VPS Murah
Klik di sini!Info River Boarding dan Water Tubing Banjarwangi

Teluk Hijau, Surga Tersembunyi di Banyuwangi

Banyuwangi tak hanya memiliki pantai Plengkung yang indah, tetapi juga Teluk Hijau. Teluk Hijau sering juga disebut Green Bay. Nama objek wisata ini semula tidak populer mengingat letaknya tersembunyi dan diperlukan perjuangan ekstra berat untuk mencapainya. Pantai Teluk Hijau ini lokasinya berada di area Taman Nasional Meru Betiri, Desa Sarogan, Kecamatan Pesanggrahan, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Pesona pantai ini sangat memukau dan memiliki daya tarik tersendiri, salah satunya hamparan pasir yang lembut dapat mudah melekat ke kulit Anda. Tak  heran bila saat ini Teluk Hijau menjadi salah satu tempat wisata populer di Banyuwangi.

Sesuai dengan namanya, teluk ini berwarna hijau jika dilihat dari jauh. Ini berbeda dengan kebanyakan teluk atau laut yang biasanya berwarna biru. Hal ini dikarenakan warna hijau tersebut didapat dari dasar perairan dangkalnya terdapat alga yang memantulkan warna hijau di permukaan perairannya.

Alasan mengapa Anda harus ke sini, karena tempat wisata Green Bay Banyuwangi ini memiliki lanskap yang mirip dengan Tanjung Layar Bayah, Banten. Selain karena masih perawan, beberapa spot memiliki daya tarik dan keindahan masing-masing. Seperti air lautnya yang hijau, pasir putih yang lembut, curug setinggi 8 meter dan pemandangan karang yang indah. Tidak akan mematahkan semangat Anda untuk  menjelajahi tempat yang akan menantang Anda untuk menjemput mimpi-mimpi mencapai keindahan surga yang tersembunyi.

Teluk Hijau Banyuwangi
www.bromotravelguide.co

Wilayahnya termasuk ke dalam Taman Nasional Meru Betiri. Inilah surga tersembunyi di Banyuwangi, pantai yang tersembunyi dan masih sepi ini memiliki hamparan pasir putih yang menawan. Pasirnya begitu halus sehingga mudah melekat di kulit. Perpaduan antara pasir putih dan air laut yang jernih berwarna kehijauan dan suasana yang asri akan membuat siapa pun yang melihatnya merasa kagum. Sejauh mata memandang Anda akan dimanjakan oleh pesona pantai.

Di wilayah Teluk Hijau juga memiliki curug setinggi 8 m. Curug ini memiliki kisah mistis, konon, air terjun yang dindingnya menjulang tinggi adalah tempat mandinya para bidadari. Menurut cerita masyarakat Rajegwesi, setiap kali musim hujan akan muncul pelangi yang menggantung di ujung perairan teluk Rajegwesi.

Fenomena ini akan berlangsung beberapa hari sebelum akhirnya menghilang. Percaya atau tidak, masyarakat mengatakan jika dulunya pelangi yang sering muncul itu berawal dari Teluk Hijau. Dari penglihatan orang yang memiliki kekuatan supranatural,  di air terjun kerap terlihat sosok perempuan cantik yang sedang mandi dengan baju khas dan memiliki rambut panjang hitam terurai terbawa aliran air terjun.

Jika ada yang berminat ke objek  wisata Teluk Hijau. Dapat  ditempuh selama kurang kebih 2 jam perjalanan dengan jarak sekitar 90 km dari kota Banyuwangi. Akses menuju Teluk Hijau tidak hanya bisa dilalui melalui akses darat. Akses dari laut pun bisa dilalui yaitu via jalur pantai Rajagwesi dengan menyewa perahu.

Jika melewati jalan darat, Anda harus menuju Rajagwesi terlebih dahulu. Anda bisa mengunakan kendaran pribadi baik motor maupun mobil dan bisa juga menyewa kendaraan tropeer/jeep karena alat transportasi menuju Teluk Hijau belum tersedia.

Jika Anda menggunakan kendaraan umum dari Kota Banyuwangi, perjalanan bisa ditempuh dengan naik bus kecil rute Banyuwangi – Pesanggrahan yang terdapat di terminal Brawijaya. Terminal ini terletak di jalan Brawijaya. Dengan naik bus ini Anda akan sampai di terminal Jajag atau langsung turun di Pesanggrahan. Nah di dua tempat ini terdapat angkutan umum yang akan mengantar Anda ke Teluk Hijau.

Untuk dapat sampai ke Teluk Hijau memang membutuhkan perjuangan yang menantang adrenalin. Jika dilalui menggunakan jalan darat, yaitu dengan melalui jalan setapak dan berbatu, pengunjung harus menuruni bukit dan menembus hutan dengan pepohonan yang besar-besar.

Setelah melewati medan yang cukup menguras stamina, Anda akan sampai di daerah yang terbuka yaitu Pantai Batu lalu Anda harus melewati jalan setapak melewati aliran air seperti sungai kecil, melewati belakang bagian bukit karang. Letak Teluk Hijau memang tersembunyi dari bagian sisi barat Pantai Batu, padahal jaraknya sekitar 300 m dari Pantai Batu. Sampai  Anda menemukan dua batu karang yang berhadapan, berarti Anda sudah sampai di Teluk Hijau Banyuwangi.

Pantai Teluk Hijau di depan mata, hamparan pasir putih seolah menyambut kedatangan Anda.

Untuk biaya masuk ke areal wisata, Anda tidak usah khawatir karena tidak akan mengeluar kocek terlalu besar hanya berkisar Rp. 7.500 per orang, untuk biaya parkir sepeda motor Rp. 5.000, untuk roda empat Rp. 10.000 dan untuk roda enam sebesar Rp. 50.000. Jika ingin melewati jalur laut maka sewa kapal berkisar Rp. 25.000 (sekali jalan) dan Rp. 35.000 (pulang pergi) per orang.

Demikian info Teluk Hijau Banyuwangi, semoga bermanfaat. Selamat berakhir pekan!