16 Tempat Wisata di Bekasi yang Paling Populer

ZONALIBUR.COM, Daftar tempat wisata di Bekasi yang terkenal dan wajib dikunjungi. Bekasi merupakan nama sebuah Kabupaten dan Kota di Provinsi Jawa Barat. Nama Bekasi berasal dari bagasasi yang artinya sama dengan candrabaga, yaitu nama sungai yang melewati kota Bekasi.

Bekasi merupakan bagian dari megapolitan Jabodetabek dan menjadi kota dengan jumlah penduduk terbesar keempat di Indonesia.

Bekasi memiliki destinasi wisata alam berupa pantai dan tempat-tempat rekreasi yang menarik untuk dikunjungi. Berikut ini daftar tempat wisata di Bekasi yang paling populer dan menarik untuk dikunjungi bersama keluarga atau sahabat dekat.

16 Tempat Wisatadi Bekasi

1. Taman Buaya Indonesia Jaya

Taman Buaya Indonesia Jaya tempat wisata di Bekasi

Taman Buaya Indonesia Jaya via bundashasha.blogspot.com

Taman Buaya Indonesia Jaya berlokasi di Jl. Suka Ragam, Serang Bekasi. Tempat wisata di Bekasi ini biasanya selalu ramai dikunjungi wisatawan pada hari Minggu dan hari libur. Pengunjung dapat menyaksikan atraksi pawang yang bermain dengan buaya, memberi makan buaya dan menyaksikan atraksi debus. Di sini juga tersedia wahana permainan anak dan beberapa bale untuk bersantai.

Koleksi buaya yang terdapat di objek wisata Bekasi ini terdiri atas buaya Sumatera, buaya Albino, buaya buntung, buaya muara, buaya Irian dan lain-lain.

2. Waterboom Lippo Cikarang

Waterboom Lippo Cikarang via ulimali.blogspot.com

Waterboom Lippo Cikarang via ulimali.blogspot.com

Waterboom Lippo Cikarang merupakan satu-satunya wahana permainan air di wilayah Lippo Cikarang. Tempat wisata di Bekasi ini menawarkan wahana permainan air yang cukup lengkap dan menarik.

Waterboom Lippo Cikarang terletak di dekat pintu tol Cikarang. Dari Jakarta atau Karawang dengan kendaraan pribadi, masuk ke kawasan Jababeka, Lemah Abang, Cikarang. Dari situ, ikuti jalan lurus sekitar 30 menit berkendara.

Jika menggunakan kendaraan umum, dari pintu tol Cikarang Barat naik angko nomor 17 atau nomor 33 jurusan Perumahan Lippo Cikarang.

3. Gedung Juang 45 Bekasi

Gedung Juang 45 Tempat Wisat di Bekasi

Gedung Juang 45 Bekasi via tamsel.bekasikab.go.id

Gedung Juang 45 merupakan salah satu tempat wisata di Bekasi yang memiliki nilai sejarah. Pada zaman penjajahan, Gedung Juang 45 bernama Landuis Tamboen atau gedung tertinggi yang dimiliki Khow Van Tamboen.

Pada zaman dulu, Gedung Juang 45 sempat difungsikan sebagai kantor Kabupaten Jatinegara, selain itu pernah dijadikan basis pertahanan dan pusat pergerakan para pejuang untuk mempertahankan Indonesia dari campur tangan sekutu.

Kini, selain menjadi salah satu tempat wisata di Bekasi, Gedung Juang 45 menjadi kawah candradimuka Paskibra Kabupaten Bekasi.

4. Saung Ranggon Bekasi

Saung Ranggon Tempat Wisata di Bekasi

Saung Ranggon Bekasi via harian-oftheday.blogspot.co.id

Saung Ranggon terletak kurang lebih 750 meter dari Kantor Desa Cikedokan, Kecamatan Cikarang Barat. Saung Ranggon masuk daftar tempat wisata di Bekasi untuk kategori cagar budaya yang dilindungi. Bangunan saung ini sangat unik, yakni terbuat dari kayu dan sudah berumur sekitar 500 tahun tapi masih terawat dengan sangat baik.

Menurut keterangan, Saung Ranggon dibangun pada abad ke-16 oleh Pangeran Rangga, putra Pangeran Jayakarta. Penamaan Saung Ranggon sendiri berasal dari bahasa Sunda, yang artinya rumah panggung di tengah ladang.

5. Danau Cibeureum

Danau Cibeureum tempat wisata di Bekasi

Danau Cibeureum via tempatwisatabekasi.blogspot.com

Secara administratif, Danau Cibeureum terletak di dua desa yaitu Desa Lambang Jaya dan Desa Lambang Sari, Kecamatan Tambun. Tempat wisata di Bekasi ini memiliki legenda dan keindahan alam yang sangat menarik.

Di tengah danau terdapat pulau kecil dengan sebuah pohon besar, sehingga tempat ini menjadi objek menarik untuk hunting foto. Danau Cibeureum juga merupakan tempat favorit para pegowes.

6. Panti Muara Gembong

Pantai Muara Gembong Tempat Wisata di Bekasi

Pantai Muara Gembong via pesonawisataindonesia.com

Pantai Muara Gembong menyuguhkan pemandangan alam yang mempesona dengan hutan mangrove yang tumbuh subur di sepanjang pantai. Selain menikmati panorama hutan mangrove, tempat wisata di Bekasi ini bisa dijadikan wisata edukasi untuk mengenal keanekaragaman flora dan fauna serta mengenal kultur masyarkat Desa Pantai Sederhana yang sehari-harinya beraktifitas sebagai pencari ikan, tambak udang dan rumput laut.

7. Pantai Muara Beting

Pantai Muara Beting Tempat Wisata di Bekasi

Pantai Muara Beting via pesonawisataindonesia.com

Pantai Muara Beting terletak di Desa Pantai Bahagia. Pantai ini merupakan tempat wisata di Bekasi yang populer dan menjadi objek favorit warga Bekasi. Di sini pengunjung bisa menikmati keindahan hutan mangrove dengan berbagai macam flora dan faunanya serta menyaksikan aktifitas warga lokal yang sedang mencari ikan, mengurus tambak udang atau mencari rumput laut.

Pantai Muara Beting sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang seperti tempat parkir, rumah makan dan kamar ganti.

8. Pantai Muara Bendera

Pantai Muara Bendera Tempat Wisata di Bekasi

Pantai Muara Bendera via pesonawisataindonesia.com

Selain Pantai Muara Beting, di Desa Pantai Bahagia juga terdapat Pantai Muara Bendera. Tempat wisata di Bekasi ini menawarkan pemandangan alam yang mempesona, jika beruntung pengunjung dapat menyaksikan burung-burung laut yang bermigrasi dari Laut Cina Selatan dan Samudera Pasifik, lutung hitam serta buaya rawa.

9. Pantai Mekar

Pantai Mekar tempat wisata di Bekasi

Pantai Mekar via pesonawisataindonesia.com

Pantai Mekar terletak di Desa Pantai Mekar. Seperti pantai lainnya di kawasan Muara Gembong, objek wisata di Bekasi ini menyuguhkan pemandangan alam laut beserta hutan mangrove-nya. Di pantai ini terdapat gazebo yang bisa digunakan untuk duduk santai menikmati pemandangan laut.

10. Wisata Rumah Pohon Bekasi

Rumah Pohon Tempat Wisata di Bekasi

Rumah Pohon Bekasi via ayobekasi.com

Rumah Pohon merupakan salah satu tempat wisata di Bekasi yang cukup populer, lokasinya berada di Jalan Raya Parposter, Jatiasih, Bekasi. Tempat ini menawarkan berbagai fasilitas atau wahana permainan di alam untuk anak-anak dan dewasa, seperti arena outbond, wall climbing, alphine tower, flying fox, tangkap ikan, labirin maze, rumah pohon, flayground balita, paint ball war simulation, ATV racing,  serta dilengkapi dengan food court dan mushola.

Berbagai wahana permainan tersebut dapat melatih jiwa kepemimpinan, kerjamasa tim, meningkatkan keberanian dan ketangkasan. Yang tak kalah penting, objek wisata di Bekasi ini dapat membuat Anda dan keluarga atau teman-teman bersenang-senang, tertawa dan bergembira.

11. Hutan Kota Bekasi

Hutan Kota tempat wisata di Bekasi

Hutan Kota Bekasi via lifestyle.okezone.com

Hutan kota merupakan tempat wisata di Bekasi yang murah meriah dan bisa dikunjungi kapan saja. Lokasinya berada di Jalan Raya Veteran, Desa Margahayu, Bekasi Selatan.

Untuk mencapai gutan kota Bekasi, pengunjung dapat menggunakan kereta ekonomi atau kereta komuter dan tutun di Stasiun Bekasi. Dari situ berjalan ke arah selatan stasiun sekitar 12 menit perjalanan.

12. Taman Kemang Pratama

Taman Kemang Pratama tempat wisata di Bekasi

Taman Rusa Kemang via bekasikita.com

Taman Kemang Pratama terletak di pusat kompeks warga, namun tempat wisata di Bekasi ini bisa dikunjungi oleh masyarakat umum tanpa dipungut biaya. Taman Kemang Pratama juga dikenal dengan istilah taman satwa mini atau taman rusa. Binatang yang paling menarik perhatian pengunjung adalah 7 ekor rusa tutul, ayam kalkun dan ayam kate.

13. Bumi Perkemahan Karang Kitri

Bumi Perkemahan Karang Kitri Tempat Wisata di Bekasi

Bumi Perkemahan Karang Kitri via jakartahariini.com

Bumi Perkemahan Karang Kitri merupakan satu dari sekian banyak tempat wisata di Bekasi yang cukup terkenal. Bumi perkemahan ini berlokasi di wilayah Bojong Manggu, menyuguhkan panorama alam yang sangat indah dan cocok untuk kegiatan camping pramuka maupun camping ceria.

Salah satu keistimewaan Bumi Perkemahan Karang Kitri adalah tersedianya perlengkapan brkemah yang baik serta petugas yang bersedia membantu pengunjung yang tidak bisa mendirikan tenda.

14. Curug Parigi Bekasi

Curug Parigi Tempat Wisata di Bekasi

Curug Parigi Bantargebang Bekasi via travel.detik.com

Curug Parigi terletak di kawasan TPU Bantargebang, dekat perumahan Villa Nusa Indah 5. Tempat wisata di Bekasi ini bentuknya menyerupai air terjun Niagara di Amerika.

Keindahan Curug Parigi ini sangat menawan, berbanding terbalik dengan image buruk yang kadung melekat pada Bantargebang.

15. Danau Marakash

Danau Marakas Tempat Wisata di Bekasi

Danau Marakash via bekasikota.com

Danau Marakash adalah sebuah danau buatan yang mulai dibangun pada tahun 1992. Selain berfungsi sebagai penampungan air, danau Marakash juga menjadi objek wisata di Bekasi yang murah meriah.

Objek wisata ini berada di kompek Perumahan Pesona Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi. Di sini pengunjung dapat rekreasi bersama keluarga dan menikmati berbagai panganan lezat yang dijajakan para pedagang.

16. Danau Alamanda Regency

Danau Alamanda tempat wisata di Bekasi

Danau Alamanda via hamizan989.com

Danau yang berlokasi di Perumahan Alamanda Regency Kecamatan Tambun merupakan tempat wisata di Bekasi yang menjadi tujuan favorit para penggemar mancing.  Danau ini dibukai untuk umum setiap hari Senin sampai Jum’at mulai pukul 10.00 sampai 17.00 WIB, dan Sabtu – Minggu mulai pukul 06.00 – 17.00 WIB.

Kegiatan yang bisa dilakukan di danau ini antara lain joging, memancing dan menikmati wahana permainan seperti komidi putar, odong-odong, bebek air, mobil air, kereta mini, andong dan masih banyak lagi.

Demikianlah ulasan 16 tempat wisata di Bekasi, semoga bermanfaat. Selamat berlibur!

16 Tempat Wisata di Bekasi yang Paling Populer | Husni Cahya Gumilar | 4.5
Leave a Reply