Telaga Nilem, Danau dengan Mata Air Jernih di Kuningan

By Categories : Wisata Alam

Telaga Nilem berada di Kecamatan Pesawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Telaga ini merupakan salah satu telaga yang berada di kawasan kompleks wisata Talaga Remis. Airnya yang sangat jernih sehingga dasar telaga ini bisa terlihat. Dasar telaganya berupa bebatuan dan kerikil yang banyak ditumbuhi ganggang dan lumut.

Menurut cerita yang berkembang, telaga ini dinamakan Telaga Nilem karena dahulunya dihuni oleh ribuan ikan nilem. Air yang jernih dan dikelilingi hutan yang rimbun membuat lokasi wisata ini sangat asri. Suasananya tidak terlalu ramai dan udaranya dingin karena merupakan wilayah pegunungan tepatnya di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai.

Di telaga ini wisatawan diperbolehkan untuk berenang, sedangkan beberapa telaga lain tidak diijinkan oleh pengelola dan pemuka adat setempat. Telaga ini terdapat 2 kolam yaitu kolam yang memiliki kedalaman sekitar 0-1,2 m dan kolam dengan kedalaman sekitar 0-5 m.

Daya Tarik Telaga Nilem

Kolam alami yang tidak terlalu besar tetapi mempunyai air yang sangat jernih tentunya menjadi salah satu daya tarik dari obyek wisata Telaga Nilem ini. Bahkan alam bawah airnya hampir sama seperti di laut. Dengan menggunakan mata telanjang pun wisatawan sudah bisa menikmati indahnya dasar telaga.

Telaga Nilem tempat wisata di Kuningan

Telaga Nilem Kuningan via iwisataindonesia.com

Hal tersebut merupakan keunikan yang jarang dimiliki obyek wisata lain yang sejenis. Pada umumnya, sebening-beningnya air telaga tidak sampai sebening Telaga Nilem.

Daya tarik lainnya adalah wisatawan dapat bebas melakukan aktifitas yang diinginkan di Telaga ini. Bebas di sini bukan berarti tanpa batasan, para wisatawan tetap harus tahu norma dan etika. Kenapa saya katakan bebas? Karena di obyek wisata ini para wisatawan bisa turun atau menceburkan diri ke telaga.

Banyak wisatawan yang datang tidak sekedar mandi di telaga namun mereka ada yang menyelam dan snorkelingan. Hal ini berbeda dengan kawasan wisata lain yang sejenis yang biasanya melarang wisatawan untuk berenang dan menyelam.

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk Telaga Nilem

Berwisata ke Telaga Nilem tidak perlu khawatir dengan kurangnya fasilitas, karena obyek wisata ini telah menyediakan berbagai fasilitas pendukung guna membantu para wisatawan merasa nyaman. Fasilitas tersebut diantaranya perahu motor, sepeda air, mushola, toilet, cafetaria, toko cinderamata, warung makan, dan tempat parkir. Di tepi telaga juga disediakan dua buah gazebo untuk para wisatawan menikmati suasana telaga.

Untuk dapat menikmati pesona mata air jernih Telaga Nilem tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Menurut informasi yang ada, harga tiket masuk obyek wisata ini sekitar Rp. 15.000/orang. Biaya yang cukup terjangkau bukan?

Rute Perjalanan menuju Telaga Nilem

Lokasi telaga yang berada di titik perbatasan antara Cirebon, Majalengka, dan Kuningan membuat obyek wisata ini mudah dijangkau. Rutenya sejalan dengan Talaga Remis. Dari Kota Cirebon bisa melewati Sumber ke arah Kuningan/ Raja Galuh. Selanjutnya masuk ke daerah Kecamatan Pesawahan.

Baca juga: Pesonadan Keindahan Talaga Remis Kuningan

Saat menemui pertigaan belok ke kiri mengikuti petunjuk arah menuju Talaga Remis. Kemudian masuk ke kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai. Lalu mengikuti jalan ke arah Talaga Remis. Sebelum sampai Talaga Remis, di sisi sebelah kanan akan terlihat pintu masuk Telaga Nilem.

Demikian informasi mengenai Telaga Nilem Kuningan, semoga dapat menambah referensi liburan anda bersama teman atau keluarga tercinta. Selamat berlibur!

Telaga Nilem, Danau dengan Mata Air Jernih di Kuningan | Elsan Nasrillah | 4.5
Leave a Reply