Telaga Biru yang Menakjubkan, Situ Cicerem Kuningan

By Categories : Wisata Alam

Bagi pengunjung yang suka menikmati keindahan alam, salah satu objek wisata yang ada di Kuningan ini bisa menjadi salah satu referensi untuk tujuan liburan. Situ Cicerem namanya, sebuah objek wisata alam yang berada di desa Kaduela, kecamatan Pasawahan, kabupaten, Kuningan, provinsi Jawa Barat. Situ ini merupakan telaga alami yang berada persis di kaki Gunung Ciremai. Saat tiba di pinggiran situ, pengunjung akan disambut hawa sejuk khas pegunungan. Di sini pengunjung pasti dapat menghilangkan kepenatan selama menjalankan aktivitas rutin sehari-hari dan tentunya dapat menambah pengalaman yang takkan terlupakan.

Objek wisata ini sangat cocok juga bagi pengunjung yang gemar hunting foto, pengunjung pasti tidak akan rugi dengan hasil foto yang didapat. Situ Cicerem memang tidak terlalu luas dengan kedalaman sekitar lima meter. Sesuatu yang akan membuat pengunjung takjub adalah dengan warna airnya. Air situ atau telaga lazimnya berwarna coklat atau bening layaknya air bercampur lumpur, tetapi air Situ Cicerem airnya berwarna biru jernih. Karena hal tersebut Situ Cicerem sering disebut juga dengan nama Telaga Biru.

Situ Cicerem tempat wisata di Kuningan

Situ Cicerem Kuningan via satuyangunik.blogspot.co.id

Situ ini pun akan terlihat semakin eksotis dengan pemandangan alamnya sangat indah. Tumbuhan tinggi nan rindang tumbuh di pinggir-pinggir situnya. Kawasan ini masih sangat asri dan masih alami, letaknya pun jauh dari lalu lintas kendaraan bermotor. Terlebih, di danau itu pun hidup berbagai jenis ikan berwarna warni yang membuat danau ini semakin indah dipandang.

Situ Cicerem dikenal semenjak tahun 2010. Kini sudah menjadi destinasi wisata alam yang mulai trending di media sosial. Terlebih di kalangan anak muda. Mereka banyak yang mmengabadikan pesona telaga biru ini kemudiah mengunggahnya ke media sosial.

Selain sebagai objek wisata alam, Situ Cicerem juga digunakan sebagai sumber mata air yang digunakan  masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari, seperti air minum, irigasi, perikanan, ada pula yang disalurkan ke PDAM Cirebon, industri air mineral, serta ke pabrik semen Palimanan.

Bagi pengunjung yang ingin berwisata ke Situ Cicerem atau Telaga Biru, rute perjalanannya sebagai berikut. Dari arah Kuningan atau Cirebon menuju ke bundaran Ciracas, tepatnya sebelah utara setelah Pasar Cilimus. Lalu menuju Jl. Mandirancan sambil menikmati perjalanan yang didominasi hamparan sawah dan indahnya Gn.Ciremai. Di Jl. Kasab akan menemukan pertigaan Cirea-Pasawahan, lalu belok kiri menuju Tugu Macan Mandirancan sekitar 800 meter dari pertigaan itu.

Dari Tugu Macan Mandirancan, menuju ke arah Desa Pasawahan atau Jl. Cirea-Pasawahan sampai ketemu pertigaan dekat lapangan bola lalu belok kanan menuju obyek wisata Paniis. Tak jauh dari obyek wisata Paniis, ada Situ Sipariuk disebelah kiri jalan. Lanjutkan perjalanan sampai ketemu perempatan dekat Masjid Pasawahan, lalu belok kanan ke arah Jl. Pasawahan. Kemudian belok kiri setelah kantor Polsek Pasawahan menuju Jl. Bina Lestari. Di sana ada informasi akses menuju Situ Cicerem.

Selanjutnya sekitar 500 meter dari kantor Polsek, ada pertigaan dekat Masjid lalu belok kiri menuju Jl. Kaduela. Tak jauh dari pertigaan dekat Masjid, kurang lebih sekitar 300 meter sudah ada gerbang yang menunjukan lokasi Situ Cicerem. Pengunjung dapat masuk setelah membayar tiket masuk sebesar Rp. 2.500/orang dan sudah termasuk parkir.

Pengunjung juga dapat berenang dipinggiran situ bersama kawanan ikan yang akrab dengan kehadiran pengunjung. Tak jauh dari samping situ terdapat beberapa tempat duduk yang disediakan untuk pengunjung menikmati keseluruhan Situ Cicerem. Bagi yang ingin membeli makanan, terdapat warung yang menjual makanan ringan dan minuman di area situ.

Baca juga: Lembah Cilengkrang, Primadona Wisata Alam Kuningan

Sekian ulasan tentang objek wisata Situ Cicerem. Semoga bermanfaat dan dapat memberikan referensi bagi Anda yang sedang mencari objek wisata alam yang menakjubkan. Selamat berkunjung ke Situ Cicerem dan selamat menikmati pesona Telaga Birunya!

Telaga Biru yang Menakjubkan, Situ Cicerem Kuningan | Elsan Nasrillah | 4.5
Leave a Reply