan budaya, kuliner dan objek wisata dengan daya tarik tersendiri. Penduduknya terkenal ramah, namun tidak boleh dianggap remeh.

Tempat wisata di Garut bisa dibilang lengkap. Mulai dari tempat wisata ziarah, tempat wisata belanja, tempat wisata keluarga, tempat wisata edukasi dan kesenian, tempat wisata alam sampai wisata kuliner semuanya ada di Garut.

Selain memiliki berbagai jenis destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan, Garut juga sangat terkenal dengan produk kerajinan kulit Sukaregang dan batu akik hijau Garut dari Kecamatan Bungbulang yang sudah mendunia.

Tidak hanya itu, di Garut juga terdapat pentas seni unik Domba Catwalk yaitu peragaan busana Domba Garut, adu ketangkasan domba Garut dan kuliner khas Garut yakni cochodot, dorokdok dan dodol Garut.

Jika Anda sedang belibur ke kota Intan Garut, tempat-tempat wisata di Garut berikut ini bisa jadi referensi untuk mengisi liburan Anda bersama keluarga tercinta.

Daftar Tempat Wisata di Garut yang wajib dikunjungi

1. Taman Wisata Alam Gunung Papandayan yang sangat bersahabat dengan pendaki pemula

gunung papandayan tempat wisata di garut

Taman Wisata Alam Gunung Papandayan memiliki beberapa spot menarik untuk dieksplor, yaitu Kawah Papandayan, camping ground Pondok Saladah, Hutan Mati, Tegal Alun, Tegal Panjang dan objek-objek lain yang belum dikembangkan.

Gunung Papandayan memiliki ketinggian 2.665 mdpl. Jalur pendakiannya landai dan sangat bersahabat dengan pendaki pemula. Tempat wisata di Garut tidak pernah sepi pengunjung, bila musim libur tiba, banyak pendaki dari luar kota yang muncak ke gunung yang indah ini.

Gunung Papandayan terletak di Cisurupan Garut, aksesnya mudah dijangkau karena banyak angkutan umum seperti bus, elf dan angkot yang lewat pintu gerbang menuju gunung Papandayan.

Baca juga :

Menempuh jalur pendakian gunung Papandayan

Keindahan di balik angkernya hutan mati

2. Gunung Cikuray, negeri di atas awas gunung tertinggi di Garut

puncak gunung cikuray garut

Tempat wisata di Garut berikutnya adalah gunung Cikuray. Tempat wisata alam di Garut ini sudah sangat terkenal di kalangan pendaki gunug dan pecinta alam nusantara. Gunung tertinggi di Garut ini memiliki keindahan yang luar biasa.

Ketinggiannya mencapai 2.818 mdpl, ada juga yang menyebutnya 2.821 mdpl (plus bangunan di atas puncak Cikuray setinggi 3 m). View dari puncak Cikuray adalah garis pantai Selatan, gunung Papandayan, Kawah Kamojang, Kota Garut, gunung Slamet dan gunung Ciremai.

Jika cuaca sedang cerah, tempat wisata di Garut yang satu ini akan menyuguhkan pemandangan yang luar biasa, yakni hamparan awan yang menggumpal seperti samudera. Tidak heran kalau banyak pendaki yang menyebutnya samudera di atas awan dan negeri di atas awan.

Tempat wisata alam di Garut ini bisa ditempuh lewat jalur pemancar Cilawu, jalur pendakian Bayongbong dan jalur pendakian via Cikajang. Informasi lebih lanjut bisa Anda baca di Menaklukkan Medan Terjal Jalur Pendakian Gunung Cikuray.

3. Gunung Guntur, Semeru di tanah Garut

puncak gunung guntur tempat wisata di garut

Gunung Guntur merupakan tempat wisata di Garut yang disebut-sebut sebagai Semeru-nya kota Garut. Gunung ini memiliki ketinggian 2.249 mdpl, tidak lebih tinggi dari Gunung Papandayan, namun trek pendakian Gunung Guntur tanjakannya sangat tajam dan melewati materal pasir, mirip di jalur pendakian Gunung Semeru.

Gunung Guntur merupakan gunung api yang masih aktif di Garut. Suasananya panas dan gersang, makanya jarang ada pendaki yang muncak di siang hari.

Gunung Guntur berada di daerah Tarogong. Jika Anda dari arah Bandung, minta berhenti di lapang Tanjung sebelum alun-alun Tarogong. Selengkapnya bisa lihat Gunung Guntur, Semeru di tanah Garut.

Pemandangan alam dari atas puncak Guntur sangat indah, Anda bisa melihat objek wisata Situ Bagendit, gunung Cikuray, mesjid Agung Garut, dan pemandian air panas Cipanas Garut.

4. Pantai Santolo Pameungpeuk Garut

Pantai Santolo Pameungpeuk tempat wisata di Garut

Pantai Santolo merupakan salah satu tempat wisata di Garut dengan kategori wisata alam pantai yang sangat terkenal. Lokasinya berada di Garut Selatan, tepatnya di Kecamatan Cikelet, Pameungpeuk.

Tempat wisata di Garut yang satu ini menawarkan panorama alam yang sangat mempesona. Jalan menuju Pantai Santolo dari arah Garut, Tasik atau Bandung cukup bagus dan lebar. Namun Anda harus tetap berhati-hati karena jalannya berbelok-belok.

Di sekitar Pantai Santolo tersedia fasilitas penginapan dengan harga yang cukup murah meriah. Kegiatan wisata yang bisa dilakukan di pantai Santolo diantaranya berenang di tepi pantai, bermain banana boat, bakar ikan segar, menyeberang ke pulau Santolo dan lain-lain.

Silakan baca : Pantai Santolo Pameungpeuk, Tempat Wisata Populer di Garut Selatan  

5. Pantai Sayang Heulang di Garut Selatan

pantai rancabuaya tempat wisata di garut

Tempat wisata di Garut selanjutnya yang tidak kalah menarik adalah pantai Sayang Heulang. Lokasinya berdekatan dengan pantai Santolo. Jika Anda berlayar menggunakan perahu nelayan dari Pantai Santolo lewat muara sungai, akan sampai di Pantai Sayang Heulang.

Pantai Sayang Heulang memiliki bentang pantai yang panjang dan luas. Udara di tepi pantai cukup teduh karena ada banyak tumbuhan khas laut yang daunnya rindang. Ombak di pantai Sayang Heulang tergolong besar, sehingga kurang cocok untuk aktifitas berenang.

Jika Anda menginap di pantai Sayang Heulang, jangan lewatkan pemandangan senja yang sangat menakjubkan, yaitu saat tenggelamnya matahari. Ingin tahu lebih lanjut tentang tempat wisata di Garut yang satu ini? Silakan baca Panorama Pantai Sayang Heulang Garut yang Menawan.

6. Tebing Alam Batu Tumpang yang menantang

batu tumpang cikajang tempat wisata di garut

Tebing Batu Tumpang berada tidak jauh dari Pasar Cikajang. Jika Anda hendak berwisata ke Pantai Santolo dan Pantai Sayang Heulang di Pameungpeuk dari jalur Cikajang pasti lewat ke tempat wisata di Garut yang satu ini. Letaknya berada di pinggir jalan, jadi tidak akan sulit ditemukan.

Di bawah tebing, tepatnya di seberang jalan banyak warung-warung yang menyajikan aneka cemilan dan makanan khas Sunda dengan harga yang murah meriah. Landscape alam di sekitar Batu Tumpang agak mirip dengan pemandangan di Puncak Bogor.

Tebing ini biasa digunakan untuk latihan rock climbing. Pada akhir pekan atau hari libur, banyak pecinta alam yang datang ke tempat wisata di Garut yang satu ini.

Selengkapnya silakan baca Menguji Nyali di Tebing Batu Tumpang Cikajang yang Menantang

7. Curug Citiis di kaki Gunung Guntur

curug citiis tempat wisata di garut

By https://hadilink.files.wordpress.com

Kalau Anda mendaki gunung Guntur, pasti bertemu dengan Curug Citiis. Udara di Curug Citiis sangat sejuk karena berada di antara peponan yang rindang.

Selain menjadi tempat singgah pendaki gunung Guntur, tempat wisata di Garut ini sering dikunjungi oleh warga sekitar pada hari-hari libur. Kalau hari libur biasanya di tempat ini suka ada pedagang makanan.

Jadi kalau sudah puas mandi di curug dan merasa kedinginan, bisa langsung menyantap bala-bala hangat dan kopi panas yang dijual tidak jauh dari air terjun. Namun pada hari-hari biasa, jangan berharap banyak bisa menemukan pedagang di sekitar tempat wisata ini.

8. Situ Bagendit, Danau Cantik di Banyuresmi

situ bagendit tempat wisata di garut

Situ Bagendit terletak di Kecamatan Banyuresmi, jaraknya tidak jauh dari terminal Guntur Garut. Situ Bagendit adalah tempat wisata di Garut yang cocok untuk liburan keluarga.

Wahana permainan yang tersedia di Situ Bagendit antara lain rakit dan perahu angsa. Tempat wisata di Garut ini menyediakan fasilitas penunjang seperti tempat parkir yang luas, wc, mushola dan tempat-tempat duduk untuk bersantai.

Silakan baca : Situ Bagendit, Danau Cantik dan Memukau di Kota Intan

9. Kebun Binatang Cikembulan

kebun binatang cikembulan tempat wisata di garut

Kebun Binatang Cikembulan Garut via Portaitofindonesia.com

Taman Satwa Cikembulan merupakan salah satu tempat wisata di Garut yang wajib dikunjungi. Berlokasi sekitar 16 km dari pusat kota, atau 10 km sebelah Utara Tarogong, arah jalan menuju Bandung, tepatnya berlokasi di Kampung Jati Desa Cikembulan Kecamatan Kadungora Kabupaten Garut

Kebun Binatang Cikembulan menyediakan berbagai wahana untuk anak-anak dan dewasa, seperti naik kuda, bebek air, ATV Road dan mobil kecil untuk anak-anak.

Taman satwa Cikembulan, memiliki berbagai macam satwa, salah satu yang menjadi Favorit wisatawan yaitu: Macan Tutul Jantan, saat ini Kebun Binatang Cikembulan memiliki sekitar kurang lebih 214 Spesies, termasuk Harimau Sumatera

Baca juga: Harga Tiket Masuk ke Kebun Binatang Cikembulan Garut

10. Kawah Kamojang Samarang

kawah kamojang tempat wisata di garut

Kawah Kamojang Garut

Pemandangan di kawah Kamojang tidak kalah menarik dari kawah Papandayan. Kawah Kamojang terletak di daerah Samarang, Garut, yang berada di ketinggian sekitar 1.730 mdpl. Suhu udara di sini cukup dingin.

Kawah Kamojang pertama kali dibangun pada tahun 1926 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1983. Kawah ini dikelola oleh PLTU Kamojang, Pertamina dan Indonesia Power sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP).

Selain dapat menyaksikan panorama alam yang indah, Anda juga bisa menikmati keindahan alam Curug Madi, Danau Ciharus dan camping ground Kamojang yang menyajikan wahana permainan outbond.

Lihat juga : Kawah Kamojang, Destinasi Wisata di Garut yang Wajib Dikunjungi

11. Pemandian air panas Cipanas Tarogong Garut

pemandian air panas cipanas garut

Air Panas Cipanas terletak sekitar 6 KM dari kota Garut dan 50 KM dari kota Bandung. Cipanas adalah nama daerah di daerah Tarogong Garut yang terkenal memiliki tempat pemandian air panas alami.

Setiap harinya Air Panas Cipanas banyak dikunjungi wisatawan baik yang menginap maupun yang hanya ingin beristirahat sejenak. Air Panas Cipanas mengandung berbagai jenis mineral yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, selain itu fasilitas di daerah ini juga sangat lengkap untuk kegiatan wisata.

Selengkapnya silakan baca : Pemandian Air Panas Cipanas Garut Jawa Barat

12. Candi Cangkuang Leles

candi cangkuang tempat wisata di garut

Candi Cangkuang adalah tempat wisata di Garut yang berlokasi di Kecamatan Leles. Tempat wisata di Garut yang sering dikunjungi wisatawan dari Garut, Jakarta, Bandung, Bogor, dan kota-kota lainya di Jawa Barat.

Candi Cangkuang merupakan candi Hindu peninggalan Kerajaan Sunda Galuh. Untuk dapat mencapai Candi Cangkuang, Anda harus menaiki rakit untuk menyeberangi Situ Cangkuang dengan biaya 2.000 rupiah. 

13. Pantai Rancabuaya

pantai rancabuaya tempat wisata di garut

Pantai Rancabuaya adalah salah satu tempat wisata di Garut yang paling indah dan terkenal. Pantai Rancabuaya memiliki ombak yang besar karena berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

Keunikan tempat wisata di Garut yang satu ini adalah terdapat batu karang yang banyak dan juga besar sehingga menyebabkan beberapa ikan terperangkap di antara batu-batu karang tersebut.

Baca juga: Pantai Rancabuaya, Tempat Wisata yang Indah di Garut Selatan

14. Kebun Mawar Situhapa

kebun mawar situhapa garut

Kebun Mawar Situhapa Garut

Kebun Mawar Situhapa terletak di Jl. Raya Kamojang Km. 5, Kecamatan Semarang, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, berjarak sekitar 16 km dari objek wisata puncak Darajat dengan waktu tempuh sekitar 35 menit. Kalau berangkat dari Garut, untuk mencapai Kebun Mawar Situhapa menggunakan jalan yang sama ke objek wisata Kawah Kamojang.

Kebun Mawar Situhapa Garut menyajikan pemandangan yang eksotis, taman bunga ini berupa perkebunan berbagai jenis bunga yang menghampar luas. Udaranya sejuk dan nyaman bikin hati menjadi lebih tenang dan dapat merefresh otak setelah terus menerus digunakan untuk berpikir.

Selengkapnya silakan baca : Kebun Mawar Situhapa, Taman Bunga Terindah di Garut

15. Curug Orok

curug orok tempat wisata di garut

Curug Orok adalah tempat wisata di Garut yang berupa air terjun yang paling terkenal. Lokasinya berada di Desa Cikandang, yaitu jalur menuju Pantai Rancabuaya.

Nama Curug Orok berasal dari cerita yang diyakini masyarakat Garut yang mengatakan konon ada seorang ibu yang membuang bayinya (orok) dari atas air terjun tersebut.  Harga tiket masuk Curug Orok adalah 10,000 rupiah per orang.

Baca juga: Cikaengan, Spot Baru River Boarding di Garut

Selain tempat-tempat wisata di atas, Garut juga memiliki kekayaan kuliner dan kesenian yang patut dicoba.

Kuliner Khas Garut diantaranya:

1.Cochodot, si legit dari Garut

2.Burayot

3.Opak Bungbulang

4.Ladu Ketan Ciptarasa dari Banjarwangi

5.Es Goyobod

6.Dorokdok atau krupuk kulit

7.Dodol Garut,

8.dll.

Kesenian Garut:

1.Domba catwalk

2.Lais

3.Surak Ibra

3.dll.

Demikianlah ulasan mengenai tempat wisata di Garut yang tidak boleh Anda lewatkan, semoga informasi ini bermanfaat. Selamat berlibur!

15 Tempat Wisata di Garut Yang Tidak Boleh Dilewatkan | Husni Cahya Gumilar | 4.5