Tempat Penginapan di Pantai Santolo Favorit Para Traveller & Backpacker

Liburan ke Pantai Santolo belum sempurna kalau tidak menginap. Sore hari menjelang magrib, pemandangan sunset yang menakjubkan dari nol mdpl terlalu indah untuk dilewatkan. Begitu pula view sunrise eksotis yang hanya dapat disaksikan pada pagi hari. Pantai Santolo terletak di Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut. Jaraknya dari pusat kota Garut lumayan jauh, butuh waktu tempuh kurang lebih 3 jam berkendara. Jadi selain akan melewatkan dua pemandangan istimewa; yaitu sunset dan sunrise, berwisata ke Pantai Santolo pulang pergi juga cukup membuat tubuh kita lelah.

Waktu yang tepat untuk tiba di Pantai Santolo yaitu sekitar pukul 15.00 – 16.00 WIB. Keuntungannya kamu bisa istirahat melepas lelah sehabis perjalanan jauh. Sambil menunggu keindahan sunset, kamu juga bisa menyaksikan hiburan gratis berupa balapan motor cross di lapangan dekat LAPAN atau tepatnya di depan penginapan Karang Laut.

Sebagai pantai populer di Garut yang selalu rampai pengunjung, Pantai Santolo sudah memiliki fasilitas yang terbilang lengkap. Mulai dari warung-warung, tempat parkir, banana boat hingga tempat-tempat penginapan sudah tersedia di pantai ini.

Karang Laut tempat penginapan di Pantai Santolo 7

Nah, berbicara tempat penginapan di Pantai Santolo, saya punya rekomendasi penginapan murah dan nyaman. Adalah Penginapan Karang Laut yang membuat saya sangat puas. Lokasinya strategis, berada di sebelah kanan sekitar 50 meter sebelum LAPAN.

Karang Laut tempat penginapan di Pantai Santolo 13

Karang Laut tempat penginapan di Pantai Santolo 14

Karang Laut tempat penginapan di Pantai Santolo 18

Karang Laut tempat penginapan di Pantai Santolo 8

Penginapan Karang Laut cukup dekat dengan pantai sehingga kalau sore kita bisa menyaksikan panorama sunset tanpa harus pergi jauh dari penginapan. Cukup pergi ke belakang penginapan, di situ sudah tersedia dua buah gazebo yang menghadap ke pantai. Di situ kamu bisa duduk santai bersama orang-orang terdekat sambil memandang lautan yang tersorot sinar matahari tenggelam diiringi dengan hembusan angin pantai dan deburan ombak. Huuh, keren banget bro!

Karang Laut tempat penginapan di Pantai Santolo 4

Karang Laut tempat penginapan di Pantai Santolo 11

Karang Laut tempat penginapan di Pantai Santolo 8
Bersama Pak Dani, CEO Karang Laut Santolo, saya kalah ganteng wkwkwk

Karang Laut tempat penginapan di Pantai Santolo 18

Karang Laut tempat penginapan di Pantai Santolo 19

Mau lihat atraksi para crosser? Kamu tinggal nongkrong di depan penginapan Karang Laut. Biasanya setiap sore di lapang depan penginapan ini ada balapan motor cross.

Kalau malam datang, kamu bisa kembali ke gazebo untuk menikmati suasana laut di malam hari. Enaknya sambil bakar ikan, di jamin liburan kamu tak akan terlupakan. Tak perlu repot-repot cari ikan ke TPI, kamu tinggal ngomong aja ke Mas Ari yang menjaga penginapan ini. Mas Ari ini orangnya ramah, menyenangkan dan penuh tanggung jawab, pokoknya asyik buat teman ngobrol.  Saya sendiri waktu menginap di Karang Laut ngobrol sama Mas Ari sampai jam 12 malam. Banyak pelajaran hidup yang saya petik dari orang kepercayaan Pak Dani ini.

Oh iya, Pak Dani adalah pemilik Penginapan Karang Laut, beliau tak kalah ramah oleh Mas Ari. Baru pertama ketemu dengan mereka berdua, tapi sudah seperti kenal bertahun-tahun. Saya mendapat keluarga baru di Pantai Santolo.

Fasilitas dan Tarif Penginapan Karang Laut

Karang Laut tempat penginapan di Pantai Santolo 16

Karang Laut tempat penginapan di Pantai Santolo 12
Rumah dengan 2 kamar tidur
Tempat Penginapan di Santolo
Kamar AC single bed

Tempat penginapan di Pantai Santolo ini memiliki 12 kamar yang terdiri atas 5 kelas yaitu kamar kipas single, kipas double bed, AC single, AC double bed dan dan rumah. Kamar AC dan rumah dilengkapi satu buah televisi.  Saat menginap di Karang Laut, saya mencoba kamar AC Single. Ruangannya bersih, tempat tidurnya pun nyaman sehingga tidur saya sangat nyenyak dan mimpi menjadi lebih indah. Pagi-pagi, setelah selesai mandi, Mas Ari sudah nyiapin sarapan. Waduuh, maknyusss sob! Seriusan, kamu harus coba inimah.

Untuk urusan harga kamar di penginapan Karang Laut ini terbilang murah. Harga mulai Rp. 200.000 – Rp. 500.000,-. Kalau menurut saya murah banget, soalnya satu kamar single ini bisa ditempati 2-3 orang. Untuk mode hemat mungkin masih bisa disiasati, coba aja telpon ke Pak Dani. Nomornya ada di bawah ini.

Karang Laut tempat penginapan di Pantai Santolo 9

Untuk rombongan keluarga besar, bisa memakai kamar rumah. Rumah ini terdiri atas 2 kamar tidur masing-masing 1 bed dan ruang tengah cukup luas. Bisa menampung beberapa orang, 10 orang mungkin bisa masuk hehe.

Tempat penginapan di Pantai Santolo ini juga sering dibooking oleh operator trip & traveling, bacpacker dan rombongan yang ngadain gathering atau penelitian. Kata Mas Ari, kalau acara gathering begitu bisa live musik sampai pagi.

Cek videonya di sini ya..

Sudah dulu ya sob, next di sambung lagi dengan rekomendasi tempat penginapan di tempat wisata yang lain. Kamu kapan mau liburan ke Pantai Santolo? Liburan atuh da mampu, wkwkwk. Maaf just kidding. Selamat berlibur ke Pantai Santolo, semoga menyenangkan.

Tentang Penulis: Husni Cahya Gumilar

Gambar Gravatar
CEO ZonaLibur.com. Pria kelahiran Banjarwangi Kabupaten Garut yang hobi jalan-jalan, menulis dan dengerin marawis. Intinya saya bukan selebritis.